Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perusahaan senjata Israel Elbit System raup pendapatan kotor $ 5,2 miliar atau sekitar Rp 72 triliun rupiah naik 13% sepanjang tahun 2021 ( 2022 )

Perusahaan teknologi militer asal Israel kembali melaporkan pendapatan miliknya selama kurun waktu sepanjang tahun 2021 yang lalu. 

Data pencapaian ini mengalahkan perkiraan prediksi dari para analisis saham.

Untuk tahun 2021 secara total keseluruhan. 

Elbit System memiliki pendapatan kotor sebesar $ 5,2 miliar dolar atau sekitar Rp 72 triliun rupiah ( setara Rp 72.000 miliar rupiah ) dengan pendapatan bersih sebesar $ 450 juta dolar atau sekitar Rp 6,7 triliun rupiah. ( Setara Rp 6.700 miliar rupiah )

Foto : Senjata laser Iron Beam milik Elbit System. Samping kanan adalah perdana menteri Israel. Naftali bennett.

Penjualan ekspor senjata Elbit System dikonfirmasi secara langsung oleh kementerian pertahanan Israel. 

72% pemborong atau pembeli senjata buatan Elbit System berasal dari pihak asing internasional.

Sisanya untuk kebutuhan dalam negeri bagi keperluaan nasional tentara IDF. (Israel Defense Forces). 

Ekspor permintaan pembeliaan senjata asal Israel dari total persentase 72% diborong oleh 41% Uni Eropa + United Kingdom (Inggris), 34% Asia, 12% Amerika Serikat + Kanada, 3% kawasan Amerika Latin, 7% kawasan bangsa Arab di Timur Tengah dan 3% negara lain lainnya.  

Sejak adanya perjanjiaan damai kesepakatan Abraham Accords antara Israel dan ( Uni Emirat Arab + Bahrain ). Pelanggan Arab dari kawasan Timur Tengah yang dulunya menerapkan boikot, sangsi dan embargo kini telah berubah menjadi pemborong senjata buatan Israel hingga mencapai diangka 7%.  

Hingga detik ini, pemerintah Zionis Israel masih berusaha untuk merayu Arab Saudi dalam perjanjian damai untuk menjalin hubungan diplomatik. Sehingga diharapkan prioritas kemitraan dagang persenjataan semakin laris terjual meraup untung yang berlipat ganda apabila Arab Saudi menjadi pelanggan senjata Israel berikutnya.

Walaupun pendapatan kotor naik hingga 13%. Tetapi terjadi penurunan terhadap pendapatan bersih yang dipergunakan oleh para ilmuwan dan professor doktor di Elbit System untuk melakukan alih daya alokasi uang ke penelitian R&D.  

CEO Elbit System, Bezhalel machlis mengatakan : 

Hasil dari pendapatan tahun 2021 Elbit System adalah investasi signifikan yang telah kami lakukan selama beberapa tahun untuk menciptakan kemampuan teknologi terdepan di dunia dan memperkuat posisi kami di pasar pertahanan global melalui siklus pertumbuhan. Saya percaya bahwa Elbit System berada dalam posisi yang baik untuk mendapatkan keuntungan dari sektor pertahanan militer di seluruh dunia. Sahutnya. 

Di ranah ekonomi dan pertumbuhan bursa saham. 

Pendapatan kotor Elbit System naik 13% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Sedangkan harga saham perusahaan telah meningkat menjadi 65% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Investasi saham Elbit System terdaftar di TASE (Tel Aviv Stock Exchange) dan NASDAQ Amerika Serikat.

Elbit System merupakan perusahaan publik swasta dengan status level decacorn. Tergolong sebagai industri senjata terbesar #1 di Israel dan peringkat #30 di kancah internasional. (Naik 1 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya).

50% saham - dimiliki oleh orang orang investor internasional. 

50% saham - dimiliki, dikuasai dan dipegang oleh pemerintah Zionis Israel. 

Elbit System memiliki 22.500 karyawan. Kantor pusat berada di Israel dengan cabang rantai pasokan pabrik berada di Amerika Serikat, Uni Eropa, United Kingdom (Inggris), Brazil, Australia dan Kanada. 

Elbit System memproduksi pesawat tempur tanpa awak drone, teknologi elektronik, data link, sistem komunikasi, radio militer, control commando, C4ISR, pengawasan intelijen, turret tank kendaraan lapis baja, kapal perang tanpa awak, electronic weapon, komputer militer, artileri, sensor bawah laut, mortal, helm tempur, sistem penglihatan, avionic, cyber, simulator, amunisi, sistem pengacau, senapan mesin RCWS, laser, robot UGV, kokpit pesawat, sistem kecerdasan buatan (AI), teknologi ML/DL, rudal dan bom.

Elbit System memiliki motto : 'Next is Now'.

