Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat pakan ternak babi agar tak cepat membusuk, basi, layu, bau busuk, berjamur, mengurangi belatung, lalat dan serangan serangga lainnya dengan menggunakan teknologi EM4 perternakan (2021)

Salam perternakan babi. 

Bagi teman teman pecinta perternakan babi. Khususnya pemula. Ada kalanya ketika kita telah mempersiapkan pakan ternak untuk babi.
 
Makanan atau pakan untuk babi masih tersisa tersedia ada banyak untuk waktu beberapa hari lagi.
 
Sedangkan perut si babi sudah membesar, kekenyangan dan udah ngga dapat lagi melahap semua sisa sisa makanan.
 
Alhasil, makanan yang berlebihan tadi harus disimpan di dalam tong, ember atau baskom agar diberikan keesokan harinya.
 
Permasalahan pada umumnya muncul tak kala ditinggal dalam waktu 1 atau 2 hari.
 
Pakan makanan mulai membusuk, timbul bau busuk akibat sayur sayuran, buah buahan, dedaunan, dan lain lain mulai cepat layu, berjamur dan basi.
 
Makanan yang telah membusuk juga terserang oleh serangga seperti lalat dan belatung.
 
Cara membuat pakan ternak babi agar tak cepat membusuk, basi, layu, bau busuk, berjamur, mengurangi belatung, lalat dan serangga lainnya dengan menggunakan teknologi EM4 perternakan (2021)

 
80% biaya produksi perternakan babi berasal dari pakan makanan.
 
Jika makanan babi sering membusuk, terserang serangga, belatung, lalat, berjamur, cepat layu, bau amis dan basi. Sang perternak tentu mengalami kerugian yang cukup besar.
 
Sebagai perbandingan. Pakan ternak babi sebesar 1 karung berkisar diangka Rp 25.000 – Rp 50.000 ribu. Pakan ini berasal dari limbah rumah tangga, pabrik tahu dan warung sayur. [harga per tahun 2021].
 
Apabila pakan sering membusuk. Perternak babi biasanya membuang begitu saja.
 
Karena babi udah ngga doyan melahapnya.
 
Manusia saja ngga mau makan nasi jika dipenuhi oleh belatung dipiringnya. Ebnarkan. Hal yang sama juga terjadi dengan hewan ternak. Babi dipastikan menolak makanan yang dipenuhi belatung, berbau busuk dan sudah basi.
 
Padahal untuk mengumpulkan dan membawa pakan tersebut membutuhkan biaya. Perternak mengalami kerugian apabila makanan basi hewan ternak dibuang. 
 
Tak hanya berupa uang dan bensin saja. Melainkan tenaga dan waktu.
 
Jadi apakah ada solusi untuk mengatasi permasalahan pakan ternak babi yang cepat membusuk.

 
EM4 Effective microorganisms untuk perternakan
 
EM4 memiliki banyak tipe. Namun pada artikel ini kita membahas tentang EM4 produk dari perusahaan songgolangit persada untuk perternakan dengan kemasan label botol berwarna cokelat.

 
EM4 untuk perternakan adalah obat hewan yang berbentuk cair dengan komposisi molase dan mengandung lactobacillus casei, sassharomyces cerevisiae dan rhodopseudomonas palustris.
 
Kegunaan EM4 untuk perternakan bermanfaat dalam mengatasi pakan ternak babi yang cepat membusuk, mengurangi jumlah serangga lalat, belatung, jamur, menurunkan kadar bau anyir dan menyeimbangkan mikroorganisme yang menguntungkan. Sekaligus memperbaiki kesehatan hewan ternak dan meningkatkan kualitas nilai mutu daging babi.

Baca juga :

 
Cara menggunakan EM4 untuk perternakan babi dalam mengurangi pembusukan pada pakan ternak
 
Bukalah tutup botol EM4.
 
Kemudian tuangkan cairan ke dalam pakan ternak babi dengan cara disemportkan atau disiram menggunakan air 1 cc : 1 liter.
 
Oh ya, harga 1 botol EM4 perternakan untuk area kota Palangkaraya berkisar diangka Rp 25.000 (Per 2021).
 
Saya berharap informasi ini bermanfaat bagi teman teman pemula perternakan babi ya.
 
Sehat selau untuk hewan ternak babi anda ya.
 
Salam perternakan babi.
 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU