Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Terjadi Rohingya. Perang Islam VS Budha di Myanmar (2015)

Beberapa hari ini Terdengar Kabar di Berbagai Media. Bahwa Banyak Sekali Pengungsi yg Terus Berdatangan dari Myanmar.

Banyak Orang Indonesia mungkin Belum Tahu Tentang Informasi ini ya. Padahal Masalah ini udah berlangsung cukup lama. Kalau ngga salah di Mulai Tahun 1982 yg Lalu.


Penyebab Masalah Pertikaian
Penyebab Masalah ini di Mulai Karena Saling Tuduh Menuduh dan Ketidakpercayaan

Untuk Informasi Detailnya, Myanmar adalah Negara yg Mayoritas Penduduknya adalah Beragama BUDHHA. Hampir 53 Juta Penduduk di Sana adalah Beragama Budha.


Sisanya adalah Umat Muslim yg diperkirakan berjumlah 1.500.000 Juta Penduduk. Di Negara Tersebut, Umat Budha menyebut Kelompok Muslim Tersebut Berasal dari Etnis BANGALI yang di Biasa mereka sebut sebagai ROHINGYA. 




Ketidakpercayaan Status Penduduk

Tan Syed dari OKI mengatakan :

Pemerintah, Polisi serta Rakyat di Negara Tersebut Menolak orang-orang Rohingya. Disebutkan alasannya karena Etnis ini sering melakukan tindak kekerasan.

Sehingga akhirnya, Pemerintah Setempat akhirnya mengeluarkan Sebuah Kartu Putih. (Sejenis KTP). Yang Menyebut bahwa Semua Mayoritas warga Etnik Rohingya. Di Anggap bukan sebagai Warga Negara.

Pertikaian Konflik

Masalah dan Pertikaian ini sebenarnya udah lama terjadi ya. Bahkan Sejak Tahun 1982. Umat Muslim Rohingya disebut sebagai Imigran atau Pendatang Gelap di tanah airnya sendiri.

Status Kewarganeraan mereka dicabut, mereka mengalami bermacam-macam kesulitan, kekurangan pangan, himpitan ekonomi, Ruang Gerak, mereka bahkan dibatasi oleh Pemerintah dan Polisi. Mereka bekerja hanya sebagai Buruh.

Tak ayal mengapa banyak dari Rohingya yg melarikan diri dari Negara Tersebut.  Karena Pemerintah, Rakyat dan Polisi di Negara Tersebut ngga pengen hidup dengan mereka. Akhirnya, Banyak umat Muslim Rohingya melarikan diri ke Negara Lain di Asia Tenggara, Tapi malah di usir lagi dan dikembalikan lagi di Myanmar. Alhasil, Pengungsi Rohingya ngga punya tempat tinggal di daratan dan memilih hidup terdampar di Lautan.



PBB
Badan Perserikat Bangsa Bangsa atau PBB. Mengatakan Bahwa Umat Muslim Rohingya adalah Golongan Minoritas yang Paling Tertindas di Dunia dan Segera Membutuhkan Bantuan Anda.


Selain di Myanmar

Umat Muslim disana juga mengalami Masalah Seperti ini di Thailand, India, Bosnia, Nepal dan China di Bagian Daerah Otonomi Xinjiang. Namun saat ini. Myanmar adalah yang Paling Menyedihkan Saat ini. Karena udah banyak sekali Korban yang Telah Berjatuhan.

Di Asia Tenggara. Setahu saya baru ada Malaysia dan Indonesia yg bersedia menampung Pengungsi ini. Tepatnya di Kota Aceh. 
Di Aceh

Di Sisi Lain, Negara Australia Menolak Pengungsi ini. seperti yg dikatakan oleh Perdana Menteri Abbott - Australia.  

Baca juga

Juru Bicara : Amerika Serikat telah mendatangi Negara Myanmar. Amerika Serikat mendesak agar kekerasan Kemanusian ini segera di hentikan. GBU