Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amerika Serikat membeli meriam turret kaliber 30 mm milik Israel untuk diinstal kepada 98 unit tank stryker senilai $ 130 juta dolar atau Rp 1,9 triliun rupiah ( 2022 )

Perusahaan teknologi persenjataan militer asal Israel, BUMN Rafael Advanced Defense System di tahun 2022 telah mendapatkan sebuah pesanan kontrak proyek militer dari Amerika Serikat.  

Kontrak anggaran pembelian bernilai $ 130.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 1,9 triliun rupiah ( setara Rp 1.900 miliar rupiah ).

Perusahaan Rafael Advanced Defense System yang bermarkas pusat di Israel menerima pesanan dari AS untuk memperkuat kemampuan, kelincahan dan kehandalan tank stryker milik tentara US ARMY dengan cara mengupgrate turret. 

Instalasi turret sekaligus untuk memberikan upaya peningkatan daya mematikan kepada tank stryker untuk membunuh musuh dengan sistem akurasi yang tepat sasaran. 

Amerika Serikat beli meriam turret kaliber 30 mm milik Israel untuk diinstal ke 98 unit tank stryker senilai $ 130 juta dolar atau Rp 1,9 triliun rupiah ( 2022 ).

Produk meriam turret yang dimaksud adalah dari jenis yang disebut 'Samson'. 

Pembeliaan turret ini menandakan untuk pertama kali dalam sepanjang sejarah negara Amerika Serikat membeli senjata meriam dari pihak buatan negara asing. 

Sebelumnya, pemerintah AS belum pernah sekalipun membeli turret meriam dari perusahaan asal negara asing. 

Pada umumnya dipasok secara lokal melalui perusahaan swasta dalam negeri yang bermarkas pusat di Amerika Serikat.

Sebanyak 98 unit tank stryker dalam kontrak laporan double v hull infantry carrier vehicles (ICVVA1) bakal di upgrate dengan turret Samson buatan Israel.

Ini lengkap dengan kontrak sejumlah peluru bom amunisi, pelatihan teknis dan dukungan suku cadang. 

Tetapi tanpa paket perlindungan aktif APS trophy, tanpa paket drone mata mata firefly yang juga dapat bertindak sebagai drone kamikaze, tanpa paket RCWS dan tanpa paket rudal spike. 

Apabila tak ada aral melintang. 

Pesanan turret Samsom dikirim dari Israel ke Amerika Serikat pada Desember 2023.

Pihak yang ditugaskan oleh pemerintah AS untuk mengintegrasikan antara turret ke tank stryker adalah oshkosh defense dan general dynamics (GD.com). 

Dalam kontrak pemerintah AS sebelumnya antara tahun 1980 hingga abad modern ini. Turret tank stryker sudah menjadi basis pelanggan tetap dari perusahaan Northrop grumman selaku penyedia meriam sejak lama. 

Pada tahun 2022. Nampaknya Amerika Serikat hendak mencoba atau mencicipi bagaimana rasa turret buatan Israel atau sebagai langkah diversifikasi untuk melihat perbedaan atau ciri khas kualitas teknologi turret dari pihak asing. Walaupun itu hanya dalam jumlah kontrak kecil hanya 98 unit.  

Jika dirasa kualitas Samson baik di uji medan lapangan pertempuran.

Di masa depan, pemerintah AS dapat menambah atau memborong tambahan pesanan kontrak pembelian senjata dengan Israel.  

Tentang meriam samson

Samson merupakan turret tak berawak otomatis yang diciptakan di Israel. Menyediakan kontrol, sensor, dan dukungan kamera elektro optik pencari musuh dalam meningkatkan kesadaran situasional untuk menemukan atau memperoleh lokasi target yang mencoba mengelak bersembunyi. 

Dilengkapi kemampuan jaringan BNET dan FIREWEAVER sehingga menjadikan Samson memiliki daya pembalasan cepat kepada musuh untuk melawan ancaman dalam waktu realtime. 

Brosur promosi marketing turret Samson begitu mengoda. Dengan cap label 'battle proven'. Menjadikan produk ini telah laris di beli oleh banyak negara lain dan produk laku terjual hingga lebih dari 1.000 unit ke pasar internasional. 

Tentang stryker

Tank stryker adalah kendaraan tank tempur lapis baja beroda yang menjadi salah satu andalan tulang punggung bagi militer Amerika Serikat. 

Stryker diciptakan pertama kali pada tahun 1980 oleh perusahaan General Dynamics. 

Tank stryker biasanya digunakan untuk membawa tentara infanteri dan memberikan dukungan tembakan, perlindungan dan pelengkap dalam barisan lapisan belakang iring iringan tank MBT Abrams dan tank Bradley.

Pada tahun 2022. Amerika Serikat memiliki sebanyak 4.466 unit tank Stryker. 

Persenjataan tank stryker milik Amerika Serikat pada umumnya menggunakan RCWS dan turret 30 mm dragoon yang diinstal oleh perusahaan Northrop grumman. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.