Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tor Perisai Udara Jarak Dekat Rusia (2016)

Banyak Orang Mengetahui Jika Negara Rusia Telah Lama Memiliki Senjata Canggih Perisai Udara. Seperti S-200S-300 dan S-400.

Kategori Senjata ini Terkenal Menakutkan Bagi Lawan-Lawannya. Karena Ampuh mempertahankan Ruang udara dari Jarak Jauh hingga 200 Km – 400 Km.

Di Indonesia. Banyak Orang Populer Mengenal Senjata Seperti IRON DOME yg di miliki oleh Israel. Mengingat Ketika Peristiwa Perang GAZA Palestina VS Israel. Pada Tahun 2014 yg Lalu. Senjata-Senjata Roket dari Pejuang Hamas di Patahkan oleh Iron Dome.

Walaupun, memang sebagian Roket ada yg Tembus menerobos ke Wilayah Israel. Tetapi Nama Erat IRON DOME menjadi sangat melekat di benak banyak orang di Indonesia.

Kemudian Muncullah Banyak Pertanyaan di benak masyarakat awam. Apakah Rusia juga memiliki IRON DOME. Yang dapat mematahkan Serangan udara Jarak Dekat Tersebut Seperti yg di Miliki oleh Israel.

TOR SALAH SATU IRON DOME CANGGIH MILIK RUSIA
Foto : Tor Rusia
Bagi Anggota TNI (ABRI, BRIMOB, KEPOLISIAN, dll). Sistem Perisai Udara Jarak Dekat Rusia sudah diketahui sejak lama. Kita sebut aja ya, ARCHER, BUK, PANTSHIR, IGLATUNGUSKA, BMPT TERMINATOR, dan TOR.

Bisa di Katakan. Rusia adalah Pemimpin Teknologi Perisai Udara Sejak Zaman Dulu Kala. Baik itu, Perisai Jarak Dekat atau Jarak Jauh. Bahkan Sampai Saat ini, Rusia Tetap Pemimpin Utama dalam Teknologi Perisai Udara ini

Foto : Iron Dome Israel
IRON DOME milik Israel sebenarnya bukanlah apa-apa bagi Rusia.

Salah Satu Perisai Udara Jarak Dekat Tercanggih Milik Rusia adalah TOR.

KEHEBATAN TOR M2
TOR M2 Merupakan Varian Terbaru Perisai Jarak Dekat Rusia Sejak Tahun 2012. Sistem ini mampu menembak Pesawat Tempur, Helikopter, Pesawat Drone, Rudal, Amunisi Artileri, Roket, Rudal Jelajah, Rudal Balistik yg Terbang Rendah di Ketinggian Jarak 10 Km atau yg Berada di Areal Jarak Datar Sekitar 16 Km.

Tak Hanya Menyasar Sasaran Udara. TOR juga Termasuk Kategori Pembunuh Darat.

TOR M2 mampu menghancurkan Tank, Truck, Benteng, Tentara, Infrastuktur Musuh, dll dari Jarak 16 Km. Baik Target yg Bergerak atau Tak Bergerak.

1 Unit Tank TOR M2 mampu membawa hingga 16 Rudal. Di Luncurkan Secara VLS (Vertikal). Tiap Tembakan Rudal Telah Terprogram Secara Self Propelled via Komputerisasi. Ketika Meluncur Rudal Tetap Terhubung via Antena untuk memberikan Informasi Data Tembakkan.


Untuk Menembak Jatuh Pesawat Drone Musuh atau Rudal Musuh yang berada di Jarak 16 Km.

TOR M2 hanya membutuhkan waktu Reaksi 16 detik untuk menghancurkannya.  

TOR M2 juga memiliki Radar Pendeteksi yg mampu mengendus musuh hingga Jarak 25 Km.

1 Unit Tank TOR M2 memiliki Berat 34 Ton. Ia di Awaki oleh 3 Tentara yg Bersembunyi di dalam Kubah Perlindungannya. Termasuk Rudal-Rudal ini juga Bersembunyi di dalam Kubah Kebal NBC dan Kebal Terhadap Senapan Ringan atau Pecahan Shell Artileri.   

TOR M2 Mampu Beroperasi di Medan Berat, Melewati Parit, Menanjak Bukit, Baik Hujan, Siang maupun Malam.

Artikel Lainnya :

CHINA, IKUT MENYALIN
Melihat Spesifikasi Kehebatan TOR milik Rusia. Pada Tahun 1996. China Melalui Perjanjiaan Kerjsama dengan Rusia. Pernah mencoba menyalin Versi TOR untuk digabungkan dengan Elektronik Array Scan Radar, Modernisasi Elektronik dan Datalink ke Sistem China yg Lainnya.

Sehingga Terciptalah HONGQI HQ-17.


HQ-17 milik China di Ciptakan Berdasarkan TOR-M1 Versi Lawas.

Rusia Saat ini (Tahun 2016). Telah Memulai Menggunakan TOR jenis Varian Terbaru. Yaitu Generasi TOR M1-2U (TOR-M2). Rusia Mengoperasikan sebanyak 172 Unit untuk Dinas di Angkatan Bersenjata Pemerintahan Rusia. 


1 Unit TOR memiliki Harga Sekitar $ 25.000.000 (atau sekitar Rp 332 Miliar Rupiah Per Unit).

Youtube Trailer TOR


Semoga Bermanfaat ya. Terima Kasih. GBU