Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Selang Regulator Gas Baru Beli ke Tabung dan Kompor Lama (2016)

Beberapa Hari ini, Afrid menemukan Berbagai Macam Masalah Pada “Kompor Gas”. Padahal 2 Tahun yg Lalu Ketika dan Sebelum Pertama Kali Membeli Kompor Tersebut ngga Pernah Mengalami Masalah Apapun. Semua Lancar-Lancar aja dan ngga ada yg perlu di Permasalahkan.

2 Tahun Berlalu, Mulai Banyak Masalah yg Datang. Seperti Karet Pengaman yg Sering Longgar, Indikator Meteran ngga bekerja, Switch On/Off yg biasanya bisa Berputar 180 Derajat Kini Menjadi Makin Sulit di Putar Hanya 90 Derajat saja. Dan Regulator juga makin Sulit di atur Karena Kompor ngga pengen menyala lagi mesti di Pukul Pukul dibagian atasnya ya atau Switch On/Off mesti di Putar dan Cabut Masuk Keluar.

SOLUSI SIMPLE : MENGGANTI SELANG REGULATOR
Sempat Bertanya ke Pemilik Toko Penjual Gas. Saran Beliau Kalau Regulator udah makin Sulit mesti di Pukul-Pukul atau Jika Meteran ngga Jalan alias Error. Maka Saran beliau adalah Segera Mengganti Selang Regulator yg Lama dengan membeli Selang Regulator yg Baru.

Dalam Hati Saya Berkata : Hem…? Memang Benar juga ya. Karena Regulator milik Keluarga Kami Telah Termakan Waktu. Alias, Usianya udah Tua Melebihi 2 Tahun, memang udah waktunya segera di Ganti dengan Suku Cadang yg Baru.  

Alhasil Saya Pun Besoknya Bergegas Membeli Suku Cadang Regulator yg Baru di Toko Indomaret. Harganya agak lupa, Sekitar Rp 135.000 Kalau ngga salah sih, Lupa saya.

Foto : Kenmaster yg saya beli di Indomaret
Di Bawah ini adalah Tutorial Cara Mengganti Selang Regulator + Di Lengkapi dengan Gambar.

TUTORIAL BERGAMBAR :  
Di Indonesia ada Sekitar 10 Merk Regulator Gas, Mulai dari Miyako RMS106M, Quantum QRL032, Destec COM 201-M, StarCam SC-23M, Kopana Pertamina, Kenmaster, FADRegulator, Winn Tekva W28, dan Merk NIS.

Afrid memilih Membeli Merk KENMASTER di Indomaret karena pengaturannya mudah tanpa perlu memakai obeng cukup diputar aja.

Sebelum membeli Regulator Pastikan Segelnya Masih Baik dan Logo Merk Berlambang SNI. Jika Teman-Teman udah membelinya tinggal di Pasang aja dengan cara yg sangat mudah. Selain itu Aplikasi KENMASTER Bisa untuk Semua jenis Tabung 12 Kg dan 3 Kg.

LANGKAH #1  
Mencopot Selang Lama dari Pipa Besi yg ada di Kompor.


Foto : Selang dan Regulator Tua yg Berhasil di Lepas


LANGKAH # 2  
Menghubungkan Regulator yg Baru ke Pipa Besi atau Lubang Outlet. Sebelumnya Kita Memasukkan Klem Terlebih Dahulu (Kunci Seperti Mur Pengaman). Pastikan Memasang Selang ke Arah yg Dalam. dan Menguncinya dengan Klem secara Kuat agar ngga Terjadi Kebocoran.


Langkah Poin #2 ini membutuhkan orang yg kuat ya agar ngga terjadi Kebocoran gas. Pastikan Cek Secara Berulang-ulang agar Selang ke Pipa Regulator Telah Terpasang Erat & Kuat, Ngga Mudah Tertarik dan Ngga Longgar. Kesalahan Pada Poin #2 Bisa Menyebabkan Ledakan.


LANGKAH # 3 : Selesai  
Saat Pemasangan. Pastikan Berada di Ruangan yg Terhampar Udara yg Luas dan ngga berada di dekat Sumber Api. Pastikan juga Selang ngga dalam Keadaan Tertindih atau Tertekuk.

Jika Proses sudah Selesai. Maka Tinggal Kita Memasangnya Kembali ke Tabung Gas. Maka Api di Pastikan Kembali Menyala dan Indikator Meter akan Kembali Sempurna.

Foto : Sudah Selesai
Foto : Tips Keamanan dari Pertamina

BERBAGAI MACAM PERMASALAHAN KOMPOR GAS
1]. Karet Longgar, Berbunyi, Berbau Gas, atau Berdesis.

Solusi : Karet ngga menutup dengan Sempurna. Gantilah Karet Berkali-kali dengan yg Baru Sampai Gas ngga Lagi Berdesis mengeluarkan Bunyi. 

2]. Selang Regulator udah Masuk Sempurna Tapi Indikator Meteran ngga Jalan.

Solusi : Minta Ganti Tabung Gas yg Baru ke Penjual. Hal ini Karena Lubang di Tabung Gas Terlalu Dalam.

3]. Kunci Switch On/Off. Sulit di Putar ke Arah 180 Derajat dan Indikator meter ngga Jalan masih di titik 0 Tertahan.

Solusi : Berarti Karetnya Terlalu Besar Sehingga Tertahan. Potong Karet dengan Pisau agar Tipis. Tapi Potongnya Tipis Tipis aja.

4]. Api Ngga Keluar, Sering Error, Sering di Pukul-Pukul, Indikator Meteran Error ngga Jalan Semana Mestinya.  

Solusi : Jika Memasuki Masalah ini dan Sering di Pukul-Pukul Apalagi Jika Regulator udah memasuki usia tua. Ada baiknya mulai membeli Suku Cadang yg Baru. Bisa sih Bisa di Perbaikin untuk orang yg ahli. Tapi kalau salah-salah bisa berbahaya. Jadinya ya beli yg baru aja biar aman.


- Menyambung Regulator
1]. Pastikan alat Pemutar mengarah ke bawah. Letakkan Regulator pada Katub Silinder
2]. Putarlah alat Pemutar Searah Jarum Jam Sehingga Mengarah ke kiri (Posisi OFF)

- Menghidupkan dan Mematikan Gas
1]. Putarlah alat pemutar searah jarum jam sehingga mengarah ke atas (Posisi ON) sekarang katub silinder dalam keadaan terbuka dan gas dalam keadaan hidup.
2]. Untuk Mematikan gas, Putarlah alat pemutar ke arah berlawan jarum jam sehingga posisi mengarah ke kiri (Posisi OFF)

- Mencabut Regulator
1]. Pastikan Posisi mengarah ke kiri (Posisi OFF) lalu putarlah alat pemutar ke arah berlawanan jarum jam sehingga posisi mengarah ke bawah.
2]. Regulator dapat diangkat dari katub silinder
3]. Letakkan Penutup Plastik pada katub silinder

Artikel Lainnya :

NB : *Terima Kasih Kepada Bapak Penjual Gas di Depan Obelix di Palangkaraya yg Telah Memberikan Solusi Penyelesaian Masalah ini kepada Keluarga Kami. Terima Kasih ya Pak. Saya Berdoa agar Tuhan Selalu Menjaga Kesehatanmu ya Pak. Amin

Semoga bermanfaat. GBU