Langsung ke konten utama

Contek strategi jalur sutra modern China. Uni Eropa rilis perdagangan global gateway sebagai pesaing terberat China dan Amerika Serikat ( 2023 )

Selama berdekade dekade, jalur perdagangan dan teknik dagang Uni Eropa berjalan sendiri sendiri, sering tak selaras, bersifat kacau, keamanan militer yang tak terjamin, polanya berantakan dan tidak terkoordinasi secara rapi.

Terinspirasi terhadap kemajuan ekonomi China melalui strategi jalur sutra modern BRI ( belt and road ) yang digagas dan diprakarsa oleh presiden Xi jinping dari partai komunis China ( PKT ). 

Pada tahun 2022. Pemerintah Uni Eropa mencontek strategi BRI China untuk memutakhirkan teknik dagang Uni Eropa ke era yang lebih modern dan komprehensif disebut dengan global gateway. 

Itu mulai diterapkan pada tahun 2023. 

Sasaran utama pertama global gateway yaitu Africa dan Asia.  

Langkah investasi mula mula rencana bekerjasama melalui negara kemitraan dari pemerintah berbagai negara di Africa dan Asia untuk membangun infrastruktur seperti jalan raya dan pelabuhan. Mirip seperti apa yang dilakukan oleh China melalui strategi BRI. Tetapi kali ini ala Uni Eropa (EU).  

Youtube : Pidato presiden komisi EU. Ursula von der leyen saat pembukaan opening Global Gateway

Global gateway digagas dan diprakarsa oleh presiden Uni Eropa. Ursula von der leyen sebagai rencana membangun jaringan perdagangan raksasa di dunia dengan lebih terperinci, mendetail dan terkoordinasi dengan pemerintah EU. Selain itu bertujuan demi menyelamatkan lingkungan alam dari bahaya perubahan iklim global warming, dimana secara gambaran besar transportasi, infrastruktur, perkapalan, dan pembangunan lainnya di global gateway bakal mengadopsi prinsip prinsip EU untuk memperhatikan dan mengedepankan energi terbarukan.

Secara tak langsung, 

Global Gateway menjadi salah satu pesaing terberat BRI China dan lawan berat bagi persaingan dagang dengan Amerika Serikat.

Tak seperti strategi BRI China yang merugikan negara lain dengan jebakan utang infrastruktur, menguras sumber daya lokal negara mitra dan menyebabkan defisit secara terus menerus pada negara mitra.

Global gateway bakal menggunakan 50% pendanaan keuangan dari anggaran APBN Uni Eropa pertahun untuk membangun infrastruktur negara mitra. Sedangkan 50% sisanya lagi berasal dari patungan iuran bayaran dari seluruh perusahaan perusahaan industri swasta raksasa yang ada diseluruh portofolio Uni Eropa dengan sistem jaminan keuangan EU. Dengan langkah ini diharapkan pembangunan dan investasi menjadi lebih cepat dibandingkan BRI China.

Presiden komisi persatuan Uni Eropa, Ursula von der leyen

Presiden komisi ( persatuan ) Uni Eropa, Ursula von der leyen mengatakan : 

Kami mendukung investasi cerdas dalam infrastruktur berkualitas, menghormati standar hak asasi sosial, memperhatikan lingkungan alam sejalan dengan nilai standar UE. Strategi global gateway adalah langkah bagaimana Eropa dapat membangun hubungan yang lebih tangguh dihadapan dunia. Sahutnya. 

Global gateway menjadi jalur resmi yang terkoordinasi lebih rapi dibandingkan sebelumnya dan tentu saja dilindungi oleh kekuatan militer untuk membawa aneka barang barang dagang dari Uni Eropa ke negara mitra. 

Produk sepatu dari merk Adidas. 

Produk otomotif seperti dari kategori mobil mewah BMW, Mercedes, Ferrari, Porsche. Termasuk truck Daimler, 

Barang barang elektronik dari perusahaan  Schneider, Ericsson, SAP, Siemens, dll, 

Produk lampu dari perusahaan Philip. 

Produk Skincare dari Loreal,.

Obat obatan dari perusahaan Novonordisk, Merck dan Sanofi. 

Barang barang dagang perabotan rumah tangga dari perusahaan IKEA. 

Aneka barang dari perusahaan BAYER. 

Aneka barang barang mewah, pakaian baju mewah, tas mahal, jam tangan mewah, asesoris mahal dari LVMH, HERMES, DIOR, dll. 

Aneka macam snack makanan dan kebutuhan lainnya dari perusahaan Danone.

Termasuk produk pertahanan militer seperti dari perusahaan AIRBUS, SAAB, Rheinmetall, Leonardo, SAFRAN, dll.

Dan masih banyak lagi. 

Semua barang barang dagangan ini terhubung ke pusat informasi global gateway. 

Foto : Inisiatif investasi dan pembangunan infrastruktur pertama Global gateway di benua Africa telah dimulai dengan memanfaatkan orang orang lokal di Africa.

Sebagai tambahan informasi. 

Pada tahun 2023. 

Uni Eropa adalah raja manufaktur peringkat ke #3 terbesar di dunia setelah China (29%) dan Amerika Serikat ( 16%).

Lalu disusul setelah Uni Eropa (14%) selanjutnya yaitu dari Jepang (7%), Korea selatan (3%), India (3%), United Kingdom (UK) (1%), Rusia (1%), Meksiko (1%), Indonesia (1%), Turkiye, Kanada, Brazil dan lain lainnya. 

Model konektivitas Global Gateway bersifat infrastruktur jangka panjang sejalan dengan nilai nilai UE, hak asasi manusia, norma standar internasional, berkualitas, transparant, berfokus kepada keamanan, hijau terbarukan, dan menghubungan perdagangan secara berkelanjutan dalam memobilisasi barang atau produk dagangan bermutu tinggi dari EU ke negara mitra. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.