Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Cellwize sukses aktifkan 50.000.000 juta program terinstal di perangkat internet 5G di seluruh dunia menggunakan kekuatan AI dan Machine Learning untuk merevolusi otomatisasi arsitektur jaringan telekomunikasi digital dengan mengefesiensi puluhan ribu karyawan komputer padat karya ( 2022 )

Internet telah menjadi lifestyle dan sebagai kebutuhan utama bagi banyak umat manusia untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Entah itu untuk bisnis, main game, mencari lokasi peta, belajar online melalui pencarian Google, menghubungi keluarga, melakukan perdagangan trading, menonton siara live streaming Youtube, mencari informasi hiburan entertainment, dan masih banyak lagi. 

Dari hari ke hari peranan internet semakin vital. 

Tanpa internet, hidup rasanya menjadi hampa. 

Perkembangan kemajuan internet juga telah meluas dari semula 1G kini telah menjelma menjadi 5G. 

5G adalah era baru revolusi internet berikutnya. 

Di Indonesia melalui perusahaan Telkomsel sebagai salah satu penyedia jasa layanan internet. Telah mengklaim bahwa pada tahun 2022 mencatatkan sebuah rekor kecepatan internet tembus hingga 5 Gbps dalam waktu 1 detik.

Israel Cellwize sukses mengaktifkan 50.000.000 juta program terinstal di perangkat internet 5G di seluruh dunia menggunakan kekuatan AI dan Machine Learning untuk merevolusi otomatisasi arsitektur jaringan telekomunikasi digital dengan mengefesiensi puluhan ribu karyawan komputer padat karya ( 2022 )


Teknologi internet 5G dengan kecepatan yang lebih cepat dari 4G. 

Telah muncul untuk memberikan lebih banyak kemudahan bagi umat manusia yang memungkinkan kita memperbaharui, menata ulang dan merevolusi kehidupan menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

Keunggulan 5G tentu tak diragukan lagi segera mengubah wajah dunia. 

Entah itu di bidang kesehatan, pendidikan, fintech, pertanian, industri, robotika, hingga transportasi mobil tanpa awal, perangkat IoT (internet of Think) dan tentu saja masih banyak lagi dampak yang segera diubah.

Pencapaian keberhasilan program internet 5G yang kompleks. 

Takkan dapat dicapai tanpa menyelesaikan permasalahan tentang bagaimana cara atau teknik untuk mengurangi latensi hingga mendekati angka nol. Sehingga memungkinkan penerapan jaringan pribadi otomatis, cerdas, fleksibel, akurat, meminimalkan proses bisnis dan mengurangi beban kinerja secara cepat.


Pada awalnya, banyak terjadi kebingungan untuk menyelesaikan beberapa permasalahan 5G. Hingga akhirnya sebuah perusahaan teknologi asal Istael datang memberikan solusi inovatif untuk menerapkan transformasi. 

Cellwize menciptakan teknologi yang disebut CHIME. Sebuah platform otomatisasi dan orkestrasi jaringan akses radio cloud berbasis kecerdasan buatan (AI) dan machine learning. Sekaligus meminimalkan jumlah tenaga kerja manusia yang bekerja di bidang komputer dalam pengelolaannya yang artinya meningkatkan efesiensi bisnis.  

Sebagai tambahan informasi. 

Pada tahun 2022 teknologi smartphone yang mendukung layanan 5G masih dalam tahap penyebaran ke seluruh dunia dan penyedia layanan masih dalam tahap pembangunan infrastruktur. Jadi, hanya beberapa orang orang saja yang menggunakan internet 5G tersebut. 

Tentang Cellwize


Perusahaan Cellwize, pertama kali didirikan pada tahun 2012 di Israel. 

Perusahaan ini tak dikenal oleh banyak orang. Karena hanya diperuntukkan untuk kalangan bisnis B2B.

Sebanyak 40 perusahaan operator telekomunikasi di seluruh dunia menggunakan atau mengaktifkan teknologi internet 5G milik Cellwize. Ini meliputi seperti perusahaan globe Telecom asal Filipina, AT&T, Verizon asal Amerika Serikat, Vodafone asal United Kingdom UK (Inggris), Telefonia, Deutsche Telekom asal Uni Eropa dan masih banyak lagi. Termasuk perusahaan Telkomsel asal Indonesia. 


Ofir Zemer dari Israel mengatakan :

Kami sangat senang telah dipilih oleh Telkomsel untuk mendukung misi mereka dalam meningkatkan kualitas layanan. Memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan mendorong penggunaan inovasi 5G. Dengan teknologi Chime milik kami. Telkomsel selalu mengetahui apa yang terjadi dengan jaringan dan secara otomatis meningkatkan kinerja untuk mencapai tujuan strategi bisnis. Sahutnya. 

Internet 5G menawarkan kecepatan yang lebih cepat, peningkatan bandwidth dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik kepada orang orang banyak di seluruh dunia. 

Cellwize turut hadir menyediakan platform otomatisasi RAN bertenaga AI yang mengotomatisasikan penerapan, desain, manajemen dan optimalisasi jaringan 5G secara mulus. Melakukan geolokasi otomatis, mengabstraksi dan menyerap crowdsourcing. 

Menghubungkan aplikasi terpadu ke semua vendor dan algoritma ke OSS. 

Pada tahun 2022. Perusahaan teknologi Cellwize telah diakuisisi oleh perusahaan Chip Qualcomm asal Amerika Serikat dengan nilai mahar sebesar $ 350 juta dolar atau sekitar Rp 5,1 triliun rupiah ( setara Rp 5.145 miliar rupiah ). Sehingga hak teknologi & kepemilikannya sudah berpindah tangan. 

Sedangkan para pendiri founder Cellwize sudah tak lagi bekerja di perusahaan ini. 

Seperti biasa, mereka mulai menciptakan perusahaan teknologi baru yang lebih canggih lagi. 


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU