Langsung ke konten utama

Bagaimana perusahaan Israel ini sanggup membudidayakan 4.000.000 juta ekor ikan dewasa pertahun dan 26.000.000 juta bibit anak ikan di padang pasir hanya dengan lahan 300 hektar tanpa perlu banyak tenaga kerja ( 2023 )

Dengan menggunakan keajaiban teknologi modern. Perusahaan perikanan di Israel walaupun terhalang oleh kondisi extrem kini dapat mencapai angka budidaya ikan dengan hasil maksimal untuk membudidayakan ikan dalam jumlah besar tanpa menguras banyak lahan dan tanpa perlu menggunakan banyak buruh atau tenaga kerja. 

Ini adalah hasil dari penerapan teknologi RAS yang canggih demi meningkatkan kapasitas produksi. 

Mencapai keuntungan besar dengan menghasilkan unggulan dalam perdagangan ikan dewasa dan bibit anak ikan yang bertujuan ekspor. Selain itu, mengurangi biaya operasional dan meningkatkan pendapatan perusahaan dengan cara yang lebih sederhana melalui teknologi yang disebut recirculating aquaculture systems. 

Dagon aquaculture adalah salah satu perusahaan di Israel yang menyediakan solusi lengkap terintegrasi antara budidaya ikan laut, ikan hias, ikan air tawar dalam 1 ekosistem seluas 300 hektar.

Termasuk meliputi pemprosesan, pengepakan dan pengemasan ikan untuk dikirim ke aneka macam toko minimarket, supermarket dan pasar dalam bentuk beku. Baik dikirim untuk pasar lokal maupun ekspor ke internasional. Terutama untuk bibit ikan bertujuan ekspor, menggunakan pengiriman pesawat. 

Di Israel, 100% industri untuk budidaya ikan dikuasai oleh PT. 

PT memiliki kapasitas produksi yang besar. PT memiliki pengiriman ke seluruh dunia dengan jumlah besar. PT menerapkan teknologi canggih untuk meningkatkan kualitas hasil produksi perikanan. PT juga aktif dalam memenuhi daging ikan ke pasar lokal tanpa kendala apapun secara mulus.

Sehingga di Israel tidak ada satupun UKM di sektor perikanan yang berkecimpung didalamnya.

Masyarakat rakyat kecil di Israel tidak memelihara ikan mengingat kondisi wilayah yang menantang di gurun pasir. Sehingga sepenuhnya industri perikanan akuakultur di Israel di kuasai penuh oleh perusahaan industri besar yang berspesialis di perikanan. Kecuali memancing di laut dan impor salmon dari negara lain. 

Selain PT Dagon aquaculture. 

Terdapat pula PT Aquatech fisheries yang bergerak di bidang peternakan ikan berbasis darat. Aquatech mampu memproduksi, memanen dan menjual sebanyak 2.000.000 juta ikan per tahun dengan masing masing ikan memiliki berat 1 kg.

Jenis ikan yang dipelihara meliputi ikan bream, ikan bass, ikan redrum, udang, ikan koi, ikan tilapia ( nila ) dan ikan barramundi. 

Kedua perusahaan asal Israel ini. Telah sukses mencukupi seluruh kebutuhan rakyat Israel terhadap kebutuhan daging protein hewani yang berasal dari ikan. Sehingga pemerintah Israel tidak memerlukan lagi impor dari negara lain untuk daging ikan. Kecuali ikan salmon. 

Selain itu, terdapat perusahaan lain di bidang penyedia infrastruktur teknologi perikanan di Israel meliputi PT biofishency, PT Aquamoaf dan PT Madantec technologies. 

Youtube : Teknologi Israel Biofishency

Dari hari ke hari, jumlah tangkapan ikan dari hasil memancing nelayan di laut maupun di sungai terus berkurang. Bahkan sungai ikut mengering akibat pemanasan global warming.

Banyak frustasi yang kemudian dirasakan oleh nelayan. Karena seringkali bukan ikan yang didapat melainkan plastik, sepatu, sandal, kolor dan aneka sampah lainnya.

Sejak tahun 1970. Untuk menyelesaikan masalah ini. Perusahaan Israel telah memulai budidaya ikan berbasis darat menggunakan teknologi RAS. 

Karena stok ikan di laut di prediksi pada tahun 2050 bakalan habis tidak berkelanjutan. 

Mau makan ikan apa jika ikan di laut sudah punah. 

Selain itu, ikan di laut dan di sungai juga sudah tercemar limbah beracun berbahaya penyebab kanker. 

Satu satunya solusi penyelamat umat manusia untuk memenuhi kebutuhan ikan yaitu menggunakan teknologi RAS.  

Dimana PT Dagon aquaculture, PT biofishency, PT Aquamoaf, PT Madantec technologies dan PT Aquatech fisheries berkecimpung di dalamnya dan telah berpengalaman selama bertahun tahun di Israel. 

Youtube : Teknologi Israel Aquamoaf

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post