Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Negara Kecil Pemilik 1.000 Pesawat Tempur Penyerang Paling Banyak di Dunia [1948-2015] (2015)

Jika kita bertanya ke Google. Negara Mana sih yg Memiliki Pesawat tempur Terbanyak di dunia dengan Lebih dari 1.000 Unit. Maka Jawabanya adalah Tiongkok, Rusia, India, Ferancis, Korea Selatan, Jerman, Jepang, Turki dan Amerika Serikat. Hal Tersebut Wajar adanya ya. Karena ke 9 Negara Tersebut adalah Bangsa yg sangat besar dengan Jumlah Penduduk hingga Ratusan Juta Orang, Bahkan mencapai Penduduk Miliaran orang.

Wikipedia.com Melansir. Dari ke 9 Negara Pemilik Jet Tempur Terbanyak. Ternyata ada 1 Negara Kecil banget. Negara ini hanya berpenduduk 8.000.000 Juta Orang dengan Luas Wilayah 4x Pulau Bali. Tapi walaupun Kecil. Ternyata memiliki 1.000 Pesawat Tempur. Dia adalah Israel.

Deretan F-15 Israeli
Tahun 1948-1956
Pada Awal Tahun 1948. Negara Israel Baru Berdiri. Negara ini, saat ini telah Berusia 67 Tahun. Bandingkan dengan Negara Amerika Serikat yg Telah Berusia sangat lama : 240 Tahun.

Pada Awal 1948. Israel menyatakan Kemerdekaan dirinya dengan cara Mencaplok Tanah milik Palestina. Tak Pelak, Banyak Negara Tetangga Arab yg ngga setuju dengan Lahirnya Sebuah Negara Israel. Akhirnya Perang pun Terjadi. Israel berperang dengan Gabungan Liga Arab Tersebut. Yang Terdiri dari Arab Saudi, Yordania, Pakistan, Irak, Suriah, Lebanon, Palestina, Libya dan Mesir yg di dukung oleh Persenjataan Bantuan dari Uni Soviet.

Karena Israel Tertekan dengan Tekanan Serangan Tersebut. Dan Karena Pada 1948 Israel baru Lahir sehingga masih belum memiliki Industri Pertahanan sendiri. Akhirnya, Israel membeli dengan cepat Pesawat tempur AVIA S-199s sebanyak 25 unit dan membeli SUPERMARINE SPITFIRE sebanyak 62 unit dari Negara Cekoslovakia.

Avia S-199s (Pensiun)
Supermarine Spitfire (Pensiun)
AVIA S-199s dan SUPERMARINE SPITFIRE adalah Pesawat tempur Pertama yg di Gunakan oleh Angkatan Udara Israel.

Tahun 1956-1969
Pada Tahun 1956-1969. Negara Amerika Serikat turut ikut serta membantu Israel. Tongak Sejarahnya. Amerika Serikat untuk Pertama kalinya menjual Teknologi Militer Perdana berupa Pesawat Tempur kepada Israel berupa F-4 PHANTOM dan P-51D MUSTANG.

Phantom (Pensiun)
Mustang (Pensiun)
Jet Canggih Legenda Asal Amerika Serikat ini di Gunakan oleh Israel untuk menghancurkan 425 Pesawat tempur milik Liga Arab.

Tahun 1969-1973
Ini adalah Tahun yg Kelam bagi Israel. Kali ini banyak Pesawat tempur Israel yg Kalah dan dihancurkan oleh Liga Arab. Arab di dukung oleh Teknologi dan Pasukan Pilot dari Uni Soviet.

Angkatan Udara Israel mengklaim 102 Pesawat tempur mereka hancur dan ditembak. Alhasil, Israel pun membeli Jet Tempur Baru Lagi guna menahan imbang Serangan Liga Arab dan Uni Soviet Tersebut. Israel membeli Jet A-4 SKYHAWK dari Amerika Serikat dan juga membeli Pesawat tempur baru dari Ferancis DASSAULT MIRAGE IIIC.

Mirage IIIC (Pensiun) 
A-4 Skyhawk (Pensiun)
Walaupun Israel membeli A-4 SKYHAWK dan DASSAULT MIRAGE IIIC. Tapi Tetap aja ada yg Berhasil Jatuh dan di Tembak oleh Liga Arab. (Terutama Mesir).

Tahun 1973-2015
Di Tahun 1973 adalah Titik Balik Bagi Negara Israel.

Israel memperkuat dirinya dengan memiliki F-15 EAGLE hingga sebanyak  83 Unit dan F-16 FALCON FIGHTING sebanyak 343 Unit. Ke 2 Jet ini adalah yg Paling Canggih di Beli dari Amerika Serikat.

Ngga hanya sampai disitu ya. Israel juga mulai membangun Industri Pertahanan sendiri (IAI) dengan menciptakan Pesawat tempur sendiri dari hasil copy paste Jet Milik Ferancis DASSAULT MIRAGE 5. Yaitu menciptakan 3 Jenis Jet tempur Fighter dalam Negeri yg disebut NESHER hingga sebanyak 61 Unit, Lalu ada juga LAVI yg Kemampuannya sama seperti F-16 Amerika Serikat. Tapi Israel lebih menyukai Jet dalam negeri yg disebut KFIR yg berjumlah 220 Unit. Dan juga Pesawat Drone yg diperkirakan mencapai 1.000 Unit.

Pada Tahun 2015 ini. Keadaan Israel menjadi Terbalik. Dari yg Tadinya di Serang dan Bertahan. Kini Malah Balik menjadi Penyerang.

F-15 EAGLE

KFIR. Pesawat Buatan Dalam Negeri Israel
F-16 FALCON FIGHTING

Dengan Jumlah F-15 EAGLE sebanyak 83 unit, F-16 sebanyak 343 Unit, KFIR sebanyak 220 Unit. (Upgrade Terbaru KFIR Block 60) dan Pesawat Robot Drone sebanyak 1.000+ Unit. Maka, dengan Resmi Negara Kecil Israel ini adalah salah satu Negara Pemilik Jet-Jet Tempur Terbanyak di dunia. 

Baca juga

Tahun 2018  

Di Lansir dari Reuters.com : Israel diketahui telah menyetujui untuk memiliki 19 Pesawat Tempur yg Lebih Canggih dengan Kemampuan Siluman. Yaitu F-35 LIGHTINING STEAHLTY.

Di Prediksi untuk Armada F-35 dari Amerika Serikat ini akan datang untuk memperkuat Israel Pada Tahun 2018. Menurut saya, Dengan Lebih 1000+ Unit Jet-Jet Tempur. Negara Kecil Bintang Daud Yahudi ini udah terlalu berlebihan ya. ituh mah banyak banget...?


GBU