Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 negara pemberi utang kredit tertinggi ke Indonesia [ Singapura #1, China #2, Amerika Serikat #3 ] ( 2022 )

Jumlah posisi utang pemerintah Indonesia menurut catatan arsip buku kas negara RI pada tahun 2022 tercatat sebesar $ 210 miliar rupiah atau Rp 3.129 triliun rupiah

Sang mahadewi, ibu Sri Mulyani Indrawati. Menteri keuangan menegaskan bahwa portofolio utang negara Indonesia masih aman di batas kewajaran. Dengan besaran rasio terhadap PDB atau produk domestik bruto mencapai 38%. 

Utang disebabkan karena penerimaan negara Indonesia lebih kecil daripada pengeluarannya. Pepatah kuno mengatakan, lebih besar pasak daripada tiang. 

Tetapi seperti pembahasan di atas, semua masih dalam batas kewajaran. Alangkah baiknya, utang ini seharusnya dikurangi, bukan terus menerus di tambah. 

Ada 5 strategi untuk mengurangi utang untuk negara Indonesia. Yaitu : 

1]. Tingkatkan penerimaan pajak dalam negeri semaksimal mungkin.

2]. Tingkatkan profit investasi SWF Indonesia Investment Authority (INA).

3]. Tingkatkan profit perusahaan BUMN untuk sektor ekspor luar negeri. (Tolong tak dibalik, BUMN harus fokus mencari keuntungan ke luar negeri, bukan ke balik malah mencari untung di dalam negeri )

4]. Tingkatkan pungutan penerimaan ekspor (non-pajak) dari perdagangan komoditas, mineral, produk barang industri swasta, minyak, gas, batu bara, energi listrik dan jasa ke luar negeri.

5]. Menambah utang untuk mengutang lagi ( gali jurang tutup lubang ) [ Poin #5 sesungguhnya tak disarankan, karena ini kelak menjadi malapetaka buat anak anak & cucu bangsa NKRI di masa depan ].

7 negara pemberi utang kredit tertinggi ke Indonesia.



Posisi #1 pemberi pinjaman kredit utang tertinggi ke Indonesia sejak lama masih di pegang oleh negara tetangga, Singapura.

Lalu kemudian di susul oleh negara komunis PKT China nomor 2 dan Amerika Serikat nomor 3. 

Sebagai tambahan informasi. 

Pemberi pinjaman utang ke Indonesia di bedakan menjadi 4 identitas. Yaitu :

1]. Negara

2]. Perusahaan Bank swasta atau perusahaan lembaga investasi swasta lainnya. 

3]. IMF ( Internasional Monetary Fund ).

4]. Para pelaku orang orang investor yang biasanya hobi investasi saham, obligasi, reksadana, ETF dan bagi anda yang gemar melakukan trading atau invest melalui smartphone atau laptop untuk membeli SUN (surat utang negara ). 

Nah, jika di lihat dari nilai porsi besaran nominalnya.

Identitas sebuah pemerintahan negara selaku pemberi pinjaman merupakan aktor utama yang memberikan pinjaman utang kredit tertinggi ke Indonesia. 

Bukan IMF. bukan pula Bank swasta internasional. Karena itu tak terlalu berpengaruh signifikan. 

Mayoritas utang Indonesia berasal dari pemerintahan negara lain. 

Di seluruh dunia ini. 

Hampir keseluruhan negara memiliki kewajiban utang yang saling mengikat menyiksa satu sama lain. Mirip seperti perkelahian smackdown ketika mereka saling mengunci diri, tak ada pihak yang dapat lepas, karena semuanya terkunci dan saling memukul, entah itu yang berada pada kuncian atas maupun bawah masih dapat saling sama sama memukul. 

Ini ibarat, sang pemberi pinjaman juga ngutang ke pihak lain dan pihak lain juga ngutang ke pihak lainnya, lalu pihak lain juga ngutang ke pihak lain. Sehingga seluruh negara saling terkunci oleh ketergantungan jebakan utang yang dibuat oleh sesama negara antar negara. 

he he....,  

Oh ya, berikut negara pemberi pinjaman tertinggi ke Indonesia :  

1]. Singapura 

$ 59 miliar dolar atau sekitar Rp 879 triliun rupiah.

Negara kecil yang identik dengan hewan singa tapi berbadan ikan lalu dimulutnya keluar air mancur dan cuma punya lahan seluas 72.860 hektar. 

Singapura menjadi aktor pemberi pinjaman utang kredit tertinggi ke Indonesia. 

Negara Singapura merupakan wilayah tempat bagi surga TAX HEAVEN untuk para pelaku pejabat kleptokrasi asal Indonesia dalam menanamkan investasi uangnya, lalu kemudian pembayaran bunga di bebankan ke Indonesia. 

2]. China 

$ 38 miliar dolar atau Rp 566 triliun rupiah

Posisi peringkat #2 tertinggi sebagai pemberi pinjaman ke Indonesia adalah dari PKT China. 

Di seluruh dunia. Negara komunis China menjadi pemberi utang kepada 77 negara lainnya. Salah satunya memberi utang ke Indonesia sebanyak Rp 566 triliun rupiah atau setara Rp 566.000 miliar rupiah berasal dari China  

Pembayaran utang ke China diwajibkan menggunakan mata uang Yuan atau disebut juga renminbi.

Dalam kasus China. 

Jika sebuah negara tak mampu memenuhi pembayaran beban kewajiban bunga ke China. Maka diberi waktu tenggak sekitar 6 bulan. Jika masih belum dapat membayar kewajibannya ke PKT (partai komunis China). Maka infrastruktur yang ada di sebuah negara bakal di ambil alih atau dicaplok oleh pemerintah China. Dimasa depan, kebijakan diperluas dengan memaksa negara yang gagal bayar utang kepada China untuk menggunakan 'Yuan Digital'. 

3]. Amerika Serikat 

$ 34 miliar dolar atau Rp 506 triliun rupiah

Amerika Serikat menjadi peringkat #3, kejar kejaran dengan China.

4]. Jepang 

$ 25 miliar dolar atau Rp 372 triliun rupiah

Negara Sakura menempati posisi #4 dengan memberikan pinjaman sebanyak Rp 372 triliun rupiah. 

5]. Uni Eropa 

$ 15 miliar dolar atau Rp 223 triliun rupiah

Negara Uni Eropa, terutama berasal dari Jerman, Ferancis, Belgia dan Belanda merupakan pemberi pinjaman utang ke Indonesia. 

6]. Korea Selatan 

$ 6 miliar dolar atau Rp 89 triliun rupiah.

Negara kpop menduduki posisi peringkat ke 6. 

7]. United Kingdom (UK) (  Inggris ) 

$ 3 miliar dolar atau Rp 44 triliun rupiah. 

Posisi ke 7 di tempati oleh kerajaan UK yang dipimpin oleh ratu Elizabet II. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.