Lompat ke konten Lompat ke footer

Qualcomm AS akuisisi perusahaan Israel Autotalk senilai $ 400 juta dolar atau sekitar Rp 6 triliun rupiah [ teknologi semikonduktor chipset V2X untuk pencegah tabrakan mobil tanpa kematian dan meningkatkan keamanan mobilitas mobil self driving berbasis jaringan internet 5G ] ( 2023 )

Tergoda dengan kecanggihan teknologi yang dibuat oleh Autotalk. 

Perusahaan chipset asal Amerika Serikat, Qualcomm pada bulan Mei 2023 memutuskan untuk mengakuisisi perusahaan Autotalk.

Pengumuman diresmikan secara langsung di situs website Qualcomm. 

Perjanjiaan dan tanda tangan telah selesai dilakukan. Pembayaran lunas terbayar.  

Namun, jumlah mahar tidak diberitahu kepada publik. Tetapi para analisis memperkirakan nilai akuisisi sebesar $ 400.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 6 triliun rupiah ( atau setara Rp 6.000 miliar rupiah ). 

Sebelum mengakuisisi Autotalk. 

Qualcomm juga pernah mengakuisisi perusahaan teknologi Israel lainnya seperti perusahaan internet 5G Cellwize dengan nilai harga $ 350 juta dolar, perusahaan Wilocity dengan nilai harga $ 300 juta dolar dan perusahaan Csr dengan nilai harga $ 45 juta dolar. 

keputusan Qualcomm mengakuisisi Autotalk karena menilai perkembangan mobil otomotif self driving semakin berkembang pesat sehingga tidak boleh ketinggalan di ranah ini dan Qualcomm juga mengharapkan agar teknologi dan ilmu pengetahuan autotalk dapat diintegrasikan ke sistem snapdragon digital chassis.  

Tentang Autotalk : 

Teknologi Autotalk didirikan pertama kali di Israel pada tahun 2008 oleh founder professor doktor bernama : Onn haran.

Onn haran berasal dari lulusan Israel Technion. 

Beliau memiliki peranan signifikan dalam banyak paten ilmu pengetahuan dan teknologi elektronik, listrik dan komunikasi. Seperti kontribusinya di teknologi IEEE802.3ah dan teknologi G.984 GPON.   

Di Autotalk. Misi dan visi beliau adalah menginginkan dunia dengan meminimalkan jumlah kecelakaan antar mobil, meningkatkan mobilitas di jalan raya untuk semua pengguna jalan, termasuk melindungi pejalan kaki dari bahaya terserempet mobil dan menyelamatkan lebih banyak nyawa orang orang tanpa harus mereka mengalami kematian akibat kelalaian musibah kecelakaan yang sebenarnya dapat dicegah dengan perangkat teknologi chipset yang juga mampu menahan serangan cybersecurity.  

Beberapa produsen mobil telah menggunakan produk chipset buatan autotalk. Seperti dari negara Amerika Serikat, China, Uni Eropa, Jepang dan Korea selatan. 

Tim Autotalk mengatakan : 

Chipset generasi ke dua buatan Autotalks memberikan kinerja dan keandalan tertinggi dan digunakan dalam berbagai konektivitas penggerak otonom yang digerakkan oleh OEM dan Tier1 di seluruh dunia. Autotalks adalah perusahaan satu satunya di dunia yang menciptakan inovasi V2X yang kompatibel dan mematuhi persyaratan keamanan, keselamatan fungsional, dan keandalan otomotif yang paling ketat. Sahutnya. 

Produk Autotalk terdiri dari chipset tekton generasi ke 3, craton generasi ke 2, pluton generasi ke 2 dan zooz. 

Masing masing perangkat kompatibel dengan jaringan internet 5G dan rata rata ukuran chipset sekitar lebih dari 20 nanomenter.

Pada beberapa tahun yang lalu di Israel di ranah bidang otomotif yang sama. Selain akuisisi Autotalk oleh Qualcomm, terdapat pula akuisisi kepada perusahaan Otonomo asal Israel oleh perusahaan Amerika Serikat bernama Neura. Dengan mahar senilai $ 50.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 750 miliar rupiah. 

Kini kantor Otonomo di Israel telah di tutup sepenuhnya dan seluruh karyawan di Israel telah berhenti bekerja. Sedangkan teknologi blueprint dan seluruh hak paten Otonomo telah berpindah kepemilikan ke Amerika Serikat.  

 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.