Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita kelahiran machinegun Negev NG7 LMG Israel : 1 menit melontarkan 1050 peluru (2019)


Pada awal kemerdekaan berdirinya Israel di tahun 1948 dan beberapa dekade tahun mendatang setelahnya. Senapan machinegun menjadi salah satu senjata andalan mematikan dan kuat.

Salah satu senjata tersebut adalah FN MINIMI buatan Belgia (Uni Eropa) digunakan oleh tentara IDF (Israel Defense Force) dalam berbagai peperangan dimasa lalu. Khususnya di era tahun 70-an.

Fitur machinegun FN MINIMI memiliki kehandalan tersendiri untuk tujuan misi berbeda yang menantang. Tak seperti machinegun Browning buatan Amerika Serikat ukurannya begitu berat. Itu hanya sosok tubuh seperti Rambo dan Arnold Schwarzenegger saja yang dapat mengenggamnya.

Kurang etis rasanya menyanding FN MINIMI dan BROWNING karena memiliki kelas berbeda. Tapi inilah produk paling digunakan oleh Israel ketika itu. Sebagai informasi. Israel tak pernah membeli M249 SAW buatan Amerika Serikat. Lebih menyenangi FN MINIMI. 

FN Minimi berbentuk portable, ringan, ciri khasnya kapasitas menembak hingga ratusan sampai ribuan hamburan peluru per menit.

Israel tentu memandang bahwa senjata machinegun memiliki keunikan untuk memecahkan grup infanteri lawan.

Foto : FN MINIMI buatan Belgia digunakan oleh salah satu tentara IDF Israel
KELAHIRAN SENAPAN MACHINEGUN NEGEV NG7

Senjata FN MINIMI berjasa dalam melindungi negara Zionis Israel dari agresi keroyokan orang-orang Arab.

Pada era 80. Muncul inisiatif dari pemerintah Israel untuk menciptakan produk machinegun ala buatan lokal seperti FN MINIMI. (Versi lain bernama FN MAG)

Kementerian pertahanan Israel mengumpulan peneliti, ilmuwan dan insinyur anak-anak bangsa agar tergabung ke dalam plat merah BUMN IMI SYSTEMS dan ISRAEL WEAPON INDUSTRI. 

Rancangan awal dimulai terbentuk tahun 1985. Dinamakan sebagai NEGEV.


Foto : Pengembangan awal NEGEV di Israel
Shay, ilmuwan IWI mengatakan :

Kebutuhan ini muncul dari lapangan. Sahutnya.


Pada masa itu, senapan mesin NEGEV menderita banyak penyakit. Seperti recoil buruk, berasap pekat, getarannya membuat lengan tentara menjadi sakit, sering macet, arah tembakan tak menentu sering gagal mengenai target, desikan suara membengkakkan telinga, dan berbagai masalah lainnya seperti cocking, ratchet, panas, mudah aus, dll.

Namun lambat laun, melalui R & D, penggelontoran dana besar, dan berbagai macam upgrate model-model baru. Termasuk serangkaian ujicoba dan tes dilapangan. Hasilnya menunjjukkan tingkat memuaskan.

Senapan machinegun FN MINIMI terbukti kuat dan andal. Akhirnya pada tahun 1997. FN MINIMI memiliki pesaing yang dulunya menjad pengguna. Kini, NEGEV telah digunakan oleh pasukan IDF Israel menggantikan FN MINIMI / FN MAG.

Pada tahun 2010. Tim proyek NEGEV memulai proses pengembangan yang dipercepat dan pemuktahiran. Tujuannya adalah untuk menciptakan senapan mesin NEGEV yang lebih kuat sebagai senapan mesin serbu terbaik di dunia dengan meningkatkan berbagai kemampuan dan mencari titik kelemahan untuk diperbaiki.


Pada tahun 2012. 

Model terbaru NEGEV NG7 diluncurkan. 2 tahun kemudian NEGEV NG7 terlibat dalam perang GAZA dalam Operation Protective Edge berperang melawan Hamas.

Umpan balik dari kesaksian pengalaman pengguna tentara IDF menyatakan karakteristik kini menjadi lebih gesit, daya tembakkan jauh lebih kuat, lebih akurat dan sanggup merobohkan dinding-dinding tembok batu.   

Pasukan IDF tersebut mengatakan :

Senapan mesin Negev adalah satu satunya senapan mesin yang memungkinkan penembakan semi otomatis, yang bukan merupakan karakteristik dari konsep senapan mesin yang berlaku, tetapi memungkinkan penembak untuk fokus dan melumpuhkan targetnya secara akurat. Ini sangat cocok untuk skenario perang perkotaan, di mana teroris bersembunyi di antara penduduk sipil tanpa mengorbankannya. Sahutnya.


Ronen Hamudot mengatakan :

Israel Weapon Industri memberikan pasukan militer dan polisi di seluruh dunia dengan berbagai pilihan solusi persenjataan untuk berbagai tantangan dan misi di medan perang modern. Sahutnya.


Hampir 30 tahun berlalu sejak penelitian senjata NEGEV ini direalisasikan. 

Senjata NEGEV NG7 telah dijual ke puluhan negara di seluruh dunia. Termasuk Israel. Terbukti handal dalam pertempuran, battle prove, tembakan akurat dalam situasi penyergapan dan CQB Close Quarter Battle.

NEGEV NG7 beratnya kurang dari 8 kg. Dapat ditembakkan dari helikopter, mobil, tank, kapal dan boat.

Model produk : Negev NG7 LMG

Buatan : Israel Weapon Industri

Operasi : Open bolt, gas operated, rotating bolt

Tembakan : Otomatis dan semi otomatis

Jarak tembak : 1.200 meter ( 1,2 km )

Kaliber peluru : 7.62x51 mm

Berat : 7,6 kilogram ( belum termasuk peluru, magazine dan optik )

Youtube : Israel NEGEV NG7 LMG

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU