Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi penghasilan anda berisiko satu atau beberapa situs anda tidak memiliki file ads.txt (2019)


Bagi pemilik akun Google Adsense. Pada halaman beranda tertera notifikasi tentang file ads.txt. Sebenarnya apakah maksud dari pesan tersebut ya…?

Bagi teman-teman yang belum tahu.

Ads.txt merupakan kepanjangan dari Authorized Digital Sellers. Yang berarti inisiatif IAB (Interactive Advertising Bureau) membantu memastikan bahwa inventaris iklan digital anda dijual melalui penjual resmi untuk mencegah penjualan kepada pihak palsu demi melindungi pihak pengiklan yang beriklan di situs anda.

Pada tanggal 22 Mei 2018. Terdapat syarat & peraturan baru berlaku di Google Adsense.

Salah satunya yaitu tentang adanya larangan membagi-bagikan gaji penghasilan kepada pihak ke tiga yang belum mendapat otoritas persetujuaan resmi secara langsung dari tim Google.   

Contoh : Kita memiliki website atau blog. Telah diterima menjadi keluarga besar publisher Adsense dan berhasil mendapatkan kode script Google Adsense.

Namun, membuka form pendaftaran bagi orang lain yang tak dikenal dan yang notabene tak mendapatkan restu dari Google. Untuk sebagai iming-iming bagi hasil dari gaji penghasilan Google berdasarkan kerjasama JV Adsense.

Dalam beberapa kasus tertentu. Google rupanya melarang hal ini.

Oleh sebab itu ads Authorized Digital Seller di terapkan demi mencegah kecurangan dan memastikan bahwa anda pihak resmi yang di review oleh tim Google secara manual dan otomatis pada pertama kalinya. Jadi bukan orang atau pihak web/blog palsu.  

Ini adalah langkah Google untuk melindungi pengiklan dan penerbit iklan. Sebab banyak kasus pelecehan, kecurangan, penyalahgunaan oleh pemilik web/blog palsu menggunakan ID penerbit pihak ke dua.


Cara mudah mengaktifkan Ads.txt di Blogger (Blogspot)

Ada 2 cara agar dapat mengaktifkan Ads.txt yaitu di Blogger dan Wordpress.

Nah, Artikel tutorial hari ini ditujukan hanya bagi kalangan pengguna blogger saja ya.


Caranya mudah banget kok :

1]. Login ke blogger

2]. Klik Setelan

3]. Klik Preferensi penelusuran

4]. Tujukan ke Perayap dan Pengindeksan. Lalu menuju ke Monetisasi

5]. Di bagian ads.txt kustom, klik edit

6]. Isi kolom tersebut dengan kode

 google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0.

Untuk warna merah, ganti dengan pub ID Adsense anda masing-masing.


Bagi teman-teman yang belum tahu nomor ID Adsense. Bisa anda dapatkan melalui dasbor beranda Google Adsense dengan cara seperti berikut ini.

1]. Login ke Google Adsense anda.

2]. Tuju ke bagian bawah dan klik Akun

3]. Klik informasi akun

4]. Nomor penayang anda, itu adalah ID Adsense.

Selesai.


Tutorial langkah mudah menyelesaikan permasalahan : Penghasilan anda berisiko, satu atau beberapa situs anda tidak memiliki file ads.txt. Perbaiki hal ini sekarang agar tidak berdampak buruk pada pendapatan anda.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU