Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Israel Trojan : Drone tempur mata mata berkemampuan AI bertenaga energi listrik photovoltaic matahari ( 2022 )

Perkembangan teknologi telah mengubah secara drasmatis, bagaimana peranan manusia di jajaran pasukan khusus pada bidang pengintaian dan mata mata telah digantikan oleh kecanggihan pesawat drone tanpa harus membahayakan nyawa.

Beberapa dekade yang lalu, drone telah melakukan tugas dinasnya dengan baik dalam hal ISR. Tetapi penggunaannya masih boros, mahal dan tak fleksibel karena masih membutuhkan infrastruktur bandara.

Untuk melakukan sebuah pengintaian misi khusus pada zona musuh di jarak 150 km saja membutuhkan drone dari kategori MALE seberat 1.000 kg. 

Aeronautics sys, sebuah perusahaan teknologi militer asal Israel, anak dari induk BUMN Rafael Advanced Defense System menghadirkan sebuah produk pesawat drone dengan menggabungkan kemampuan VTOL, bermesin energi listrik dan sistem photovoltaic matahari yang ramah lingkungan ke dalam solusi all in one. 

Sehingga memberikan kemampuan baru kepada pelanggan klien angkatan bersenjata internasional ke tingkat taktis yang lebih modern, praktis dan memiliki keefektifitas biaya bagi negara berkantong tipis yang tak mampu membeli drone dari kategori MALE.

Disebut sebagai drone Trojan. 

Trojan mampu terbang ke mana saja tanpa membutuhkan landasan bandara, mudah di bawa oleh 2 kru melalui dua tas ransel yang terpisah dan dapat di operasionalkan oleh 1 kru.  


Israel Trojan : Drone tempur mata mata berkemampuan AI bertenaga energi listrik photovoltaic matahari ( 2022 ).

Drone trojan memiliki 4 bilah baling baling pengangkat yang diatur dalam konfigurasi pendorong awal ke atas. 

Kemudian setelah berada di udara, dialihkan sepenuhnya ke 1 mesin rotor baling baling utama yang terletak pada bagian belakang.  

Ketika mesin utama menyala. 4 bilah baling baling pendorong dimatikan. 

100% energi Trojan berasal dari listrik. Mampu terbang hingga sejauh 150 km. Selagi berada di udara atau sedang mendarat. 

Panel photovoltaic tetap bekerja menyerap energi matahari untuk memperpanjang durasi baterei listrik. 

Pesawat drone ini dikendalikan oleh seorang kru melalui layar menyerupai laptop atau sistemnya dapat dialihkan ke pusat gedung GCS (ground control system). Untuk tautan link komunikasi menggunakan jaringan satcom ( satelite communication ).  

Kegunaan drone trojan dipergunakan untuk militer. Di mana fungsi sensor ball elektro optik bermanfaat dalam melakukan manajemen BDA, memandu akuisisi target untuk senjata rudal berpemandu presisi, sebagai patroli perbatasan negara, pemetaan area musuh, pengintaian mata mata dan mencari keberadaan musuh menggunakan kekuatan AI yang mencocokkan kesesuaian profile wajah secara face recognition.

Moshe elazar dari Israel mengatakan :

Aeronautics bangga menjadi pelopor di bidang UAS taktis dan platform inovatif kami memperkenalkan kategori baru di dunia drone yang memperluas kemampuan pasukan di medan laga dalam menciptakan keunggulan misi ISTAR. Sahutnya. 

Dalam melakukan misi pencarian, entah itu target musuh bernilai besar seperti tank, menengah seperti mobil tempur dan kecil seperti infanteri manusia. 

Drone Trojan mampu melakukan sepenuhnya 100% otomatis dan dapat pula bertindak sebagai swarm ( terbang dengan bergerombolan untuk mencari target yang dituju secara bersama sama. Apabila target wajah di temukan sesuai dengan data input, maka Trojan mengirimkan informasi ke GCS tentang keberadaan lokasi musuh ).

Selain untuk sebagai penggunaan militer. 

Drone Trojan dapat diperuntukkan pula kepada kalangan. Seperti petugas pemadam kebakaran hutan, kepolisian di area perkotaan, petugas penyelamat bencana alam, pengambilan foto di udara untuk industri pertambangan, kelautan, dan masih banyak lagi.  

Pelanggan atau pembeli pertama drone Trojan adalah tentara Israel Defense Force. 

Teknologi Trojan diperkenalkan pertama kali pada tahun 2022 di pameran Eurosatory (EU). 

Berikut spesifikasi Trojan : 

Nama : Trojan

Asal : Israel 

Kategori : Drone mata mata ( pengintai )

Durasi terbang : 2.5 jam

Kecepatan : 100 km / jam

Jarak terbang : 150 km

Perusahaan : BUMN Rafael advanced defense system.

Israel Orbiter, generasi ke 4. 


Apabila membutuhkan drone serupa dengan spesifikasi tingkat lanjut. Pihak perusahaan Rafael Advanced Defense system, telah menyediakan produk drone orbiter generasi ke 4 untuk dapat menjawab solusi dengan menyediakan durasi waktu yang diperpanjang dari 2,5 jam menjadi 24 jam nonstop di udara. Hanya saja memiliki ukuran yang lebih besar dan berat dibandingkan Trojan. 

Nama : Orbiter

Generasi : ke IV

Asal : Israel 

Kategori : Drone mata mata ( pengintai )

Durasi terbang : 24 jam

Kecepatan : 130 km / jam

Jarak terbang : 150 km

Berat : 50 kg


Israel ThunderB

Untuk kategori lain.

Produk pesawat drone ThunderB dari IAI ( Israel Aerospace Industries ) dengan menawarkan berat direntangan menengah seberat 35 kilogram.   

Nama : ThunderB

Asal : Israel 

Kategori : Drone mata mata ( pengintai )

Durasi terbang : 12 jam

Jarak terbang : 150 km

Berat : 35 kg

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU