Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Macam Toko Online Yang Sebaiknya Anda Ketahui (2015)

Di Zaman yg Serba Otomatis dan Instan ini. Anak Muda, Baik yang udah Dewasa, Kakek Nenek, Mba Mba Mas Mas atau Adik Adik Kecil kita. Kayaknya udah kenal dan Familiar banget ya ama “Toko Online”. Banyak Orang Indonesia yg udah Paham Cara Kerja Transaksi Melalui Perdagangan Internet ini. 

Nah, Entah dapat Inspirasi dari mana nih ya. Saya Setelah Mikir Mikir Tadi. Ngga Sengaja Iseng aja. Kok Kayaknya Online-Shopping ini Ternyata Terbagi menjadi Beberapa Bagian ya. Oh ya, Sebelumnya, Ini hanya Pemikiran saya sendiri aja ya. Kesalahan Tentu pasti ada. Mohon di Koreksi Artikel ini

1]. TOKO ONLINE UMUM
logo+amazon.jpg (324×324)

Yang Paling Umum adalah Poin No #1 ini. Contohnya seperti Amazon.com, Alibaba.com, Lazada.com, Zalora.com, Blibli.com, Bilna.com, dll. Tapi dia Terbagi Menjadi 2 Jenis Lagi. Yaitu :

~ 1. DENGAN KEMITRAAN
Contoh yg menggunakan Kemitraan adalah Amazon.com, Lazada.com, dll. Cara Kerjanya Si Pemilik Toko-Online ini membeli barang dari UKM, Produsen atau Perusahaan Pembuat atau Pemilik Product. Lalu ia menaikan selisih harga untuk mendapatkan keuntungan.

Setiap Barang yg Terjual adalah Keuntungan yg ia dapat. Di Sisi Lain, Untuk Meningkatkan Pemasaran. Ia menggunakan Sebuah Sistem Kemitraan agar barangnya di Promosikan oleh banyak orang dengan 4 Cara. Yaitu Menggunakan Affiliasi, Dropship, Multi Level Marketing atau Resseler.

~ 2. TANPA KEMITRAAN
Pada Poin #2. Hampir sama aja kayak diatas. Si Pemilik Toko-Online. Membeli barang dari UKM, Produsen atau Pemilik Product dengan harga murah. Kemudian ia menjualnya lagi kepada Anda. Tapi dengan Menambahkan Selisih Harga untuk Mendapatkan Keuntungan.

Beda Poin #1 dan Poin #2. Dia adalah Single Fighter (Petarung Sendiri). Ia Tak Menggunakan Jasa Promosi orang Lain. Ia sendirilah yg menjual barang Langsung kepada Pembeli. Ia menutup Program Kemitraan seperti Affiliate, Dropship, MLM atau Resseler.

Praktis ia punya keunggulan dari sisi harga yg lebih murah karena bebas pihak ke 3. Tapi disisi lain, ia juga memiliki kelemahan. Karena ia Bertarung Sendirian tanpa ada orang yg membantu mempromosikan dagangannya.  

2]. TOKO ONLINE MARKETPLACE

Contoh Marketplace adalah TOKOPEDIA.com, OLX (Dulu Toko Bagus), ELEVANIA, BERNIAGA, BLANJA.COM, dll. Konsep Cara Kerjanya adalah seperti sebuah Mall. Di Mana Para UKM, Pemilik Product, Menjajakan Semua Barang dagangannya disini.

Namun Poin #2 ini sangat Rawan Penipuan. Karena Terlalu banyak orang yg berjualan disini. Sedangkan Pihak Pembuat Website hanya Memfasilitasi Tempat Berjualan saja. Dan Tak Bertanggung Jawab dalam Proses Jual Beli antara Pedagang dan Pembeli.


Baca Juga :

3] TOKO ONLINE EXPRESS
google+express.jpg (593×296)

Yang ini sama seperti Poin #2. Bedanya, Jika di Poin #2 Tak Bertanggung Jawab atas Proses Jual Beli antara Pedagang dan Pembeli. Maka di Poin #3. Ia sangat Bertanggung Jawab atas Proses Jual Beli. Sehingga Kasus Penipuan adalah 0%.

Cara Kerjanya adalah Ia Mendirikan Sebuah Gudang Raksasa di Tengah Kota di Setiap kota. Di Gudang ini, Petani, Nelayan, UKM, Pemilik Product, Perusahaan Pembuat Susu, Perusahaan Motor, Pembuat Tempe, Pembuat Kursi, Pembuat Kerajinan Tangan, Perusahaan Baju, Peternak Daging Sapi, Peternak Ikan, Perusahaan Mobil, Perusahaan Teknologi, Orang yg mau jual barang bekas. dll. Bisa Menaruh Semua barang dagangannya di Gudang Raksasa di Tengah Kota ini.

Setelah Semua di taruh di Gudang ini. Maka di Listing Berdasarkan Kode Pos Wilayah. Pihak ini akan menjadi Pihak Penengah antara “Pembeli” dan “UKM”. Sehingga Penipuan adalah 0%.

Karena Ia yg Langsung Mengantar Pengiriman Barang dari UKM Tersebut Langsung ke Depan rumah Pintu Anda. Hebatnya.., Barang Sampai Dalam Waktu 1-5 Jam. Hebatnya Lagi. Harga Super Murah. Karena Pihak ini Tak Menambahkan Selisih Harga Sama Sekali dan menutup Program Affiliate.

Lalu, Darimana Pihak ini mendapatkan Keuntungan. Mereka mendapatkan Keuntungan melalui Jasa Pengiriman dan Iklan. Contoh Toko-Online ini adalah GOOGLE EXPRESS. [NB : Google Express belum Tersedia di Indonesia].

4] TOKO ONLINE OWNER PRODUCT
Juragan Master Pembuat Kapak dan Pisau
Dan yg Terakhir adalah Owner Product atau Dalam Bahasa Indonesia di sebut JURAGAN. He he…, Bisa dikatakan ya, dia yg membuat barang atau Product. Tapi dia juga yg menjualnya langsung kepada Pembeli tanpa melewati Pihak Pedagang (Pihak Perantara ke 2).

Keunggulannya adalah harga tentu saja murah meriah. karena Anda membeli langsung dari Sang Juragan Product tersebut. Kelemahannya, Sang Juragan Pasti Cape Bekerja nih. Soalnya dia Merangkak 2 Pekerjaan sekaligus. Membuat Product dan menjualnya sendiri di Internet. 

Tapi Kebanyakan sih pake Sistem Kemitraan juga. Menggunakan Dropship, Resseler, Affiliate, atau Menggunakan Pihak Pedagang Lain untuk membantu Proses Penjualan. 

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU