Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 kelemahan platform CMS blogger milik Alphabet ( Induk Google ) ( 2022 )

Blogger didirikan pada tahun 1992. 

Ini merupakan salah satu layanan fasilitas CMS dimana mengarahkan ke server cloud computing milik Google. Sebuah produk integrasi dari anak perusahaan Alphabet inc yang berkantor pusat di Amerika Serikat. 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Blogger. Mulai dari kemudahan membantu anda dapat hadir di internet dengan cara mudah bahkan tanpa teman teman harus mengerti 99% kode pemprograman yang rumit.

Semua orang dari bocil hingga kakek nenek dapat memulai ngeblog di blogger hanya dengan semudah 1 2 3. 

Dibalik segala keunggulannya. Produk blogger tetap memiliki kelemahan. 

Apa saja.

Yuk mari kita semok. 

1]. Blogger kurang laris di pasar internasional. 

Sebagai perbandingan jumlah pengguna aktif blogger di tahun 2020 secara terus menerus menurun.

Kini hanya ada 459.570 ribu saja pengguna aktif blogger di seluruh dunia.

Sebanyak 75.967 blog blogger atau disebut juga blogspot telah mengalihkan domain ke versi premium berbayar menggunakan custom domain seperti com, id, net, dll. 

Menandakan bahwa platform blogger digunakan oleh 0,9% orang saja.

Jika anda bandingkan dengan CMS wix buatan Israel memiliki kurang lebih 5.000.000 juta aktif.

Sedangkan CMS Wordpress asal Amerika Serikat memiliki statistik menunjjukkan jumlah pengguna sekitar kurang lebih 32.000.000 juta aktif atau menguasai hingga 43% pangsa pasar penulisan konten artikel, berita dan web bisnis lainnya.

Fakta yang mesti diketahui bagi pemula di dunia blogging yaitu bahwa platform blogger milik Alphabet (induk Google) kurang laris di pasaran internasional. 

Content management system Wordpress membuktikan diri sebagai raja pasar website di dunia sejak tahun 2003 hingga detik ini. 

2]. Kapasitas data gratis antara 15 sampai 18 gigabyte. 

CMS Blogger milik Google memang gratis untuk anda gunakan. 

Namun gratis tak sepenuhnya gratis. 

Tetap ada beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi. 

Apabila kuota data blogger melebihi kapasitas batas antara 15 atau 18 GB telah tercapai. 

Maka akun blogger anda dikunci secara otomatis, muncul email pemberitahuaan dan popup tagihan pembayaran lanjutan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan data. 

Google secara otomatis menagih pembayaran langsung ke akun blogger anda. 

Apabila pembayaran tak dilakukan. Maka aktivitas blogger terkunci.

Ukuran penyimpanan data di blogger sesungguhnya dapat diakali agar muat sampai bertahun tahun dengan cara mengurangi resolusi foto, gambar dan tak melakukan spam copypaste.

Harga awal dikenakan sebesar Rp 26.900 ribu rupiah perbulan atau Rp 269.000 ribu rupiah pertahun untuk penyimpanan data di mulai dari 15 GB - 100 GB.

3]. Sistem banned dan kepemilikan data menjadi hak mutlak milik Google yang tak dapat diganggu gugat.

Bagi anda yang menulis atau melakukan aktivitas blogging di blogger. 

Maka diwajibkan untuk mengikuti syarat yang telah ditentukan yaitu 100% kepemilikan data milik anda dimonitor, diawasi dan menjadi hak milik Google. 

Ini merupakan kelemahan fatal dari blogger. 

Oleh sebab itu mengapa banyak orang orang memilih ke CMS Wordpress untuk melindungi privasi data mereka secara lebih bebas terhindar dari pengawasan Google. 

Apabila tim pihak Google tak setuju terhadap konten artikel atau data anda. 

Maka Google dapat mengunci, memblokir dan membanned akun blogger anda secara permanen.

Jika konten artikel anda tak melanggar aturan dari pihak Google. Seperti perdagangan narkoba, perdagangan senjata ilegal, artikel yang berisi hal hal menyinggung terkait agama, atau perekrutan terorisme.

Anda tak perlu cemas atau kwatir terhadap pemblokiran.  

Blogger tetap mengizinkan konten pornografi di platform miliknya dengan syarat teman teman terlebih dahulu memilih opsi untuk pengguna usia 18 tahun ke atas (orang orang dewasa) yang boleh mengakses informasi tentang arikel foto dan gambar vulgar tersebut. 

4]. Batas waktu 18 bulan

Salah satu kebijakan di Blogger yaitu bahwa apabila pemilik tak pernah sekalipun membuka layanan blogger atau produk Google lainnya selama kurun waktu 18 bulan. Maka sistem menganggap anda sudah tak aktif lagi, meninggal dunia, ada kesibukan lain atau berpindah ke layanan milik perusahaan pesaing lainnya.

Email peringatan penghapusan segera dilayangkan kepada anda sebelum proses mematikan seluruh akun blog benar terjadi. Termasuk menghapus seluruh data artikel, foto dan gambar yang ada secara otomatis apabila telah melewati batas 18 bulan tak aktif.

Dari segi durasi waktu. Ini menjadi kelemahan blogger dibandingkan wordpress yang dapat bertahan hingga 5 tahun jika tak aktif. Sedangkan di blogger hanya diberi durasi singkat 18 bulan saja.

5]. Kemampuan CMS blogger sebatas menulis diary atau catatan ringan saja. Tak dapat diandalkan untuk melakukan manajemen toko online, affiliate, web profesional, web berita skala besar, website database bisnis, web game online dan web pemerintahan.  

Bagi teman teman yang hendak membuat website toko online. Platform CMS blogger tak cocok. 

Blogger dari awal hanya didesain untuk menulis diary dan catatan ringan saja. Sehingga kemampuan dari kehandalan blogger / blogspot begitu terbatas

Untuk pembangunan website professional yang berisikan big data, termasuk web affiliate, web bisnis, web berita, web pemerintah, dan lain lain. 

Disarankan menggunakan CMS Wordpress, Wix dan Shopity.

6]. Tak tersedia fitur upgrate paket bandwidth untuk peningkatan traffik.

Bandwidth blogger ditentukan oleh tim Google itu sendiri. 

Sehingga kapasitas peningkatan jumlah traffik dibatasi setiap harinya sesuai dengan standar SEO masing masing blog. 

Tak seperti Wordpress dan Wix. Dimana tersedia fitur upgrate pro yang memungkinkan seseorang meningkatkan jumlah bandwidth. 

Di platform CMS Blogger. Fitur itu tak tersedia sehingga kurang cocok diandalkan bagi anda yang hendak menjadikan blogspot sebagai ladang bisnis pencari uang dari Google Adsense.

Karena jumlah setiap blog anda diberi batasan pengunjung traffik harian yang terbatas sekalipun teman teman menulis artikel dalam jumlah banyak setiap harinya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.