Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperbaiki kompor gas sulit hidup, meletup letup lalu mati mendadak dan mengeluarkan bunyi BLUK (2017)

Di Era Modern, Aktivitas memasak yg kerap dilakukan oleh Ibu-Ibu. Memang Sulit Terlepas dari adanya Kompor Gas.

Pada Zaman dulu, Nenek Kakek kita memasak menggunakan Kayu Bakar dan Minyak Tanah.

Tapi sekarang zaman udah berubah ya. Banyak Keluarga Indonesia mulai tinggal di Rumah Susun dan Gedung-Gedung Apartement yg menjulang ke atas langit.

Dengan memasak menggunakan kompor gas memiliki banyak keunggulan, masaknya cepat dan lebih praktis. Api berwarna Biru dan minim mengeluarkan Asap.

Walaupun memang diakui punya kelemahan lain yaitu Keberatan mengangkat Tabung gas dan Ketakutan adanya Ledakan Gas.

Ibu-Ibu biasanya Takut dengan Ledakan, Apalagi Kalau Kompor bermasalah. Seperti Selang Regulator yg rusak, tabung yg mendesis, Burner yg mengecil, Tekanan yg Tak Stabil, dan banyak permasalahan lainnya.

BAGAIMANA MEMPERBAIKI KOMPOR GAS YANG RUSAK

Pemerintah Indonesia masih menggunakan Kebijakan GAS dalam Energinya.

Berbeda dengan Negara Lain. Seperti Amerika Serikat, Ferancis, Jepang, Rusia, Jerman, Korea Selatan, Ukraina, Kanada, United Kingdom, Israel, Swedia, China, Belgia, Spanyol, Finlandia, dll.

Pemerintah Negara Tersebut Telah menggunakan Kebijakan Campuran Energi Terbarukan, Energi Daur Ulang Sampah Organik, Energi Nuklir, Energi Angin, dan Energi Solar Panel.

Sehingga Negara-Negara Tersebut dapat Menekan Listrik.

Alhasil, Mereka menggunakan Kompor Listrik Induksi yg Minim dari Ledakan. Bukan Kompor Gas seperti kebanyakan yg dilakukan oleh Rakyat Indonesia.

Kompor Gas memang membuat banyak Ibu-Ibu Ketakutan. Tapi harus gimana lagi, Kalau ngga menggunakannya maka keluarga ngga ‘makan’. Oleh sebab itu, Akrab dengan Kompor Gas dan dapat memperbaikinya sendiri dengan benar merupakan sebuah keharusan.

Pada Artikel sebelumnya, di Blog sederhana ini telah berbagi Informasi Tentang Cara memasang selang regulator Gas.

Nah, Pada Hari ini.

Yuk Mari Kita Membahas Tentang Bagaimana memperbaiki kompor gas yang sulit hidup, meletup letup lalu mati mendadak dan mengeluarkan bunyi BLUK.


Masalah Tersebut menghampiri Apabila Kompor Gas yg dibeli Telah berusia di atas 2 Tahun. Biasanya permasalahan ini akan datang.

Sulit banget menghidupkan kompor mesti diputar berkali-kali, terus ketika hidup, api besar seperti menyambar ke atas, lalu kemudian mati. Tentu hal ini membuat Kaget Ibu-Ibu Kaget Seperti Terkena Serangan Jantung.

PENYEBAB : 
Foto : Burner
Ada Banyak Faktor Penyebabnya. Tetapi umumnya karena Perangkat yg disebut BURNER.

BURNER jika udah rusak ngga dapat diperbaiki. Kita diharuskan untuk membeli perangkat yg baru di Toko.

BURNER apabila memasuki usia 2 Tahun

Tentu telah mengalami berbagai SIKSAAN. Maksud saya telah banyak digunakan untuk memasak sehingga Panas Api yg terus menderu membakar perangkat tersebut menjadi Rusak.  

Ciri-Ciri Burner Rusak dapat dilihat dari Warna. BURNER umumnya berwarna Kuning Tembaga. Tetapi Kalau Rusak di Tandai dengan Warna yg Telah berubah menjadi Hitam dan Penampilan mengecil (Mengerut).

Artikel Lainnya :
 

Cara memperbaikinya kita cukup membeli BURNER baru yg sama persis dengan Merk Kompor Gas Tersebut. (Contoh di Foto, Burner yg Pas untuk Merk Rinnai).

Untuk Bongkar Pasang mudah saja tinggal di Lepas kemudian dibersihkan kotoran yg ada. 

Pastikan ketika menginstal yg baru, Posisi Burner pas sesuai dengan dudukannya agar Tekanan Gas sesuai merata keluar.

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU