Langsung ke konten utama

Diary Februari 2023

Saya kembali menulis tentang diary hasil bulan Februari 2023

Tulisan ini saya tulis sebagai pedoman bagi saya untuk mencari kelemahan dan kelebihan setiap strategi untuk menjadi lebih baik lagi.

Siapa tahu bermanfaat bagi pembaca ya. 

Membeli telur ayam kampung KUB2 di toko online shopee

Dalam pikirku. 

Kalau caranya seperti gini terus. Maka perternakan ayam kampungku agak susah bersaing dengan bibit unggul dari KUB2. 

Akhirnya memutuskan diri untuk membeli ayam kampung dari tipe jenis KUB2. 

Ngelihat di toko online Shopee. 

Rata rata harga anak ayam kampung KUB2 sekitar Rp 1.000.000 juta rupiah. 

Minimal order 1 box isi 100 anak ayam doc. 

Awalnya, Saya pengen berniat beli cuma 10 ekor saja, tapi ngga bisa karena sudah paket. Lalu ada harga tambahan lagi katanya yaitu biaya kargo pesawat Rp 180.000 ribu rupiah dan biaya karantina di bandara sebesar Rp 70.000.

Ah pikirku. Lumayan juga harganya ya. 

Lalu saya tolak karena aku ngga punya modal. Jadi, cari cari yang agak murah dikit. 

Lalu, aku pilih beli 19 telur fertil ayam kampung KUB2. Karena harganya sekitar Rp 187.000 ribu rupiah. 

Foto : Terima kasih untuk kerjasamanya dengan bapak Ahmad di toko online Shopee yang sudah meluangkan waktu mengirim telur fertil ayam kampung KUB2. Dibungkusnya rapi banget pakai perasaan hati yang tulus. he he..., 

Nah, setelah pesanan datang. Telur saya masukkan ke mesin tetas.

Beberapa hari kemudian, hanya ada 1 ekor saja yang menetas.

Sedangkan 18 telur gagal. Karena mayoritas embrio telurnya sudah mati di perjalanan jarak jauh dari pulau Jawa ke pulau Kalimantan ke kota Palangkaraya selama beberapa hari.  

Foto dokumen pribadi : Horee...., 1 ekor anak ayam kampung jenis KUB2 milik Afrid menetas. 

Sepertinya pakai cara pengiriman telur fertil kurang berhasil.   

Apa mesti saya harus beli paket box itu ya. 

Hem..., karena harganya lumayan juga tuh. 

Kenapa ayam KUB2 penting buat aku.

Karena ini tergolong jenis bibit unggul terbaru hasil penelitian para ilmuwan Indonesia berdasarkan geografi dan iklim lokal. Klaimnya dalam waktu 4 bulan, ayam KUB2 sudah dapat mencapai bobot daging 1 kg. Terus dapat bertelur 200 butir dalam jumlah yang lebih banyak pertahunnya dan daya mengerem hanya 5% saja. Sebagai perbandingan, ayam kampung milikku saat ini baru dapat mencapai 1 kg membutuhkan waktu hingga 6 bulan - 7 bulan.

Pada awalnya aku berpikir semoga saja bisa ayam telur fertil menetas semuanya. Tetapi pada kenyataannya gagal, hanya 1 saja yang berhasil. Itu pun patut disyukuri. 

Membuat tiang untuk bertengger ayam di malam hari

Karena jumlah ayam kampung saya sudah tembus mencapai 100 ekor. 

Sepertinya ayam membutuhkan tempat bertengger yang baru untuk para pendatang baru.

Bulan kemaren aku bikin tempat bertengger dari kayu ulin. 

Semoga sang ayam senang dapat bercengkraman di malam hari untuk berteduh dan tidur..

Membuat tiang untuk anggrek

Sekaligus juga sama papah aku bikin tiang buat tempat anggrek bergantungan. 

Tiang kayu kali ini terbuat dari ulin. Jauh lebih kuat dibandingkan kayu sebelumnya yang mudah roboh karena lapuk. 

Nah, kalau pakai kayu ulin ini dapat tahan bertahun tahun. 

Tapi diatasnya pakai kayu biasa aja sih. He he he..., 

Di bawah Ini foto anggrek di rumah aku. 

Ayo ayo beli beli...., 

di jual di jual nih. 

Anggrek yang udah berbunga di jual Ro 250.000 ribu rupiah. 

Buruan beli...., Buat pecinta anggrek. he he..., 

Foto anggrek dokument pribadi

Mematikan colokan listrik dispenser pada malam hari dapat mengefesienkan 15% listrik di rumah. 

Biaya listrik di rumah keluarga kami sekitar antara rata rata Rp 350.000 ribu perbulan untuk area kota Palangkaraya. 

Entah kenapa baru tahu sekarang tips trik ini ya. 

Selama bertahun tahun. Saya ngga pernah mematikan dispenser air minum. 

Dispenser selalu menyala 24 jam. Sama seperti kulkas menyala 24 jam. 

Pas nyoba rutin setiap malam matiin dispenser. 

Karena kan kalau malam hari aku, mamah dan papah udah ngga minum air panas lagi. Jadi di matiin colokannya. 

Melihat tagihan rekening listrik. 

Nampak ada penghematan luar biasa kira kira hingga 15%.

Wah, keren dalam pikirku. 

Cuma langkah kecil sederhana dapat mengefesienkan listrik sebesar itu ya.  


Selamat datang gula

Beberapa tahun belakangan ini saya sudah tidak lagi mengkomsumsi gula. 

Tetapi kali ini aku berubah pikiran. 

Tanpa konsumsi gula juga kurang baik buat tubuh. 

Paling pas yaitu takaran harus sesuai dan seimbang. 

Aku mesti memperhatiin juga apakah tadi aku habis makan buah buahan atau sesuatu yang manis. Jika iya, saya tidak perlu konsumsi gula di hari itu, karena hasil dampaknya malah dapat berbahaya bagi tubuh apabila kelebihan dosis perhari. 

Jadi mulai bulan kemaren, aku kembali minum kopi susu pakai gula dan minum teh pakai gula lagi. Tetapi takarannya yang disesuaikan dan waktu konsumsi gula di atur. Misal dalam waktu 1 minggu berapa kali konsumsi gula dan berapa kali harus menolak gula. 

Ya, tanpa konsumsi gula itu juga berbahaya bagi tubuh. 

Kebanyakan konsumsi gula juga berbahaya bagi tubuh. Karena kalau kelebihan dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Kalau terlalu berlebihan dalam waktu singkat malah langsung bisa jadi diabetes tipe 1 berserta penyakit komplikasi kronis yang serius nan mengerikan bahkan dapat menyebabkan kematian ya.  

Jadi aku mesti belajar konsumsi gula dengan aturan imbang sesuai yang mesti aku perketat jadwalnya. 

Gula nampaknya penting bagi tubuhku. 

Selamat datang gula. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.