4 inovasi Elbit System ke generasi selanjutnya : 

1]. Menciptakan senjata laser

Bekerjasama dengan perusahaan BUMN Rafael Advanced Defense System. 

Elbit System turut mendapatkan bagian dari pengadaan kontrak pemerintah Israel untuk menciptakan pengembangan senjata laser Iron Beam. Sebuah senjata berkecepatan cahaya yang mampu menembak jatuh drone, rudal, roket dan objek bermusuhan lainnya di udara.

2]. Terus melakukan akuisisi atau pencaplokan perusahaan militer asing.

Untuk memperbesar kapasitas perusahaan. Manajemen Elbit System terus menerus melakukan evaluasi secara hati hati terhadap daftar perusahaan senjata asing lainnya untuk dilakukan akuisisi atau pencaplokan yang kemudian di tutup secara permanen. 

Pada umumnya, target perusahaan asing yang disasar meliputi kawasan Amerika Serikat. Namun, sebagian besar pencaplokan yang dilakukan oleh Elbit System selama ini juga berasal dari dalam negeri. Terutama untuk pemain perusahaan senjata yang memiliki kapasitas kas keuangan kecil dibandingkan dengan Elbit. 

3]. Memperluas wilayah kantor pusat di Israel seluas 13.000 hektar 

Pemindahan pabrik perusahaan Elbit System ke padang pasir Negev adalah bagian dari keputusan bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah Israel sejak 2015 sebagai lambang proyek strategis nasional untuk membantu pencapaian visi dari teknologi masa depan pertahanan Israel.

Perencanaan dan pembangunan termasuk sistem pusat penelitian, manufaktur canggih, laboratorium senjata, pemprosesan produksi, penyimpanan, pengujian senjata, lokasi uji penembakan tank merkava, area ujicoba bom, rekayasa, ruang kantor karyawan, infrastruktur gudang otomatis modern, dan gedung kantor konsep operasi lainnya.  

Lokasi lama segera dikosongkan dalam tiga tahap. Mulai dari penghancuran hingga pembersihan sterilisasi dari kombinasi limbah zat berbahaya. Kemudian dibangun 34.000 rumah hunian penduduk dan apartemen baru bagi warga sipil dan tentu saja ruang terbuka pepohonan hijau.

Pemerintah Israel memberikan secara gratis lahan seluas 13.000 hektar untuk Elbit System di area kawasan padang pasir Negev sebagai lokasi markas baru. Mengingat di tempat lama sudah tak lagi layak untuk menampung ukuran Elbit System yang terus makin membesar. 

Di tempat baru yang gersang dan tandus ini menjadi pusat source code dan teknologi inti Elbit System.

Semua ilmu pengetahuan dan teknologi inti persenjataan Elbit System berada di kawasan markas baru ini. Sedangkan negara lain yang menjadi cabang pabrik dapat mengirimkan rantai pasokan mulai dari bahan baku, bahan setengah jadi dan suku cadang senjata lainnya untuk diintegrasikan.. 

Landasan pabrik baru Elbit System mengekspresikan pandangan kepada dunia dalam peningkatan teknologi IDF dan industri pertahanan Israel menjadi lebih akurat, kuat dan makin mematikan. 

Negara lain yang menjadi cabang pabrik pemasok ke Elbit System. Tak diizinkan untuk memegang inti teknologi militer milik Elbit. 

Negara lain hanya sekedar proses cabang manufaktur biasa saja sebagai pabrikan pengolahan bahan baku. 

4]. Terus memperkuat sektor teknologi elektronik digital network 

Sistem elektronik digital jaringan militer milik Elbit System secara luas telah digunakan diberbagai macam portofolio. Mulai dari pesawat tempur, kapal perang, tank, kendaraan lapis baja, drone, helikopter bahkan hingga ke segala macam avionik dan kokpit untuk penggunaan pesawat sipil komersial yang digunakan oleh jutaan orang orang di seluruh penjuru dunia sebagai transportasi udara. 

Generasi berikutnya yaitu terus memperkuat sektor elektronik digital terutama untuk memperbaharui segala macam sistem pada Tank Merkava dan memperluas produk digital dalam meladeni perang masa depan. Seperti senapan pembidik musuh, memperbaiki kualitas sistem robotika autonom, cyber C4I, smart navigasi, AI, peningkatan kamera elektro optik, dan eksperimen pengaturan penggunaan waktu nyata yang terhubung ke pusat control commando dalam merepresentasikan skenario peperangan offline menjadi serba virtual di layar screen komputer. 

Perusahaan Elbit System didirikan pertama kali di padang pasir Israel. 

Terlahir di laga medan perang, hidup untuk berperang, dikelilingi oleh lingkungan peperangan yang berantakan dan senjata miliknya teruji battle proven di peperangan nyata. Terlatih berdasarkan pengalaman waktu perang dan selalu siap untuk berperang. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.