Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapan perang AS VS China. 5 Latihan militer Amerika Serikat bersama India, Jepang, Korea Selatan, Indonesia dan Filipina ( 2022 )

Militer Amerika Serikat telah berada di depan pintu gerbang perbatasan China. 

Insting alami Amerika Serikat tak menginginkan apabila status dalam tanda kutib ‘Super Power’ miliknya tersaingi.
 
Sejak tahun 2010. 

China melalui partai komunis PKT secara tahun ke tahun tumbuh secara pesat dari segi politik, ekonomi, teknologi dan militer sehingga membuat intelijen Amerika Serikat terkejut, sebelumnya tak pernah membayangkan memiliki pesaing selain dari Rusia. 

China secara terus menerus membuat AS defisit secara keuangan. Itu berarti menantang dominasi Amerika Serikat.

Sejak 1 dekade berlalu. Pemerintahan Amerika Serikat telah menggelar banyak latihan di wilayah Asia.

Ini merupakan bekal persiapan bagi Amerika Serikat. Sekaligus sebagai sinyal atau pesan serius kepada partai komunis China bahwa dampak perang dagang ekonomi segera berlanjut ke tahap berikutnya. Yaitu kekuatan militer.  

1]. Latihan militer Amerika Serikat dan India


Pelatihan angkatan bersenjata antara India dan Amerika Serikat. Tujuan pelatihan ini adalah untuk belajar jaringan komunikasi bersama sebagai bekal operasi pertempuran bersama. 

Ini melibatkan persenjataan mutakhir canggih seperti rudal Javelin sang penghancur tank musuh, helikopter tempur Apache, artileri, latihan menembak menggunakan senapan genggam, manajemen logistik dan banyak lagi. 

Termasuk mengerahkan kapal induk India, INS vikramaditya. 

2]. Latihan militer Amerika Serikat dan Indonesia


Disebut sebagai latihan 'Garuda Shield'. Dari pihak Indonesia dipimpin oleh jenderal Andika Perkasa.

Latihan perang diadakan menyebar pada banyak lokasi antar pulau di Indonesia. Seperti hutan Kalimantan, pesisir pantai Sulawesi, Sumatera bahkan hingga ke laut Jawa. Pihak AS menilai, lokasi ini rawan menjadi titik pendaratan bagi pasukan komunis PKT China untuk menginvasi Indonesia. Sehingga latihan menitikberatkan bagaimana teknik penanggulangannya.

Garuda shield adalah latihan perang skala besar pertama kali antara Indonesia dan Amerika Serikat. Sepanjang sejarah belum pernah terjadi. Hanya dirasakan oleh generasi TNI saat ini. 

Amerika Serikat membawa banyak teknologi militer canggih ke Indonesia. Termasuk Himars.

Pelatihan militer antara AS dan Indonesia bertujuan utama untuk persiapan sinkronisasi taktik dan teknik tempur perang bersama. Sekaligus meningkatkan hubungan yang erat mengingat Indonesia bukan sekutu AS. 

3]. Latihan militer Amerika Serikat dan Korea Selatan


Amerika Serikat dan Korea Selatan telah secara rutin melakukan latihan tempur bersama. 

Di negara Kpop, bermarkas pangkalan Amerika Serikat di jantung kota Seoul dengan berbagai macam alustista pesawat tempur dan pesawat pembom milik angkatan udara AS.

Pemerintah AS menempatkan ribuan tentara US ARMY di Korsel untuk membela dari senjata rudal nuklir milik Korea Utara. 

Korea Selatan merupakan sekutu AS di Asia. Itu telah tertuang dalam perjanjian sah bersama. 

Pada awalnya, pangkalan militer AS ditujukan untuk menghadang Korea Utara. Namun, sejak pemerintahan mantan presiden Donald Trump, keperluaan ini diperluas sebagai aktivitas memata matai China. 

Termasuk menerapkan proyeksi sinyal radar yang kuat hingga ke arah China dalam hal pemantauan dan menggerakkan perisai THAAD.

4]. Latihan militer Amerika Serikat dan Filipina


Jangan pernah mau tunduk pada partai PKT. Merupakan salah satu slogan orang orang Filipina. Walaupun pada kenyataannya Filipina sulit terlepas dari bayang bayang PKT China. 

Filipina memang bukan sekutu Amerika Serikat. 

Latihan militer gabungan diharapkan mermperkuat dan memperdalam tali hubungan. 

Ketegangan antara Filipina VS China terhadap sengketa wilayah LCS (Laut China Selatan). Memaksa mau tak mau, Filipina harus bersahabat dengan kekuatan Amerika Serikat. 

Filipina tak memiliki opsi pilihan lain yang mampu mengimbangi atau menandingi kekuatan militer China, selain berharap dari perlindungan pimpinan AS. 

5]. Latihan militer Amerika Serikat dan Jepang


Latihan militer menggarisbawahi komitmen berkelanjutan sejak tahun 1945 oleh Amerika Serikat sebagai mitra berdedikasi dalam mendukung keamanan dan kedaulatan Jepang di bawah perlindungan pimpinan AS. 

Amerika Serikat mendirikan pangkalan militer di Jepang untuk memperkuat pasukan bela diri Jepang dalam melawan pengaruh militer China yang hendak mencaplok pulau di Jepang.  

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU