Lompat ke konten Lompat ke footer

Pertama kali. UEA (Uni Emirat Arab) investasi uang ke Israel senilai $ 10 miliar dolar atau sekitar Rp 142 triliun rupiah ( 2022 )

Hubungan baik antara Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel telah berkembang secara signifikan sejak penandatangan perjanjiaan perdamaian Abraham accords.   

Ini menandai normalisasi perdamaian ke 3 setelah Mesir di tahun 1979.

Yordania di tahun 1994 dan UEA di tahun 2020.

Selama 72 tahun. Negara zionis Israel di boikot atau di embargo oleh UEA dan negara Arab sekitarnya.

Namun, mulai tahun 2021 keadaan sudah berubah total. 

Sejak 2021. UEA menunggu dengan sabar untuk terus memperkuat hubungan diplomatis dengan Israel. Salah satunya di bidang investasi keuangan.

Kunjungan pertama kali presiden Israel Isaac Herzoq ke Uni Emirat Arab (UEA) di tahun 2022 merupakan hal yang dinanti nantikan oleh petinggi dan pejabat orang orang Arab.

Walaupun kehadiran presiden Israel ditandai dengan aksi penembakan rudal balistik ke arah kota UEA yang dilakukan oleh pelaku militer orang orang Syiah Houthi didukung oleh Iran.

Namun, semua aksi terror tersebut dapat dipatahkan oleh angkatan bersenjata UEA.  

Putra Mohamed bin Zayed secara resmi di tahun 2022. Dihadapan Isaac herzoq. Telah sah menandatangani pencairan pendanaan investasi modal senilai $ 10 miliar dollar atau sekitar Rp 142 triliun rupiah ( setara Rp 1.420.000 miliar rupiah).

Hal ini kemudian membuka akses ke website pasar saham modal di TASE Tel Aviv stock exchange dan terbukanya modal ventura di startup national Israel.

Israel keciprat pendanaan uang segar dalam jumlah besar dari UEA.

Normalisasi hubungan kedamaian merupakan jembatan ekonomi bagi Israel dan UEA.

Secara tak langsung membentuk sebuah hari esok baru yang cerah untuk ke 2 negara.

UEA menginvestasikan uang sebagai alat strategis demi mengeruk keuntungan komersial demi nasib masa depan yang cerah dari hasil deviden investasi mereka agar mampu lepas ketergantungan SDA minyak dan gas.

UEA hanya mencari cuan cuan cuan dari keuntungan investasi mereka di Israel.

UEA memilih jalur saham karena sesuai syariat Islam tentang sistem bagi hasil bisnis berkeadilan.

Sedangkan Israel memandang UEA sebagai mitra partner dalam peningkatan perusahaan zionis agar lebih kuat dari sebelumnya dan dapat mencekram dunia menggunakan produk yang berkeliaran ke seluruh penjuru dunia untuk menantang berbagai macam negara pesaingnya.

Youtube : Teknologi Israel

Herzoq, presiden Israel mengatakan :

Israel adalah negara di mana hambatan menjadi peluang bisnis. Di mana yang nampak tidak mungkin menjadi tantangan menggiurkan untuk dipecahkan. Israel telah menghadirkan teknologi air, pertanian canggih berkelanjutan, kesehatan, smart city dan solusi inovatif untuk peningkatan ekonomi. Sahutnya.  

Dana kekayaan negara sovereign wealth funds (SWF) Abu dhani investment authority (ADIA) dan Mubadala investment company. Menjadi jalur penting bagi UEA untuk terhubung ke perusahaan Israel.

Delegasi pemerintahan Israel mengutus Avi Hasson dalam memberikan masukan, konsultasi, bantuan ide pemikiran dan bimbingan arah dalam mencocokkan kebutuhan investasi yang sesuai untuk UEA. Terutama di saham dan startup di modal ventura.

Tujuannya agar mereka ( orang orang Arab UEA ) tak salah pilih emiten yang ada di Israel.

tetapi keputusan akhir mencet klik tombol buy dan sell tetap ditentukan oleh orang orang UEA itu sendiri.

Ittai ben zeev mengatakan :

Bursa saham sebagai rumah ekonomi Israel. Hari ini mencerminkan kesuksesan ekonomi Israel lebih tinggi dari sebelumnya secara signifikan. Sahutnya.


Tentang ekonomi Israel 2022

Israel adalah sebuah negara kecil di Timur Tengah. 

Berukuran luas wilayah hanya 4 x pulau Bali. 

Israel menempati posisi sebagai negara terkaya ke 15 di dunia berdasarkan dompet cadangan devisa ( forex reserves ).

Pada tanggal 22 desember 2022. Jumlah perusahaan di bursa efek tel aviv (TASE) berjumlah 540 perusahaan besar. 

53 diantaranya terdaftar di Amerika Serikat. (Nasdaq dan NYSE New York stock exchange).

Youtube : Teknologi Israel

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU