Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekuataan Teknologi Militer Negara Tetangga Timor Leste (2015)

Timor Leste adalah Negara Tetangga Indonesia di Sebelah Timor. Ia Memiliki Luas Wilayah Sebesar 15.410 Km. Pada Abad ke 19. Negara ini di Jajah oleh Portugal. Dan Pada Tahun 1975 mereka menyatakan dirinya “MERDEKA”.

Pada Tahun 1975. Negara yg baru Merdeka ini kembali lagi diserbu oleh Tentara-Tentara TNI Indonesia dan diduduki oleh Militer TNI Indonesia. Sehingga Negara ini dicaplok menjadi wilayah Indonesia pada Provinsi ke 27. Semenjak Tahun 1975-2002. Banyak Rakyat Timor Leste yg ngga setuju bergabung dengan Bangsa Indonesia. Sehingga menimbulkan Kelompok Separatis yg berjuang untuk mengusir Militer Indonesia.

Pada Tahun 1999. PBB (Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa) menyatakan Bahwa Timor Leste memang suatu Bangsa yg Berdaulat dan memang Bangsa yg Berdiri sendiri. Sehingga PBB menyarankan agar Tentara TNI Indonesia bisa melepas wilayah Tersebut agar ngga terjadi lagi konflik Kekerasan Berkepanjangan. Dan membiarkan Bangsa Timor Leste ini untuk “MERDEKA”. Pada Tanggal 20 Mei 2002. Timor Leste resmi menjadi Negara Sendiri. MERDEKA untuk ke 2 kalinya.

PROFIL KEKUATAN MILITER TIMOR LESTE
Pada saat Artikel ini saya Tulis Bagi Anda Pada Tahun 2015. Jumlah Penduduk Negara Timor Leste adalah Sebanyak 1.167.242 Orang.

Tentara Militer yg Menjaga Seluruh Rakyat Sipil Timor Leste. Memiliki 2 Jenis Kategori. Yaitu

1]. F-FDTL
F-FDTL adalah Kepanjangan dari Forcas de Defesa de Timor Leste. Tentara ini Bertanggung Jawab untuk menjaga Pertahanan Negara dari Segala Bentuk Ancaman dari Luar. Baik dari Laut maupun Darat. F-FDTL berada di Garis Terdepan dan menjadi Tulang Punggung Pertahanan mereka.

2]. F-FNTL
F-FNTL adalah Kepanjangan dari Policia Nacional De Timor Leste. Berbeda pada Poin #1 diatas tadi ya. F-FNTL lebih mengkhususkan dirinya di dalam. Yaitu menjaga Keamanan antar kota, menjaga Kententraman Penduduk Sipil, dan menjadi Polisi dalam Kota.



Jika Anda Total Secara Keseluruhan ya. Jumlah Pasukan Timor Leste. Baik dari Kubu F-DTL dan F-FNTL adalah sebesar 1.332 Personil Tentara.

Saat Artikel ini saya Tulis bagi Anda. Hubungan antara Timor Leste dan Indonesia telah menjalin Kerjasama yg Baik. TNI Indonesia juga pernah melatih tentara-tentara Timor Leste agar lebih kuat.


SUMBER KEUANGAN ALUSTISTA MILITER
Sebelum membahas tentang ALUSTISTA mereka lebih jauh. Kita mesti memahami dulu. Bagaimana caranya Negara Timor Leste ini menghasilkan uang atau Devisa Negara untuk membeli Peralatan Militer dan membiayai atau mengaji Pegawai Negeri dan Seluruh Pasukan Bersenjatannya.

Menurut Data.Worldbank.Org Pada Tahun 2015 :

Negara Timor Leste ternyata ngga memiliki mata uang sendiri. Melainkan seluruh Rakyatnya menggunakan Mata Uang DOLLAR AMERIKA SERIKAT. Sehingga Praktis, Keuangan Negara ini sangat tergantung dengan Kebijakan Bank Amerika Serikat.

Untuk Mendapatkan Devisa Negara untuk membeli Kekuataan Peralatan Militer. Timor Leste menjual 3 Ekspor Terbesarnya. Yaitu 1]. Minyak, 2]. Gas, 3]. Kopi dan 4] Pajak Konsumsi Masyrakat dari hasil Pajak Perusahaan-Perusahaan Asing yg Berjualan di Timor Leste.

Jika di Total Keuangan Secara Keseluruhan. Timor Leste memiliki Rp 10 Triliun di Rekening Seluruh Dompet seluruh Rakyat dan Pemerintahan mereka. Dan Penghasilan Rakyatnya Perhari sekitar Rp 13.000 - Rp 15.000. Jika dikonversi dari Dolar ke Rupiah.

Kebanyakan orang-orang Timor Leste adalah Petani Kopi. Mayoritas seluruh Masyrakatnya Berbahasa Daerah Tateum dan juga bisa Berbahasa Indonesia. Umumnya, Kebanyakan Rakyatnya adalah Beragama Kristen Katholik. Dengan Sistem Pemerintahan dipimpin oleh Presiden.

Artikel Lainnya :

DAFTAR ALUSTISTA :
#1. Water Canon (Jumlah : 1 Unit) Buatan : Indonesia


Yang Pertama adalah Water Canon. Tapi juga bisa berfungsi sebagai Kendaraan bagi Jenderal atau Komando Militer dalam Upacara-Upacara Penting. 


Berhubungan Karena Timor-Leste ngga memiliki Perusahaan Militer. Maka Alustista ini dibeli dari Perusahaan Indonesia melalui PT PINDAD.

#2. Mobil Patroli Kota (Jumlah : 50+ Unit) Buatan : Amerika/Jepang/Australia

Terdiri dari Mobil Berjenis Ford, Toyota, dan berbagai Sedan Lainnya. Saya Belum mengetahui ada berapa jumlahnya. Namun di Perkirakan berjumlah lebih dari 50 Unit.

#3. Kapal CHAMSURI (Jumlah : 3 Unit) Buatan : Korea Selatan

CHAMSURI adalah Sebuah Tipe Kelas Kapal Patroli buatan Korea Selatan. Negara Timor-Leste diketahui membeli 3 Unit Perangkat Militer ini. Yang diberi nama masing masing sebagai NTRL KAMENASSA, NTRL DILI dan NTRL HERA. Kapal ini memiliki Persenjataan berupa Mesin Penghambur Peluru.

#4. Kapal TYPE 062 (Jumlah : 2 Unit) Buatan : China

Memiliki Kecepatan Jelajah 52 Km/Jam. Kapal ini mampu menghamburkan Peluru-Peluru Timah Panas.

#5. Senjata Genggam
Senjata Genggam meliputi :

1]. 1560 Senapan M16

2]. 75 Peluncur Granat M203

3]. 8 Senapan Sniper

4]. 75 Senjata FN Minimi Skuad

5] dan Terakhir adalah Pistol. Semoga bermanfaat ya. Terima Kasih. GBU