Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Type 90B : Alustista Senjata Roket MLRS Terbaru TNI Indonesia (2016)

Foto : Type 90B

Kemajuan Teknologi Persenjataan Berkembang dengan Cepat. Siapa yg Tertinggal. Pasti akan Kalah di Medan Pertempuran, Hal ini Dapat Mengancam & Menyebabkan Keadaan yg Sangat Berbahaya Bagi Keamanan Seluruh Rakyat dan Kedaulatan Sebuah Negara.

Apalagi dalam Konteks Suatu Wilayah Batas Perbatasan.

Hal ini Ternyata Sudah di Ketahui oleh Brigadir Jenderal TNI. Yudi Satriyono S.H. Teknologi Militer Angkatan Darat Sekarang udah ngga Lagi Hanya dalam Bentuk ‘Artileri’ dan ‘Meriam’ saja ya.

Tapi Sekarang udah Berkembang Menjadi Sesuatu yg Lebih Kompleks nan Canggih yaitu Ancaman Roket dan Ancaman Rudal.

TNI Selalu Berupaya Memperbaharui Diri, Menjaga Keutuhan NKRI dan Kewibawaan Bangsa. Berupaya mewujudkan modernisasi Alustista menjadi WORLD CLASS GUNNER. 

TNI Berupaya mewujudkan Satuan Roket. Semoga juga ke Depannya dapat Mewujudkan Satuan unit Rudal.

TYPE 90B :
Kabar Terbaru Pada Akhir Penutupan Tahun 2016. TNI Angkatan Laut dikabarkan Telah Menerima 4 Unit Sistem Roket Type 90B MLRS dari Perusahaan Teknologi Militer NORINCO (Norinco adalah Perusahaan Plat Merah BUMN 100% Saham milik Pemerintah China).

Pembeliaan TYPE 90B Telah di Langsungkan Pada Tahun 2015 yg Lalu. Dan Telah di Serahkan Pada Akhir Tahun 2016 ke Indonesia.

Di Lansir dari Laporan Situs Janes.com : Pemerintah Indonesia dikabarkan belum Turut membeli Bagian Computer mini HJ-1 dari NORINCO.

Padahal Computer ini merupakan bagian Sistem salah satu yg penting untuk mengendalikan Tembakan TYPE 90B agar Tepat mengenai Sasaran Target. 

Kekurangan Computer Tersebut. Dapat Menyebabkan Operator Tentara dalam Proses Penembakan Melakukan Secara Manual. Yang Artinya Peluncuran Roket Bisa Saja Mengalami Kesalahan dan Kegagalan mengenai Target. 

Kemampuan TYPE 90B :
Foto : Type 90B

Pihak Perusahaan NORINCO mengklaim Type 90B Jauh Lebih Unggul dan Lebih Lengkap Ketimbang Versi Terdahulunya Yaitu dari Type 90A.

Peluncur TYPE 90B Menggunakan Truck 6x6 Tiema SC2030. Tetapi juga sebenarnya ya dapat menggunakan Truck Model Lain. Seperti Truck Mercedes Bench, Beifang Bench, Mitsubishi, Tiema, dll.  [Tergantung Pemesan Pengen Memakai yg Apa. Tetapi Pilihan Norinco China adalah Truck Tiema SC2030]

Ada 4 Baris 10 Tabung yg dapat di Pasangi Roket berukuran 122 mm. Peluncuran Roket dapat di Tembakkan Satu per satu atau Secara Salvo Bersamaan dengan Kecepatan Tembak Salvo 0,5 detik.

MLRS TYPE 90B dapat menembak Target musuh hingga radius 40 Km 50 Km. Apabila diinstal Menggunakan Roket Buatan China Berjenis SR5 Fire Dragon BRE7.

Foto : Fire Dragon Rocket
Sayangnya. Lagi-Lagi. Situs Janes.com mengkonfirmasikan di kabarkan belum di Ketahui Laporan Pemerintah Indonesia juga Turut membeli Roket untuk TYPE 90B Tersebut. Kemungkinan besar memang ngga di beli.

Kuat Dugaan. Roket-Roket untuk TYPE 90B menggunakan Produksi Lokal dari R-Han 122.

Foto : R-Han 122
Uniknya, Ukuran TYPE 90B Ternyata Kompatibel Dengan Roket R-Han 122 mm Buatan Karya Anak Bangsa dari PT PINDAD, PT DIRGANTARA INDONESIA, PT Krakatau Steel, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ITB, UGM, ITS, Universitas Ahmad Dahlan, BALITBANG, dan Universitas Suryadharma.

Sayangnya, Karena Informasi ini masih Baru. Sehingga masih belum banyak Laporan yg dapat diinformasikan kepada Anda. Kita Tunggu saja kabar ini selanjutnya ya. banyak orang di Indonesia berharap R-han 122 mm menjadi kandidat Utama Roket-Roket untuk TYPE 90B Karena memang buatan Lokal jadi bisa di Produksi sendiri tanpa tergantung lagi kepada pihak asing.

Artikel Lainnya :

TOTAL ARMADA PELUNCUR ROKET MLRS di INDONESIA
Astros+II+Mk+6-2.jpg (660×551)
Foto : ASTROS
Pada Akhir Penutupan Tahun 2016. Dengan Kedatangan 4 Unit TYPE 90B terbaru dari China.

Secara Otomatis. Armada Alustista MLRS yg dimiliki oleh Pemerintah Indonesia Menjadi Total Sebanyak 90 Unit Peluncur Roket. Yang Terdiri dari ASTROS, RM70 VAMPIRE, GRAD dan TYPE 90B.  

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU