Langsung ke konten utama

Professor doktor Israel pencipta teknologi LZ77 dan LZ78 meninggal dunia di usia 91 tahun ( 2023 )

Dalam penggunaan internet sehari hari yang umat manusia lakukan di kehidupan nyata. Siapa yang tidak mengenal tentang keberadaan MP3 ( sejenis pemutar musik ), PDF ( sejenis ebook berbasis buku online ), Zip ( sejenis format Winzip, 7zip, etc ), PNG ( sejenis format gambar image internet ) dan GIF ( sejenis format animasi bergerak di internet ). 

Utilitas, tool dan aplikasi ini tersebar luas di internet di gunakan oleh miliaran orang hingga saat ini. 

Bagi teman teman yang hobi menjadi tukang download. Tentu sudah familiar tentang Winzip yang digunakan secara luas untuk mengompresi data agar menjadi lebih ringan sehingga dapat menghemat banyak ruang space hingga bergiga gigabyte, menghemat kuota pulsa internet dan mempermudah proses download agar tak berat. 

Dibalik semua teknologi diatas. Ada kode pemprograman dibelakang balik layarnya sebagai tulang punggung yang membuat semua pemprosesan tadi berjalan dengan lancar. 

Jika anda berasal dari latar belakang fakultas jurusan IT/SI. 

Anda paham bahwa semua pengkodeaan pemprograman untuk tool diatas berasal dari ilmu algoritma LZ77 dan LZ78 ( lossless data compression algorithms ).

Teknologi LZ77 dan LZ78 diciptakan pertama kali pada tahun 1977 oleh bapak Abraham lempel dan Jacob Ziv. ( Kedua pencipta berasal dari orang Israel ). Ini juga mendasari berbagai macam bentuk variasi seperti LZW, LZSS, LZMA dan masih banyak lagi. 

Di abad modern. Peranan teknologi ini semakin digunakan dalam bidang memori card dan cloud computing yang di adopsi oleh perusahaan raksasa seperti Alphabet.inc, Amazon, Microsoft, Oracle, Salesforce, dan masih banyak lagi.

Professor doktor Israel pencipta teknologi LZ77 dan LZ78 meninggal dunia di usia 91 tahun ( 2023 )

Bapak Jacob ziv meninggal dunia pada tanggal 25 Maret 2023 di usia 91 tahun. 

Beliau merupakan ilmuwan pencipta metode kompresi file lossless di tahun 1977. Hingga saat ini code miliknya masih diandalkan untuk menyimpan bigdata dalam jumlah bit yang besar. 

Lahir pada tahun 1931 di Israel. 

Lulusan pendidikan dari Technion Institut Teknologi Israel. 

Suatu ketika pada tahun 1962. Beliau direkrut oleh Amerika Serikat untuk bekerja di salah satu perusahaan teknologi militer swasta Melpar ( sekarang telah diakuisisi oleh perusahaan persenjataan Raytheon Technology ) dan ditugaskan berdinas menjadi peneliti di departement riset system communication statistik milik pemerintah AS. Sekaligus menyelesaikan tambahan gelar doktor di Massachusetts AS.

Beliau kemudian memutuskan pulang ke tanah kelahirannya di Israel. Hingga masa tua, minatnya terhadap penelitian di bidang kompresi data, teori informasi, elektronik dan komunikasi statistik terus digarap hingga akhir hayatnya. 

Jacob ziv juga bekerja dinas di lembaga penelitian untuk departement pertahanan IDF Israel Defense Force. 

Sivan mengatakan :

Kontribusi ilmu pengetahuan ilmiah dari profesor Jacob ziv telah mengubah cara kita untuk menyimpan, memproses dan mentransfer informasi. Sahutnya. 

Idit mengatakan :

Dia tidak hanya meninggalkan jejaknya pada cara bagaimana informasi dapat dikirimkan melalui jaringan komputer dan disimpan dalam file di seluruh dunia, tetapi juga membimbing keunggulan ilmu pengetahuan di banyak universitas. Sahutnya. 

Algoritma yang telah diciptakan oleh bapak Jacob ziv telah memudahkan dunia untuk saling berbagi transfer data dari yang tadinya berat menjadi lebih ringan dan layak secara ekonomi. Pengkodeen ini membutuhkan ilmu matematika statistik kompleks dan kode program rumit yang pada masanya belum ada seorangpun sanggup memecahkan dan memikirkan teknik teoretis sebelumnya sehingga menjadi terobosan kala itu di tahun 1977. 

Sekaligus menjadi salah satu tonggak bersejarah dalam teknik komputer, internet dan elektronik.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.