Langsung ke konten utama

Bursa saham Israel TASE memasuki ekspansi ke pasar Uni Eropa (EU) siap go global ( 2023 )

Dalam kerangka kerja untuk meningkatkan hubungan perekonomian yang erat antar kedua belah pihak. 

Pada tahun 2023. Negara Israel dan Uni Eropa telah resmi menandatangani proposal investasi untuk menyambut kedatangan TASE ke EU ( Uni Eropa ). 

TASE atau Tel Aviv Stock Exchange adalah satu satunya bursa saham di Israel. 

TASE memperdagangkan saham, obligasi korporasi, obligasi pemerintah Israel, mata uang dan indeks. TASE tidak melayani reksadana.

Total jumlah investor di bursa Israel mencapai kurang lebih 1.000.000 juta orang. 

Mayoritas berasal dari orang orang lokal di dalam negeri.

Karena pasar di Israel terbatas dan minim. 

Oleh sebab itu, perjanjian tanda tangan bersejarah dengan EU begitu penting bagi Israel, karena dapat meningkatkan jumlah investor baru yang berinvestasi di perusahaan Israel terutama dari kalangan orang orang EU yang berjumlah populasi kurang lebih 450.000.000 juta orang. 

Ini dapat menciptakan peluang pasar yang lebih luas dan lebih besar untuk produk saham dari emiten Israel serta meningkatkan ekonomi Israel secara keseluruhan. Dengan demikian, perjanjian ini menjadi kunci untuk masa depan yang lebih baik.

Itu tak hanya baik bagi Israel saja. Tetapi juga baik bagi kepentingan ekonomi Uni Eropa. Dimana orang orang EU dapat menghasilkan pengembalian yang positif dari hasil deviden, capital gain dan meraih kemerdekaan finansial freedom jika mereka mampu memilih saham yang tepat. Selain hanya berkutat mengandalkan biaya hidup dari tunjangan gaji & bansos pemerintah EU saja yang kian hari kian terbatas dan menipis

Hubungan ini secara tak langsung membangun Israel membuka jalan ke pasar EU yang luas dan memperkuat sektor dominasi perusahaan industri Israel ke next level berikutnya di bidang teknologi, komunikasi, bioteknologi, kesehatan, semikonduktor, internet, komputasi, otomotif, energy, militer, dll sebagainya.

Meningkatkan modal, menciptakan nilai tambah, menghasilkan peluang tarif ekonomi baru, meningkatkan koneksi antara EU-ISRAEL, meningkatkan produktivitas, membantu mengelola sumber daya alam milik EU dengan cara yang lebih efesien dan mengakselerasi penelitian ilmu pengetahuan.    

Ini disebut sebagai rencana strategi. Masuknya TASE ke Uni Eropa. Diumumkan sendiri oleh European securities and markets authority melalui Europa.eu yang berada dibawah kepemimpinan presiden Ursula von der leyen. 

Jadi ini bukan melulu hanya kehendak dari pemerintah Israel seorang diri. 

Melainkan keinginan dari pihak Uni Eropa yang menginginkan atau menghendaki adanya kerjasama hal ini terjadi. Nampaknya Uni Eropa sudah tahu bahwa memiliki hubungan diplomatik dengan Israel itu memang menguntungkan cuan cuan cuan. Jadi juga dapat saling mengisi dan menyempurnakan. 

Bursa saham Israel TASE memasuki pasar Uni Eropa siap ekspansi go global ( 2023 )

Untuk membangun sistem integrasi, konektivitas dan co-location. Diharapkan dapat selesai pada tahun 2025. Dengan tujuan meminimalkan latensi dan mempercepat kerja secara realtime. Paling lambat yaitu pada tahun 2027. 

Perusahaan Amerika Serikat, Avelacom bakal diutus untuk membangun infrastruktur jaringan berkecepatan tinggi tersebut untuk menyediakan data market saham dan aktivitas trading lainnya agar mampu menghubungkan network antara Israel - EU secara mulus. 

Harapannya nanti TASE hadir di Uni Eropa. 

Sehingga orang orang atau rakyat EU dapat berinvestasi saham di perusahaan milik Israel seperti Monday, Nice, Elbit System, Formula system, Solaredge, Odditytech, Nano dimension, Sodastream, Radware, Kornitdigital, Nanox imaging, Valens semiconductor, Reeauto, Compugen, Aquarius engine, dan masih banyak lagi.  

TASE berfokus pada saham dan obligasi dan telah berkembang sejak 1953 menjadi bursa terkemuka di kawasan gurun pasir Timur Tengah.

Pada tahun 2023. Israel memiliki 8 unit perusahaan industri decacorn dan 30 unit perusahaan unicorn.

Unicorn adalah sebutan perusahaan yang tembus $ 1 miliar dolar atau setara Rp 15 triliun rupiah

Decacorn adalah sebutan perusahaan yang tembus $ 10 miliar dolar atau setara Rp 150 triliun rupiah. 

Pejabat kementerian ekonomi Israel mengatakan : 

Salah satu hal yang dicari di Israel adalah karena kami adalah negara kecil dengan pasar ekonomi yang kecil. Kami hanya memiliki 9 juta orang konsumen, jadi kami harus mencari tahu, hal hal apa yang harus kami jual ke seluruh dunia, kami harus mencari inovasi berikutnya yang harus kami lakukan untuk dapat menjual ratusan juta produk dan layanan. Dari sanalah beberapa teknologi lahir, teknologi medis, teknologi IT, anda tahu skype voice, IP, teknologi cyber security. Kami dapat menjualnya hingga ratusan juta bahkan miliaran produk. Sahutnya. 

Pada tahun 2022. Pendapatan TASE meningkat 22%. Menjadi $ 96.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 1,4 triliun rupiah ( setara Rp 1.400 miliar ). Dimana beberapa persen dari laba TASE di setor kembali ke kas keuangan pemerintah Israel dalam bentuk pungutan pajak. 

Perluasan bisnis inti TASE ke pangsa pasar Uni Eropa dapat meningkatkan pendapatan Israel di masa depan menjadi lebih besar lagi. 

Karena diluaran sana ada banyak negara gagal. Mereka tidak memiliki 1 pun emiten saham. Tergantung sepenuhnya dari perusahaan global asing dan mengandalkan UKM lokal yang memiliki kemampuan terbatas. Jumlah negara yang memiliki bursa saham mandiri pada tahun 2023 dapat dihitung dengan jari. TASE menjadi salah satu yang mampu bertahan selama lebih dari 70 tahun. Selain bergerak memperluas akses pasar ke market EU. TASE juga sedang bersiap menerima sistem blockchain DLT, tokenisasi aset digital, smart contract dan pembayaran berbasis cryptocurrency untuk terus melangkah maju kedepan di era persaingan industri yang semakin ketat dan menantang.

Ittai Ben Zeev dari CEO TASE mengatakan : 

Lima tahun ke depan adalah kesempatan bersejarah bagi TASE untuk berperan aktif dalam revolusi teknologi pasar modal internasional; rencana kami memperluas pasar dan mengembangkan manajemen layanan dengan produk inovatif ke tingkat berikutnya. Kami bertujuan untuk memeloporinya dan memanfaatkan keunggulan kami di Israel untuk mengadopsi fintech dalam memposisikan TASE sebagai pusat keuangan. TASE tetap membangun aktivitas pasar modal lokal agar sesuai dengan kekuatan ekonomi Israel dan memperluas aktivitas secara global demi meningkatkan pertumbuhan dan perluasan bisnis'. Sahutnya. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.