Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tank Canggih Terkuat Paling Sulit di Lawan (2017)

Negara Pemilik Tank Terkuat di Dunia. Semakin Menciut Sedikit demi Sedikit dari Hari ke Hari. Kini, Negara-Negara yg Mampu memproduksi Tank Tercanggih & Terkuat di dunia dapat di hitung dengan Jari.

Kerajaan United Kingdom (Inggris) yg dulunya piawai dalam Bidang Militer Teknologi Khususnya memproduksi Tank Challenger II, Kini Telah melambaikan Bendera Putih. Udah menyerah ngga sanggup lagi menciptakan Produk yg menuntut Ilmu Pengetahuan Tingkat tinggi dengan Pesaingnya.

Negara seperti Iran yg menciptakan Tank Zulfiqar. Sebenarnya menggunakan Transfer of Teknology (ToT) dari Rusia yg berasal dari Basis Tank T-72. Bagi Rusia. T-72 merupakan Produk Tua.

Begitu pula dengan Negara Ukraina yg menciptakan Tank OPLOT-M, Basisnya mengacu kepada Teknologi yg ada di Era Uni Soviet.

Ada Negara India yg mengaku Berhasil membuat Tank Arjun MBT yg sangat canggih “Made by India”. Dibuat oleh anak-anak Bangsa Lokal India.

Nyatanya Pada Tahun 2017. India justru terus memborong Tank-Tank yg berasal dari Pabrikan Rusia. Menandakan Tank Arjun Tersebut Tak Sehebat Seperti yg di Gadang-Gadang oleh Pemerintah India.

Untuk Negara Ferancis dengan Tank Leclerc dan Italia dengan Tank Ariete. Sejak Tahun 90-an belum pernah diupgrate lagi.  

Mereka kini bersatu dalam Gabungan UNI EROPA (UE) bersama Jerman menciptakan Tank Leopard 3. Saat ini Prototipe dan Desainnya masih ditunggu-tunggu oleh pengamat militer.

Pada Tahun 2018.

Berikut adalah 8 Tank Tercanggih di Dunia yg Paling Sulit untuk di Lawan

1]. T-14 ARMATA [RUSIA]

T-14 ARMATA adalah Tank Rusia dari Generasi ke 5. Ilmu Pengetahuan & Biaya Riset Penelitian dalam menghasilkan Program Produk T-14 ini. Membutuhkan uang sebesar Rp 5.000 Triliun selama 10 Tahun.

Meriam Smoothbore T-14 memiliki Kaliber Sebesar 125 mm. Mampu menembak Target Lawan sejauh 12 Km. Moncong Meriam ini juga dapat melontarkan berbagai macam jenis Rudal.

Youtube : T-14 ARMATA

T-14 sejatinya dapat dikendalikan berawak dan tak berawak (Robot). Dalam Perlindungan di Lengkapi dengan APS Afghanit yg mampu menghancurkan Tembakan Lawan sebelum mengenai Lapis Bajanya.

Dari seluruh Spesifikasi Tank di Artikel ini. T-14 Armata merupakan Tank Paling Mengerikan.  

T-14 ARMATA Pertama Kali di Produksi oleh Rusia Pada Tahun 2015

2]. LEOPARD 2A7 [JERMAN]

Leopard 2A7 merupakan Varian Tercanggih dari Pengembangan Leopard jenis varian 2, 2A5 dan 2A6 dari hasil penelitian signifikan berdasarkan Pengalaman Ilmuwan Jerman yg terjadi di Timur Tengah khususnya Afghanistan.

Leopard 2A7 memiliki Keunggulan berupa Mesin Power Unit, Kelistrikan, Kontrol Senjata, Ruang Kemudi, Laser Rangefinder generasi ke 3, Kamera, Thermal Imager dan Subsistem yg Lebih Baru. Termasuk Perlindungan dari Ledakan IED.

Bagian Turret dan Hull juga diperbaiki dengan menambah Perlindungan Modular Armour dan Tambahan side Protection Armour guna melawan ancaman Rudal & Roket.

Pemerintah Jerman Telah memproduksi 20 unit Leopard 2A7.

LEOPARD 2A7 Pertama Kali di Produksi oleh Jerman Pada Tahun 2010

3]. M1 ABRAMS SEPV3 [AMERIKA SERIKAT]

Tank M1 ABRAMS memiliki banyak Varian. Namun yg Tercanggih dan Terkuat Pada Tahun 2017 adalah Jenis M1A2 SEPV3. Karena Daya Larinya Lebih Cepat hal ini Karena Mesin Pembangkit dan Tenaga Distribusi yg di Tambah Lebih Kuat.

Sistem VHMS, LRMS, FLIR, Alat-Alat Elektronik dan Jaringan Cyber & Komunikasi Amriisi Data Link diperbaiki Lebih Baik.

M1 ABRAMS SEPV3 merupakan Tank Terbaru milik Pemerintah Amerika Serikat di harapkan Tahun 2018 sudah mulai diproduksi massal.

Sayangnya, daya tembak masih sebatas 4 Km. kalah jauh dibandingkan Tank T-14 ARMATA Rusia.

4]. MERKAVA IV WINDBREAKER [ISRAEL]

Tank ini merupakan Generasi ke 4 Milik Israel. Setelah Pelajaran Berharga dari Hancurnya Tank Merkava oleh Rudal 9M133 Kornets yg ditembakkan oleh Pejuang Syiah Hizzbulah di Lebanon.

Keunggulan Tank Israel Merkava IV Windbreaker ini Terletak Pada Sulitnya untuk mencari Sensor Panas dan Sulitnya mengunci Tank dengan Rudal. Karena Sistem-Sistem Elektronik di Persulit sehingga Radar seakan-akan dibuat Buta olehnya.

Hawa Panas pada Tank pun sangat minim sehingga butuh Alat sensor Panas Mutakhir untuk membidiknya.

Tank ini memiliki Pelontar Drone Kecil. Drone Terbang mengambil data dari Jarak Jauh, mengamati dan mengirimkan Data Terenkripsi kembali ke Tank.

Uniknya, Tank Merkava IV memiliki 3 Senjata sekaligus. Yaitu Meriam IMI Smoothbore 120 mm Gun, Senapan Mesin dan Mortal pada bagian Belakang. Sehingga dapat menembak di balik bukit atau gedung.

Tersedia pula Helm Iron Vision yg mampu menciptakan Kesadaran Situasi dengan proyeksi pemandangan 360 derajat tanpa harus membawa Layar monitor didalam Tank.

Ada pula sistem APS Trophy yg mampu menghancurkan Rudal & Roket Lawan sebelum mengenai Lapis Bajanya. 

Merkava IV Pertama Kali di Produksi oleh Israel Pada Tahun 2014

5]. TYPE 10 SHIKI SENSHA [JEPANG]

Pada beberapa Tahun yg Lalu. Tank-Tank buatan Jepang masih mengandalkan Teknologi dari Eropa. Khususnya untuk Meriam Rheinmetall 120 mm Jerman.

Tapi sekarang semua udah ngga lagi. Semua alat-alat yg ada pada Tank ini dikerjakan oleh Ilmuwan Jepang bekerjasama melalui Perusahaan Japan Steel Works, Mitsubishi dan Komatsu.

Perusahaan-Perusahaan yg udah ngga asing terdengar di Indonesia ya. karena setiap hari lalu lalang di jalanan kita. he he.

SHIKI SENSHA di Produksi Pertama Kali Pada Tahun 2012. Dengan Kemampuan utama dalam menghadapi Peperangan Anti-Tank.

6]. ALTAY [TURKI]

Sebenarnya Tank ALTAY mengambil basis dari Transfer of Technology yg ada pada K2 Black Panther milik Korea Selatan dengan perjanjiaan yg telah ditanda tangani.

Namun selebihnya, Perusahaan Turki yg terdiri dari ASELSAN, MKEK, OTOKAR, dan ROKETSAN memang menciptakan Produk Lapis Baja ini secara mandiri.

ALTAY merupakan Tank Kelas Berat Pertama Kali yg berhasil diciptakan oleh Pemerintah Turki. Didesain untuk melindunginya dari Senjata Kimia, Biologi, Radiologis dan Nuklir.

Pemerintah Turki berharap Tank ALTAY dapat terjual laris di Pasaran Internasional.

ALTAY Pertama Kali di Produksi oleh Turki Pada Tahun 2016

7]. K2 BLACK PANTHER [KOREA SELATAN]

K2 BLACK PANTHER adalah Tank Paling Mahal di Dunia. Seharga Rp 113 Miliar Per Unit. Tank ini di Ciptakan oleh Perusahaan Mobil Hyundai yg Terkenal sampai ke Indonesia.

K2 BLACK PANTHER memiliki Keunggulan dari Segi Blok Armor Reaktif. Termasuk dari Sisi Sistem Radar millimeter band sebagai Missile Approach Warning System (MAWS) Sehingga dapat melakukan Triangulasi Ancaman Proyektil Peluru untuk memperingkatkan Awak Tentara menyalakan Pelontar Granat Asap untuk memblokir Inframerah dan Radar.

K2 juga memiliki Keunggulan dari segi Radar Warnng Receiver dan Radar Jammer.

K2 BLACK PANTHER Pertama Kali di Produksi oleh Korea Selatan Pada Tahun 2014

8]. MBT3000 [CHINA]

Pada beberapa dekade yg lalu. China Terbukti melakukan Copy Paste Teknolog-Teknologi Militer yg ada pada Rusia. Namun hal ini tak termasuk ke Tank MBT3000 yg merupakan Murni Buatan Ilmuwan & Insinyur China dari Perusahaan NORINCO.

MBT3000 adalah Tank Generasi ke 3 milik Pemerintah China. Di awaki oleh 3 operator (Komandan, Supir, Penembak).

Sistem Lapis Baja pada Tank dilengkapi dengan Bahan-Bahan Composite dan explosive reactive armor, dilengkapi pula dengan active protection sistem yg disebut GL5.

Segala Komunikasi Pada MBT3000 terintegrasi ke Sistem Digital.

MBT3000 Pertama Kali di Produksi oleh China Pada Tahun 2014. Pelanggan Pembeli Pertamanya adalah Thailand.

Artikel Lainnya :

Youtube : MBT3000 CHINA

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU