Langsung ke konten utama

19 kapal induk aktif Amerika Serikat [ lengkap dengan foto ] ( 2023 )

Peranan mendesak terhadap kebutuhan kapal induk bagi Amerika Serikat, dari hari ke hari kian dirasa begitu penting. Ini berkaca pada kasus ketika pangkalan militer AS yang berada di darat, tepatnya di Timur Tengah mendapatkan serangan rudal balistik dan drone kamikaze dari Iran. 

Membuktikan bahwa sistem pertahanan udara Patriot dan THAAD yang memberikan perlindungan kepada pangkalan base masih dapat di jebol. 

Amerika Serikat tetap membutuhkan pangkalan militer di darat, tetapi ancaman dari musuh China, Rusia, ISIS (Islamic State), Korea utara dan Iran berserta para sekutu syiahnya ( Houthi, Syria Bashar al assad dan Hizzbullah ). Menunjjukkan bahwa pangkalan darat milik AS itu, kini rentan apabila ditempatkan dekat dengan perbatasan musuh, apalagi jika batasnya kurang dari jarak < 500 km.  

Untuk mempertahankan kepemimpinan global Amerika Serikat dalam menghadapi para musuhnya.

Termasuk melawan bajak laut yang suka mengganggu pelayaran kapal dagang kargo sipil milik Amerika Serikat. 

Maka, negara yang dipimpin oleh presiden Joe Biden, harus dan wajib memiliki kehadiran angkatan laut yang kuat. Terutama, kapal induk yang dikenal sebagai benteng terapung raksasa.

Pada tahun 2023. Militer Amerika Serikat mengoperasikan sebanyak 19 kapal induk aktif yang terdiri dari 11 model CVN dan 8 model LHD. Semua kapal induk milik AS dibangun oleh perusahaan HII ( huntington ingalls industries ) sebagai satu satunya galangan kapal induk militer di AS.  

Kapal induk mampu membawa jajaran pesawat tempur seperti F-35 Lightining yang mampu terbang menyerang musuh, tancap gas dari lautan menuju target penghancuran musuh di darat yang berada pada jarak 2.800 km.

Militer AS juga turut memiliki helikopter Valor dan Osprey yang mampu terbang membawa pasukan khusus hingga sejauh 3.900 km dari bibir pantai menuju ke lokasi target musuh. 

Keunggulan dari kapal induk terletak pada sifat bergerak secara mobile sambil menggotong 90 unit pesawat tempur dan helikopter. Tata letak posisinya juga jauh dari perbatasan musuh yang rawan terkena rudal. 

Kapal induk berada di lautan terbuka sehingga aman dalam melakukan berbagai misi serangan ke jantung musuh yang ada di darat.

Amerika Serikat membutuhkan lebih banyak kapal induk yang ada saat ini. 

Paling tidak harus membangun dengan total 30 unit demi mempertahankan kepemimpinannya. 

Jonathan greenert mengatakan : 

Warfighting first, operate forward dan be ready. Sahutnya. 

Ini mendefinisikan bahwa bagaimanapun juga kapal induk adalah investasi penting jangka panjang, Walaupun prospek anggaran pertahanan membangun kapal induk menguras banyak APBN dan semakin terbatas anggaran menjadikan sebagai kesulitan tersendiri mengingat harga perunit begitu mahal. Pejabat Greenert mengharapkan pemerintah Amerika Serikat memiliki lebih banyak kapal induk, karena ini menyangkut kesiapan merespon perang masa depan yang lebih kuat, menjamin kekuatan, melindungi negara, memastikan keamanan pangkalan yang mampu bersifat mobile dan sebagai pedoman strategis pertahanan yang telah digariskan oleh Gedung Putih. 

Kapal induk identik sebagai kebanggan tersendiri bagi suatu bangsa. Hanya segelintir negara saja yang mampu memiliki raksasa lautan ini, karena biaya untuk meminangnya saja membutuhkan uang mahar yang mahal dan teknologi rumit. Oleh sebab itu, tak mengherankan apabila Amerika Serikat dianggap sebagai pemilik alustista kapal induk yang tak tertandingi dan tak terbantahkan di dunia ini. Entah itu, dilihat dari segi kualitas maupun kuantitas.

Amerika Serikat mendefinisikan kapal induk menjadi 2 model. Yaitu CVN dan LHA. 

Kapal induk CVN diperuntukkan untuk melawan musuh kuat seperti Rusia, Iran, Korea Utara dan China. Pada umumnya, CVN menampung 90 unit pesawat tempur dan helikopter yang beberapa disimpan pada hanggar di dalam lambung kapal.  

Sedangkan, kapal induk LHA diperuntukkan untuk melawan musuh seperti Islamic State (ISIS) dan bajak laut. Daya tampung LHA lebih kecil dibandingkan CVN. LHA menampung sekitar 40 unit pesawat tempur dan helikopter yang beberapa disimpan pada hanggar di dalam lambung kapal. 

Beriktu daftar 19 kapal induk aktif milik militer Amerika Serikat tahun 2023. 

John F Kennedy, Enterprise dan Doris milier masih dalam tahap pembangunan ( under construction ). 

1]. Kapal induk USS Making island

2]. Kapal induk USS Nimitz 

3]. Kapal induk USS Iwo jima

4]. Kapal induk USS Dwight d eisenhower

5]. Kapal induk USS Bonhomme richard

6]. Kapal induk USS Carl vinson 

7]. Kapal induk USS Bataan

8]. Kapal induk USS Theodore roosevelt

9]. Kapal induk USS Boxer

10]. Kapal induk USS Abraham lincoln


11]. Kapal induk USS George washington

12]. Kapal induk USS Kearsarge

13]. Kapal induk USS john stennis

14]. Kapal induk USS Harris s truman

15]. Kapal induk USS Ronald reagen

16]. Kapal induk USS  Wasp

17]. Kapal induk USS Essex

 

18]. Kapal induk USS George h w bush

19]. Kapal induk USS Gerald r ford

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.