Lompat ke konten Lompat ke footer

Estonia ( Uni Eropa ) beli drone kamikaze harop buatan Israel senilai Rp 1,6 triliun rupiah [ drone bunuh diri penghancur tank dan kapal perang ] ( 2023 )

Di tengah ketakutan ancaman invansi Rusia dan tragedi perang yang terjadi di Ukraina. 

Estonia ( sebuah negara dari anggota persatuan Uni Eropa (EU) dan NATO ). Sejak perang dunia ke II. Hubungan antara Estonia dan Rusia memang kurang akur. Kedua negara juga saling berbagi sengketa tapak perbatasan sepanjang 294 kilometer yang hingga kini masih saling klaim. 

Ketegangan peperangan berkecamuk di Ukraina. Membuat pemerintah Estonia takut, gelisah dan was was. Sehingga memutuskan untuk bereproduksi beresolusi dengan meningkatkan anggaran militer untuk pembelian senjata. 

Pada tanggal 2 Mei 2023. Kementerian pertahanan Estonia (EU) telah menandatangani kontrak dengan perusahaan Israel Aerospace Industries (IAI) untuk pembelian kendaraan udara tak berawak drone kamikaze Harop dengan harga 100.000.000 juta euro atau sekitar Rp 1,6 triliun rupiah. ( dibayar 100% cash tunai lunas, no credit, no pinjol pinjolan ). 

Hanno pevkur dari kementerian pertahanan Estonia mengatakan :

Loitering munition yang mampu terbang jarak jauh merupakan tambahan penting untuk kemampuan pertahanan Estonia. Pentingnya senjata ini tidak dilebih lebihkan. Karena Rusia telah menyebabkan banyak kehancuran secara langsung di Ukraina. Senjata baru ini memungkinkan kita untuk menyerang musuh dari jarak yang lebih jauh. Sahutnya. 

Tidak hanya membeli drone kamikaze dari Israel atau disebut juga senjata loitering munition.

Sebelumnya, pemerintah Estonia juga telah memesan pembeliaan paket senjata dari Korea Selatan, membeli 12 unit howitzer self propelled K9 Thunder seharga 36.000.000 juta euro dan 6 truck HIMARS dari Amerika Serikat seharga $ 500.000.000 juta dolar. ( itu termasuk paket isi ulang roket tambahan, sistem komunikasi, logistik pendukung dan suku cadangnya ).

Pihak Amerika Serikat menyatakan bahwa negara Estonia masuk ke dalam kawasan keamanan dan perlindungan militer US ARMY karena menjadi bagian anggota resmi NATO. Sehingga sesungguhnya, Estonia tak perlu juga repot repot berinvestasi pada senjata HIMARS. 

Keputusan pemerintah Estonia untuk membeli Himars guna bertekad mampu melindungi dan membela dirinya sendiri. Itu dipuji, oleh jajaran tim militer AS dengan mengucapkan rasa terima kasih dan bangga punya sekutu hebat yang mampu mandiri seperti Estonia. Pada saat perang Ukraina VS Rusia berkecamuk. Orang orang Estonia turut membantu mengirimkan senjata, uang dan bantuan kemanusian secara rutin ke Ukraina. Sehingga itu mengurangi sedikit tekanan finansial pada Amerika Serikat.

K9 Thunder adalah senjata serang jarak dekat buatan Korea Selatan.

HIMARS adalah senjata serang jarak menengah buatan Lockheed Martin (USA). 

Kemampuan HIMARS yang dibeli oleh Estonia mampu menembak atau menghancurkan tank musuh dari jarak 85 km. Sebenarnya roket HIMARS mampu mencapai tembakan lebih jauh hingga sejauh 300 km. Tetapi versi paket untuk Estonia yaitu 85 km - 120 km. 


Sedangkan, senjata drone kamikaze Harop buatan Israel dibutuhkan oleh pemerintah Estonia untuk menyerang sasaran musuh yang lebih jauh hingga jarak 200 km dari pusat ground control (GCS). Sebenarnya harop mampu mencapai tembakan lebih jauh hingga sejauh 1.000 km jika menggunakan sinyal komunikasi satelit.

Pemerintah Estonia berharap agar semua senjata K9 Thuner, HIMARS dan HAROP dapat selesai dikirim ke Estonia pada tahun 2025. 

Pada tahun 2023. Dibandingkan negara Uni Eropa lainnya yang banyak mikir itung itungan duit. 

Estonia menganggarkan 2% untuk belanja militer. Jadi, negara Estonia telah sesuai standar kelayakan keinginan Amerika Serikat, sang pemimpin NATO.   

Tapi dengan lawan sekelas beruang merah Rusia yang memiliki sistem pertahanan canggih seperti Tor, Pantshir, BUK dan S-400. Apakah Estonia bisa bertahan dengan hanya menggunakan anggaran 2% untuk militer. Selamat mencoba Estonia. Semoga berhasil melawan mas Vladimir Putin.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.