Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Liaoning, Kapal Induk Pertama Rakyat China (2012)

Selamat Berbahagia buat China 

Negara ini akhirnya di tahun 2012 Resmi memiliki Kapal Induk Pertamanya juga yah. Kapal Induk ini mereka beriin nama sebagai “LIAONING”. Seperti yg aku langsir dari Majalah Angkasa. Liaoning sebenarnya adalah bekas kapal milik Soviet yg dibeli Cina dari Ukraina



Awalnya, Ukraina menolak mentah mentah akan tawaran china yg pengen beli Kapal bekas yg awalnya bernama Varyag. Ukraina mengklaim ni kapal udah rongsokan banget kok dan udah ga bisa berlayar lagi, tapi Pemerintah China trus ngotot berupaya dan bilang kalau ni Kapal dibeli Cuma buat tempat wisata dan bar hiburan aja. 

Carrier Vessel
Carrier Vessel atau CV adalah sebutan untuk sebuah armada Kapal Perang. Umumnya mampu membawa hingga 80-90 Pesawat Militer dari berbagai ukuran dalam jumlah besar, bahkan ia juga mampu mengangkut kapal lainnya, tank, helikopter, Artileri, bahkan mobil taktis dari berbagai ukuran dalam skala sangat besar.

Kegunaan umumnya untuk memberikan efek gentar pada lawan dan sebagai kekuatan deterrence. 

                                 Akhirnya, pada tahun 1998, Varyag pun di tarik. Keadaannya tragis banget, tua, ga ada listrik, ga ada mesin penggerak, pokoknya bagaikan perahu yg ditarik oleh kapal Derek China.

Namun, Ceritanya malah berbeda pada tahun 2002. Pemerintah China justru merombak besar besaran Kapal Varyag ini dan mempoles besinya, memasang mesinnya, dan terus di genjot hingga akhirnya tahun 2012, China Resmi memiliki LIAONING

Gambar dibawah ini adalah Gambar Pembangunannya

Nama Liaoning sendiri terinspirasi dari Nama Propinsi di Propinsi utara China (Kota Dalian) dimana tempat ini adalah tempat Special bagi Markas Terbesar Angkatan Laut China.

Secara Spesifik, Kapal yg dirombak oleh China ini sebenarnya bagi Soviet bukan untuk diperuntukan bagi Kapal Induk. Rusia justru menciptakannya sebagai Kapal Carrier aja kok, tapi karena Pemerintah Kementrian Pertahanan China pintar ya akhirnya terbikin deh



Menurut RRC seperti yg dikutib dari AFP  mainkomputer.gif (83×83)

LIAONING digunakan untuk Riset, Penelitian, Percepat Pembangunan Ekonomi, dan juga untuk menghadapi ancaman ancaman non Tradisional dan untuk mempertahankan Kepentingan Kedaulatan, keamanan, dan tentunya sebagai modernisasi Angkatan Laut China menuju ke tahap lebih modern.

Baca juga :

Bagi China ini Penting dan Merupakan Sebuah Kebahagian walaupun saat ini masih memiliki 1 Unit, Namun diyakini untuk di masa depan akan ditingkatkan. Nah, selamat Membaca yah. Makasih. Semoga anda suka yah. GBU "-"