Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Uran-9 : Tank Robot Pemukul Penghancur dan Pendukung Pasukan Darat Rusia (2016)

Senang Rasanya Bisa Kembali Menyajikan Artikel Terbaru Lagi Kepada Anda. Tentang Kemajuaan Robot Tempur Rusia Pada Tahun 2016 ini ya.

Nah Jika Anda Ingat Artikel Afrid Pada Edisi Tanggal ‘25 Januari 2014’ yang Lalu. Membahas Tentang “TANK X”. X adalah Sebutan Tak Bernama versi saya sendiri. Ya Memang Kala itu, Rusia sedang Gencar-Gencarnya membangun Prototipe Robot Tank Tapi masih Belum di Beri Kode nama.

Foto : Tank X itu Ternyata Bernama URAN-9

TANK TANPA NAMA
Pertama Kali Wartawan Rusia Mengungkapkannya dari Danau Rzhevka. Tahun 2014 yg Lalu. Pemerintah Rusia mengatakan : Potensi Robot Tak Berawak Bukan Sebatas Permainan. “Ini Bukan Permainan, ini adalah Sistem Tempur Yang Serius.

Tahun 2014 : Rusia membangun Berbagai Macam Prototipe Robotik Darat di Dekat Danau Rzhevka Tersebut. Rzhevka sendiri merupakan Sebuah Tempat Pelatihan Militer dan Uji Coba Kendaraan-Kendaraan Robotik Prototipe ini.


Seperti yang Bisa Anda Lihat Pada Gambar di atas ini. Semuanya adalah Tes Uji Coba.

Rencananya. Di Harapkan Kemampuaannya Seperti yang Bisa Kita Lihat Pada Cuplikan Video Youtube di Bawah ini.

Youtube Trailer

Setelah Beberapa Tahun Melihat Video di Atas. Ngga Butuh Waktu Lama Bagi Perusahaan Teknologi Militer Rusia Merealisasikan Proyek Tersebut. Kini, Pada Tahun 2016. Semua Angan-Angan dan Impian Pemerintah Rusia akhirnya Tersampaikan juga melalui Robot Tank Tanpa Awak. Ya Tentu saja, Kali ini memiliki Nama dengan Sebutan URAN-9.

TENTANG KEMAMPUAN URAN-9
Sepintas, kita Bertanya-tanya. Apa Gerangan sih Kemampuan URAN-9. Apakah Memiliki Kemampuan Seperti Pada Trailer Youtube diatas. Memang ada sedikit yg Berbeda dengan Video Youtube diatas ya. Yaitu Pada Bagian Penyimpanan Internal Rudal yang Tersembunyi dan Pada Bagian Roda.

Uran-9 Ternyata Menggunakan ‘Roda Rantai’. Mirip Seperti Tank Kecil. Iya, Sebagai Informasi kepada Anda. URAN-9 memiliki Bobot Tubuh sebesar 10 Ton. Wajar jika disebut sebagai Tank Tanpa Awak Kecil.

Selain itu, Fungsi Roda Rantai membantunya aktif di Lahan Lingkungan Permukaan Tanah yang Keras, Penuh Bebatuan, Mampu Melewati Padang Pasir, dan Tentu saja mampu Menerjang Bokade Kawat Duri dan Bara Api.

URAN-9 juga di Lengkapi Berbagai Teknologi CAM IR, Sensor NV Laser, Radio Komunikasi, dan Alat Deteksi Lainnya. Sehingga Kemampuan ini merancang dirinya juga bertindak sebagai Pengintaian Jarak Jauh.

PERSENJATAAN

URAN-9 di Ciptakan oleh Perusahaan Teknologi Militer ROSTEC milik BUMN Pemerintahan Rusia. Untuk Persenjataan. URAN-9 memang diciptakan untuk unit Kontra Terorisme dan Pendukung Tembakan Bagi Pasukan Darat Rusia.

Tetapi, URAN-9 Ngga di Perbolehkan untuk Bertugas secara Mandiri. Ia juga mesti didukung dengan Kelompok Tempur. Seperti Grup Tentara, Tank, Artileri, Helikopter, dan Pesawat Tempur.

Persenjataan URAN-9 Meliputi 3 Unit Senjata. Yaitu :

- 1 Senapan Mesin Koaksial Ukuran 7.62 mm (1 Menit Mampu Menembak 350 Peluru).

- 1 Meriam Penghancur Tembok atau Benteng. (Jenis Meriam : 30 mm 2A72 Autocannon ABM M30-M3).

- Dan Yang Terakhir adalah 4 Unit Tabung Rudal yang Dapat di Posisikan Naik dan Turun. Rudal yang Bisa di Install adalah 9M120 ATAKA-V yang Mampu Menembak Tank Musuh dari Jarak 6 Km. Atau juga Bisa di Install Rudal IGLA, STRELA, atau 9R333 VERBA yang mampu Menembak Pesawat yang Sedang Terbang Rendah atau Mampu menangkis Rudal Musuh dari Jarak Ketinggian 3.500 meter (3,5 Km).



PASAR INTERNASIONAL
Di Lansir dari Dailymail.com (25/3/2016). Pemerintahan Rusia dikabarkan Berniat untuk menjual ‘TANK KECIL’ ini Ke Pasar Internasional. Belum ada Informasi mendetail berapa harganya.

Boris Simakin dari Departemen Perencanaan Rosoboronexport Rusia mengatakan : “Pengembang kami memiliki Seluruh Kemampuan dan Kompetensi yang dibutuhkan untuk membuat robotika Militer Modern yang akan memenuhi Permintaan Pasar Internasional.

Dari Kutipan ini. Bisa di Ambil Kesimpulan : Memang Robot ini dibuat untuk di Perjualbelikan. Nah, Bagaimana dengan Pemerintahan Indonesia. Apakah Berminat Memilikinya. He he…

Semoga Bermanfaat ya.

Artikel Lainnya :

Youtube Trailer

GBU