Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemampuan Roket Astros TNI Indonesia (2017)


Sejak Tahun 2014. Republik Indonesia telah memilik Kendaraan Peluncur Roket ASTROS. Apa saja kemampuannya. Yuk Mari kita simak dengan Seksama

Kolonel Amr Rico Ricardo Sirait 

Alustista yang kita miliki saat ini adalah Roket MLRS Astros buatan Brazil. jadi sejak tahun 2014 yang lalu kita sudah mengawaki alustista paling modern saat ini di angkatan darat. yang langsung diberikan oleh negara kepada satuan ini untuk melaksanakan tugas pokoknya.

karena kita mengawaki alustista yang modern. jadi kebutuhan personil yang mengawaki juga harus memenuhi standar tertentu. khususnya mereka harus memiliki kemampuan bahasa inggris, kemampuan mengoperasikan computer.

kemudian memiliki fisik yang prima.

karakter prajurit ajusta adalah prajurit yang selalu berlatih, selalu membina fisik, memiliki tingkat displin yang tinggi, dalam rangka latihan menembak ini kita juga telah menyiapkan personil-personil, kita dalam membina fisik mereka, lari, renang, termasuk menembak, supaya pada saat pelaksaan melatihan menembak senjata berat mereka fisiknya siap tampil. dan bisa memberikan kualitas yang terbaik.

dalam rangka mendapatkan kemampuan yang optimal, kalau standarnya kita menggunakan helm dan senjata untuk renang militer,

kita memberikan beban tambahan dengan harapan mereka sudah terbiasa dengan beban yang lebih berat pada saat melaksanakan renang militer.

ini juga menjadi prinsip dalam satuan-satuan artileri medan lainnya karena kita mengawaki senjata yang lebih berat

selain kita menyiapkan personilnya kita juga menyediakan materialnya. semua alustista yang kita gunakan harus dalam kondisi siap operasional

untuk latihan menembak kita ada 1 kali dalam setahun. yang dilakukan setiap akhir dari program latihan standarlisasi yang ujungnya adalah untuk melatih kemampuan prajurit dalam mengawaki alustista khususnya sekarang kita miliki adalah Roket Astros sehingga mampu memberikan bantuan tembakan

Kapten Arm Ahya Kholiquddin

Astros memiliki 7 kendaraan yang pertama kendaraan AV-VCC. selanjutnya ada AV-PCC. ada kendaraan yang namanya Launcher atau kendaraan peluncur roket. selanjutnya kendaraan yang keempat AV-RMD.

kemudian ada namanya kendaraan AV-RMD. kemudian ada namanya kendaraan AV-UCF, kemudian yang berikutnya ada kendaraan bengkel.

yang tak kalah penting adalah kendaraan meteorologi atau AV-METEO.


Tahapan awal kegiatan penembakan diawali dengan kendaraan AV METEORLOGI mencari data meteo dengan menerbangkan balon meteorologi yang membawa radio sonde. 

selanjutnya data meteorologi digunakan untuk perhitungan kalkulasi yang ada dikendaraan untuk menghitung fire penembakan. setelah data didapat. 

data tersebut akan dikirimkan ke kendaraan UCF atau kendaraan Radar dimana radar ini akan mengirimkan data tembak yang sudah jadi ke kendaraan launcher atau peluncur.

selanjutnya kendaraan peluncur ini akan menerima atau dibantu oleh kendaraan RMD untuk menaikkan kontainer amunisi yang jumlahnya satu kendaraan launcher memiliki 4 kontainer amunisi. sehingga butuh kendaraan RMD untuk memindahkan kontainer tersebut dari kendaraan RMD sendiri menuju ke kendaraan untuk ditembakkan

Kolonel Arm Agus Hadi

Bahwa roket alustista yang kita miliki ini merupakan satu jenis MLRS (Multi Launcher Rocket System).

salah satu keistimewaan alustista kita ini adalah memiliki kemampuan saturasi sesuai dengan namanya ASTROS Artileri saturation rocket system memiliki efek collateral damage yang cukup luas dan memiliki daya ledak cukup besar

serta jangkauan jarak capai atau jarak tempuh meriam ini cukup jauh


Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU