Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Beli Perusahaan Taiwan HTC Senilai Rp 14,6 Triliun. Apple, Samsung, Asus, Lenovo, Huawei, BBK Electronics, LG, ZTE, dan Xiaomi. Waspadalah

Perusahaan Alphabet inc. Induk dari Raksasa Internet Google. Pada Bulan September 2017. Resmi Mencaplok dan Membeli Perusahaan Produsen Smartphone asal Taiwan HTC. 

Senilai $ 1.100.000.000 atau Rp 14,6 Triliun Rupiah


Sejak Tahun 2015. Perusahaan HTC asal taiwan tersebut sudah berada dalam kondisi keuangan yg kurang baik dalam melawan Perusahaan Produsen Smartphone asal Korea Selatan, China, dan Amerika Serikat akibat kompetitifnya Persaingan yg semakin sengit. 

Analisis Pemerhati Industri Smartphone. Gartner Annette Zimmermann mengatakan :

Saya tidak melihat kemajuan pesat untuk bisnis Smartphone HTC. Ini terus berkurang lebih jauh dan HTC akan ditinggalkan oleh orang dan vendor asia lainnya. Meski HTC tetap mempertahankan Brand, Kami tidak bisa mengharapkan lebih banyak lagi produk unggulan HTC di masa depan . Sahutnya.

MENGAPA GOOGLE MENCAPLOK HTC
 

Google memiliki Persaingan Ketat dengan Produsen Smartphone Apple.inc (iPhone). 

Selama bertahun-tahun, Google harus mengeluarkan biaya yg ngga sedikit untuk menyematkan Aplikasi dan mesin pencarinya agar dapat tampil di iOS (Antar Muka iPhone)

Google berusaha untuk keluar dari Jebakan Trap Bisnis yg dikendalikan oleh Apple Tersebut. 

Foto : Iphone 8 (Terbaru 2017)
Selain menghadapi Apple.inc. 

Secara Tak Langsung Alphabet Google juga bersaing dengan Samsung, Lenovo, Xiaomi, dll. Walaupun Produsen Tersebut menjadi Pengguna Setia Sistem Operasi Android. Namun Kehadiran Perangkat-Perangkat Aplikasi Pihak ke 3 yg mengubah Tampilan, Menambah Aplikasi Tambahan, dll. 

Dapat mengganggu kinerja & Bisnis perangkat lunak Google. Khususnya Periklanan Online Google Adwords. 

Karena sewaktu-waktu, bisa saja menghapus seluruh Sistem Aplikasi di Android dan menggunakan Aplikasi Sistem Operasi milik mereka sendiri. Contoh Kasus Nyata adalah Samsung yg telah menciptakan OS TIZEN. 


Google telah berjuang keras dan bekerjasama dalam menciptakan Smartphone pada beberapa tahun yg lalu.

Tahun 2011. Google juga mencaplok Perusahaan Motorola Mobility senilai $ 12,5 miliar untuk mendapatkan Hak Paten, Lisensi, dan Ilmu Divisi Pengetahuan demi mengembangkan Handset. 


walaupun akhirnya dijual kembali kepada Perusahaan asal China Lenovo. Namun, Google tetap punya kendali memiliki Hak Paten & Lisensi Teknologi Motorola.

Hal ini juga berlaku pada HTC. Termasuk memborong 2.000 Karyawan HTC untuk Pindah ke Amerika Serikat bekerja di Perusahaan Alphabet inc. Induk dari Google. 


Langkah Pembelian HTC Tersebut dapat membawa Alphabet.inc lebih dekat untuk mencapai kekuatan sinergi perangkat keras dan perangkat lunak. untuk melawan Pesaing Utamanya yaitu Apple (iPhone). 

Termasuk secara Tak Langsung menantang Samsung, LG, Huawei, Asus, Apple, ZTE dan BBK Electronics. BBK Electronics adalah Perusahaan yg menyediakan Smartphone Oppo dan Vivo. 

Kami senang untuk Tahun 2017. Tapi kami lebih bersemangat terinspirasi untuk apa yang nanti kami capai selama 5, 10 atau 20 tahun ke depan. Sahut Osterloh. dari Tim Alphabet.inc

NASIB HTC SELANJUTNYA

Perusahaan HTC tetap bekerja seperti biasa. 

Karena Alphabet Google. Hanya membeli separuh (sebagian) dari Nilai Perusahaan. Hanya membeli Pada Divisi Hardware Smartphone saja. 

HTC selain menciptakan Smartphone. Sebenarnya juga memiliki Divisi Lain. Seperti Pembuatan Jaringan Internet 4G, Desain Grafis, Virtual Reality, Safron, Pabrik dan Divisi Hardware Smartphone lainnya. Google tak membeli keseluruhan divisi bagian ini hanya membeli Aset Kekayaan Intelektual Hardware saja.

Jadi, HTC tetap bekerja seperti biasa dan tetap berpusat di Taiwan karena google tak mencaplok bagian ini.

Tetapi, Kini Perusahaan HTC menjadi lebih ramping. operasional menjadi efisiensi dan Tentu saja setelah mendapatkan Dana Segar dari Google. Fleksibilitasi Finansial HTC menjadi Lebih baik sebagai Nafas Baru dalam mempertahankan Bisnis-Bisnis Divisi yg Lebih menguntungkan HTC seperti Virtual Reality Vive dan Jaringan Internet. 

Namun Perusahaan HTC akan kehilangan 2.000 Karyawan dan Staff Terbaiknya di divisi Hardware Smartphone untuk membantu Google mengembangkan Smartphone PIXEL dan PIXEL XL menjadi lebih baik sehingga menghasilkan Penjualan yg banyak dari Pasar Konsumen Internasional.


Pada Tahun 2017. Alphabet Google hanya berhasil menjual 1,5% dari Total Produksi Smartphone. Angka yg Terlalu Kecil apabila dibandingkan Samsung dan Apple. 

Artikel Lainnya :

Foto : CEO Alphabet inc. Larry Page
CEO Alphabet inc Larry Page mengatakan :

Bersama-sama kami akan menciptakan pengalaman Smartphone yang Luar Biasa yang melampaui seluruh ekosistem Android untuk kepentingan konsumen, mitra dan pengembang di seluruh dunia. Sahutnya.