Langsung ke konten utama

4 rudal udara ke darat buatan Israel ( 2023 )


Foto dari bawah ke atas : MPR Lizard, Rampage dan Spice

Untuk melindungi keamanan, kedaulatan dan rakyat sipilnya. 

Pemerintah Zionis Israel sejak lama telah menciptakan, merancang, memproduksi dan membangun senjata milik buatan sendiri tanpa harus terlalu tergantung dengan pihak asing. 

Ini terjadi karena Israel telah belajar dari kasus sejarah masa lalu ketika itu pada tahun 1967, Israel pernah di banned, di sangsi dan di boikot oleh negara negara kawasan Eropa ( sekarang bernama EU ) dalam perdagangan dan rantai pasokan senjata mutakhir. 

Israel kemudian membangun industri perusahaan persenjataannya sendiri dan alustistanya sendiri. 

Untungnya, Amerika Serikat dan Inggris ( United Kingdom ) sejak tahun 1948 - 2023 tidak pernah membanned Israel. 

Dalam masa abad modern terkini. 

Israel masih tetap membangun industri persenjataannya sendiri yang memungkinkannya menggunakan teknologi militer buatannya untuk mempermudah operasi dan perlindungan jika seandainya dibanned lagi seperti waktu sejarah masa lampau. 

Tak terkecuali untuk senjata seperti roket, bom dan rudal serangan udara ke darat. 

Israel memiliki portofolionya sendiri dalam memproteksi negaranya yang dibangun melalui perusahaan plat merah BUMN nasional. Sekaligus itu bertujuan ekspor untuk menambah pundi pundi keuangan dan ekonomi negara. 

Berikut adalah 4 rudal udara ke darat buatan Israel. Terutama generasi senjata terbaru yang dimiliki oleh Israel, sedangkan versi lawas ( pensiun ) tidak lagi digunakan hal ini dikarenakan adanya perubahan zaman menuntut pembaharuan teknologi dari waktu ke waktu. 

1]. MPR LIZARD 


Jarak tembak : 1 - 5 km

Perusahaan : Elbit System dan Israel Aerospace Industries. 

MPR LIZARD adalah kombinasi dari bom dan pemandu presisi. Ini merupakan arsenal paling murah dari jajaran list yang ada pada artikel ini. MPR merupakan bom buatan Israel yang mampu menghancurkan atau merobohkan gedung bertingkat tinggi dan meratakan infrastruktur musuh lainnya. Sedangkan Lizard merupakan pemandu berbasis verifikasi melalui penuntun satelit dan laser sehingga memungkinkan menembak target secara tepat sasaran dengan tingkat kesalahan CEP 3 meter.

Sayangnya, MPR Lizard tidak dapat menembak target yang sedang bergerak. ( Ini hanya didesain untuk menembak target diam, statis atau harus menunggu alustista musuh berhenti terlebih dahulu ). Untuk kondisi tertentu Lizard masih dapat menembak target bergerak jika ada revisi update titik panduan laser terlebih dahulu sebelum terjadinya ledakan.    

2]. RAMPAGE


Jarak tembak : 1 - 100 km

Perusahaan : Elbit System dan Israel Aerospace Industries. 

Rampage adalah rudal supersonik berkecepatan diatas 4.000 km/jam.
 
Rudal Rampage diciptakan oleh dua gabungan kaloborasi perusahaan Israel. Senjata ini juga dapat digunakan di darat dalam sistem truck peluncur puls. 

Sayangnya, Rampage tidak dapat menembak target yang sedang bergerak. ( Ini hanya didesain untuk menembak target diam, statis atau harus menunggu alustista musuh berhenti terlebih dahulu ).   

Rampage juga tidak dapat menembak tank yang sedang jalan jalan santuy. 

Rampage juga tidak dapat menembak terorist yang sedang senam jogging dan lari tipis tipis. 

Tapi jika musuh sedang berhenti, sedang ngopi maszeh atau musuh sedang tidur, Rampage bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membunuhnya.

3]. SPICE


Jarak tembak : 1 - 100 km

Perusahaan : Rafael Advanced Defense System dan Israel Aerospace Industries. 

Ciri khas dari Spice yaitu memiliki 2 bilah sayap. 

Spice mampu beroperasi diluar jangkauan visual ( beyond visual range missile BVR )
 
Sinyal operasi berkomunikasi melalui kit panduan elektro optic (EO) tanpa menggunakan GPS.
 
Pilot Israel memadu rudal ini dari jarak jauh via kokpit pesawat melalui layar digital 

Spice dapat menembak target musuh yang sedang bergerak. Ini didesain untuk melawan musuh yang memiliki sistem pertahanan udara kuat. 

Rudal spice diciptakan oleh Rafael Advanced Defense System pada tahun 2003 untuk menggantikan legenda sang pensiun rudal Popeye yang diciptakan pertama kali oleh Israel di tahun 1985.

Spice menggunakan Deep Learning, ATR Automatic Target Recognition, Elektro Optik dan Artificial Intelligence.

Berbeda dengan Rampage yang berisik, ekstrovert dan bunyinya ketika terbang begitu bergemuruh seperti guntur yang membengkakan telinga. 

Maka spice memiliki kepribadian introvert sehingga nyaris sama sekali tidak menghasilkan suara hanya gesekan bunyi angin saja.

3]. SPIKE


Jarak tembak : 1 - 50 km

Pada hakekatnya, Spike merupakan rudal anti tank. Namun pada kasus tertentu dapat digunakan untuk menghancurkan infrastruktur musuh dan pusat kontrol komando musuh. 

Spike dapat ditembakkan dari darat, laut dan udara. 

Sistem panduan bimbingan menggunakan kamera elektro optik (EO) yang ditempatkan pada bagian depan hidung sang rudal.
 
Spike dapat dengan mudah menembak target musuh yang sedang bergerak. Melalui cara teknik fire and forget  ( tembak, pergi, kabur dan lihat hasilnya dari layar monitor secara jarak jauh ). 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post