Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Israel kuasai 33% pangsa pasar teknologi cyber dunia mengalahkan Rusia dan China ( 2023 )

Tahun 2022 telah berlalu, kita memasuki tahun 2023. Berbagai perusahaan riset turut pula memperbaharui data analitik tentang teknologi cyber. 

Pada tahun 2020 yang lalu. Ekspor teknologi cyber ke pasar dunia internasional dari Israel mencapai $ 6 miliar dolar. Kemudian di tahun 2021 naik menjadi $ 11 miliar dolar atau sekitar Rp 159 triliun dolar. ( setara Rp 159.000 miliar rupiah pertahun ).

Di Israel, terdapat 100 perusahaan teknologi cyber.  

3 terbesar diantaranya yaitu Checkpoint, Cyberark dan Radware yang membentuk valuasi $ 21 miliar dolar atau sekitar Rp 325 triliun rupiah. ( setara Rp 325.000 miliar rupiah ). Selain itu, masih terdapat beberapa perusahaan unicorn cyber lainnya yang berkantor pusat di Israel. 

Sebagai contoh, negara sebesar Australia saja harus rela hidup ketergantungan terhadap layanan jasa dan pembeliaan produk teknologi hightech cyber dari Israel. Walaupun kedua negara terpisah jarak ribuan kilometer. 

Foto : Pemimpin tertinggi #1 di Israel, Benjamin netanyahu dalam sebuah acara konferensi cyber di Israel

Israel kuasai 33% pangsa pasar teknologi cyber dunia mengalahkan Rusia dan China ( 2023 ) 

Teknologi cyber terbesar kedua di dunia bukan di Rusia, juga bukan di China. 

Melainkan ada di Israel yang memegang kendali 33%.

Eviatar matania mengatakan : 

Saat ini, teknologi cyber menyumbang pendapatan 15% dari ekspor teknologi tinggi di Israel yang merupakan total ekspor negara Israel dan itu akan terus bertumbuh. Sahutnya. 

Amerika Serikat tetap masih menjadi juara pemimpin #1 di dunia untuk teknologi cyber menguasai lebih dari 58% market pasar internasional. 

AS mengandalkan perusahaan swasta seperti Paloalto, Bluecoat system, Trendmikro, Trellix fireeye dan masih ada banyak lagi diantaranya. 

Amerika Serikat juga menjadi basis rumah untuk industri teknologi cyber internasional yang tak banyak orang menyadari bahwa perusahaan Apple, Alphabet ( induk Google ), Amazon, Intel, Dell computer, Oracle, dan Microsoft juga adalah bagian dari perusahaan cyber yang terbungkus samar samar dalam balutan teknologi. 

Di luar Amerika Serikat, konferensi keamanan cybertech sering diadakan di Israel. Itu mengundang banyak minat berbagai peserta media dari penjuru dunia untuk meliputi perkembangan teknologi cyber terkini yang memperlihatkan aneka macam produk hightech cyber baru dari Israel. Mulai dari mesin pembobol iPhone, anti drone, alat hacker hingga perangkat lunak cyber berbasis AI. 

Israel menduduki peringkat ke 2 di dunia untuk teknologi cyber. Mengalahkan Rusia, China, Uni eropa, Inggris ( United Kingdom ), Jepang dan Korea selatan.

Tetapi China akhir akhir ini terus menerus nampak mencoba membayang bayangi reputasi cyber Israel dengan turut mempercepat lombatan di bidang ilmu cyber. 

Sektor teknologi cyber Israel berspesialisasi di bidang inovatif yang mengandalkan penelitian dan riset R&D yang kuat. Selain itu, didukung pula melalui kerjasama dengan pemerintah Zionis melalui national cyber initiative, direktorat cyber nasional Israel (INCD), national cyber security authority, advanced technologies park, dan berbagai macam universitas lokal yang solid. Seperti Technion, TAU university, Jerusalem university dan Weizmann institute of science.

Israel mampu menguasai teknologi cyber peringkat #2 di dunia bukan karena kebetulan, tetapi sudah dipikirkan secara matang dengan berinvestasi pada pendidikan SDM ( sumber daya manusia ) secara besar besaran yang didukung kuat oleh inisiatif perdana menteri Benjamin Netanyahu, sosok seorang pemimpin no #1 di Israel. 

Israel adalah satu satunya negara pertama di dunia yang mengajarkan pendidikan cyber kepada anak sekolah SMA. 

Israel adalah satu satunya negara pertama di dunia yang memberikan gelar professor doktor di bidang teknologi cyber untuk universitas. 

Pada tahun 2022. Perusahaan startup Israel di bidang cyber sukses mengumpulkan pendanaan sebesar $ 3,5 miliar dolar, jumlah ini besar untuk ukuran sebuah negara kecil yang berpopulasi hanya 9.327.000 juta orang. 

Untuk informasi lebih lanjut. Anda dapat menonton video Youtube dari VICE NEWS.

Atau mengunjungi link berikut ini :

https://www.cybertechisrael.com/about_us

https://www.cybermap.co/

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.