Lompat ke konten Lompat ke footer

Israel Rotem : Drone kamikaze the hunter killer spesialis penghancur tank musuh ( 2023 )

Kehadiran drone balap quadcopter berhulu ledak bom telah merubah banyak medan perang di dalam pertempuran modern.

Apa saja dapat dilahapnya bagaikan pemburu senyap yang melahap dan menghancurkan tank tanpa ampun. Termasuk membakar dan mengosongkan kendaraan mobil lapis baja, meledakkan kapal boat, meremukkan infrastruktur radar, artileri, merusak sistem pertahanan udara dan membunuh nyawa tentara manusia.

Drone rotem ini begitu senyap, sulit dideteksi oleh radar karena penampangnya yang kecil. Sehingga dibutuhkan radar mini khusus untuk mendeteksinya secara akurat. 

Disisi lain, tentara yang menggunakan senjata drone kamikaze rotem memiliki banyak keunggulan. Karena mereka dapat menghancurkan tank musuh yang berharga mahal dengan cepat, presisi dan aman dari jarak jauh 10 km tanpa harus terekspos dan tentu saja tanpa perlu harus membeli atau memiliki alustista mahal hanya dengan modal sebuah tas ransel, senjata kamikaze tersebut dapat di bawa kemana mana.

Pada tahun 2023. Banyak pemerintahan negara pemilik banyak tank saat ini sedang susah tidur, bingung dan pusing tujuh keliling memikirkan tentang solusi untuk mencegat drone kamikaze agar tidak mengkamikaze banyak alustista milik mereka, sehingga diperlukan tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah ini. 


Boaz levy dari Israel IAI mengatakan : 

Rotem Alpha adalah drone loitering munition anti tank portabel yang inovatif. Ini memanfaatkan warisan yang telah terbukti battle proven dalam laga pertempuran. Rotem Alpha menjawab kebutuhan terkini di medan perang modern. Kemampuan canggihnya menyediakan keuntungan militer bagi unit tempur infanteri taktis'. Sahutnya.

Drone rotem dilengkapi dengan kamera elektro optik. Tidak butuh GPS untuk menyerang, memiliki pemetaan internal di dalam sistem dan tahu ke mana arah jalan pulang back to the home secara otomatis jika sudah tidak diperlukan lagi atau ketika musuh belum ditemukan dapat kembali ke tentara dengan sendirinya.

Misi rotem alpha dapat dikerahkan untuk banyak misi tempur. Seperti di darat, di pantai, di lepaskan dari helikopter, di lepaskan dari pesawat hercules dan di lepaskan dari kapal perang dan berbagai skenario lainnya. 

Ketahanan daya terbang selama melayang di udara hingga 1 jam 10 menit dan apabila dalam misi bertengger ( tidak terbang, tetapi kamera elektro optik tetap aktif ) dapat bertahan hingga 24 jam untuk memindai, mematai matai dan meningkatkan kesadaran situasional.  

Drone kamikaze buatan perusahaan IAI Israel ini dapat beroperasi siang malam. Pekatnya kegelapan malam hari tidak menjadi halangan dan rintangan. Bahkan tentara musuh yang mencoba menyamar di malam hari dengan mengenakan baju hitam, cawat hitam dan topeng hitam sekalipun tidak dapat lolos dari kamera penglihatan canggih drone rotem. 

Sehingga drone rotem memiliki 2 fungsi sekaligus yaitu sebagai pengintai dan sebagai penyerang yang mematikan. Ini cocok digunakan oleh seorang tentara atau dua orang tentara. 

Waktu yang diperlukan untuk merakit dari tas ransel menuju lepas landas dan mempersiapkan keseluruhan perakitan sistem GCS dan menyalakan tablet komputer layar sentuh Panasonic made by from Japan hanya butuh 2 menit saja. 

Terbang tidak membutuhkan infrastruktur bandara apapun. Dimana saja rotem dapat terbang seperti drone hobi VTOL pada umumnya.  

Setelah drone rotem terbang, ia mulai mencari mangsa hingga jarak sejauh 10 km untuk dilahapnya. 

Rotem bagaikan elang yang merindukan kelinci lucu untuk di terkam. 

Spesifikasi drone quadcopter rotem : 

Buatan perusahaan : Israel Aerospace Industries. 

Kantor pusat : Israel. 

Drone bom terbang bunuh diri.
 
Drone tanpa membutuhkan peluncur apapun. Rotem ringan. Dilepaskan dimana saja dan kapan saja.

Durasi terbang : 1 jam 10 menit

Berat total : 25 kg

Jarak jangkauan radius terbang : 10 km

Jarak ketinggian terbang : 800 meter

Mode bertengger sambil mengintai menunggu di atas pohon, di atas bukit, di atas atap dan di tempat bersembunyi : 24 jam. 

Tentang Israel Aerospace Industries

Israel Aerospace Industries didirikan pada tahun 1953 dengan memiliki 17.000 karyawan. 

IAI adalah perusahaan kedirgantaraan, pertahanan militer dan sipil. 

100% saham dikuasai oleh pemerintah Zionis Israel.

Produk IAI meliputi konversi pesawat kargo, pesawat drone, robot autonomous, sistem elektronik, satelit, radar, radar AESA, cyber, rudal surface to surface 400 km, bom, aerostruktur, force protection, drone pembunuh kamikaze, C4I, Satcom, datalink, targeting pod, dll.

Di wilayah Israel, perusahaan IAI merupakan industri senjata terbesar peringkat #2 dari total 48 perusahaan militer sejenis yang ada di Israel. 

Seperti antara lain : SK Group, Simigon, TAT technology, Urbanaero, Mdtarmor, Blueoceancyber, Tomerrs, Rafael Advanced Defense System, Smartshooter, bet shemes engines, Imco industries, Steadicopter, Aeromaoz, Xtend, Checkpoint, Bird aerosystems, OSG group, Infinidome, Netlinetech, Hubsecurity, Zuritc, Ggds, Miframsecurity, Agilite, Liorprotective, Polarisolutions, Dfendsolutions, Gotrack, Omnisys, Acspouch, Santactical, Vidiscoxray, Liortextile, Elbit systems, Orbit communication systems, Nso group, Reguluscyber, Imagesatintl, Cellbrite, Elsight, Uveye, Cyberark, Creomagic, Rayzone, Talonsec dan Opgal optronic. 

Total seluruh pekerjaan di bidang industri militer Israel melibatkan 60.000 ribu karyawan. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.