Langsung ke konten utama

Intip porsi persentase pembagian anggaran APBN Amerika Serikat ( 2023 )

Rata rata gaji per bulan orang orang di Amerika Serikat pada tahun 2023 adalah sebesar US$ 4.444 atau setara Rp 70 juta per bulan dan mereka kemudian harus wajib membayar pajak ke pemerintah Amerika Serikat sebesar 10% - 37% per tahun tergantung tingkat variasi penghasilannya. 

Uang pajak yang dikumpulkan oleh pemerintah AS dari sumber pendapatan lainnya, termasuk berasal dari pinjaman utang baru. Maka terkumpullah pendanaan anggaran APBN di tahun fiskal 2022/2023 sebanyak $ 6,3 triliun dolar atau sekitar Rp 97.000 triliun rupiah. 

Uang APBN harus digunakan secara bertanggung jawab karena itu merupakan milik rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. 

Atas kebijakan presiden Joe Biden dan persetujuan gedung putih ( white house ). Tata kelola keuangan & ekonomi untuk alokasi anggaran disetujui dan ditanda tangani demi kepentingan rakyat Amerika Serikat. 

Setiap negara tentu saja memiliki perbedaan dan kebijakan berbeda beda dalam mengatur porsi APBN. Anda tidak dapat menyamakan alokasi APBN Indonesia dengan negara lainnya seperti China, Rusia, Uni Eropa, Amerika Serikat, Jepang, dll. Karena semuanya berbeda beda. 

Nah, pada artikel kali ini, yuk kita intip porsi persentase pembagian anggaran APBN di Amerika Serikat.

1]. 27% Anggaran jaminan bantuan sosial ( bansos )

Anggaran APBN terbesar Amerika Serikat di peringkat #1 di duduki oleh jaminan bansos untuk masyarakat berpenghasilan rendah, pengangguran, pensiunan miskin, orang orang kena PHK dan orang orang cacat ( difabel ). Ini berbentuk 2 jenis yaitu kupon makanan dan transfer uang ke rekening bank masing masing sebesar Rp 7.000.000 juta rupiah per bulan per individu kepada masing masing orang dewasa. 

Sedangkan jika memilih kupon makanan atau disebut juga kupon belanja dapat digunakan atau ditukar pada setiap minimarket dan supermarket yang ada di seluruh wilayah Amerika Serikat saat berbelanja kebutuhan makanan dalam bentuk nutrisi. Pada umumnya, mayoritas kebanyakan warga AS menukar kupon makanan di toko target corporation dalam bentuk belanja makanan dibayar pakai kupon. Dan pada akhirnya, mereka bisa mendapatkan makanan, sayur, wortel, kentang, telur, gandum, ayam, daging ikan, buah buahan & kue gratis tanpa bayar sepeserpun. 

Untuk mendapatkan jamin bantuan sosial dari pemerintah Amerika Serikat. 

Syaratnya peserta cukup mendaftar di web lalu beberapa hari kemudian mendapatkan $ 500 per bulan atau Rp 7.000.000 juta per bulan yang ditransfer ke rekening bank untuk dibelanjakan barang lokal sesuka hati mereka atau dapat memilih kupon makanan. Syarat utamanya yaitu harus warga asli Amerika Serikat. Tidak ada persyaratan tambahan, tidak ada kerumitan & tidak ada survei yang harus diisi. 

2]. 24% Anggaran asuransi kesehatan dan layanan kesehatan

Anggaran APBN terbesar Amerika Serikat di peringkat #2 di duduki oleh asuransi kesehatan dan layanan kesehatan. Awalnya pertama kali bernama Obamacare, tapi kemudian diubah menjadi asuransi Medicare yang terdiri dari 4 program yaitu Children's Health CHIP ( asuransi kesehatan untuk anak kecil ), Medicare, Medicaid dan asuransi affordable care act.  

Asuransi ini terbagi lagi menjadi 2 jenis. Yaitu asuransi kesehatan yang ditanggung sendiri pembayaran oleh peserta dan asuransi kesehatan yang ditanggung pembayaran sepenuhnya oleh pemerintah Amerika Serikat. Tetapi hanya dikhususkan untuk orang orang berpenghasilan rendah dimana pemerintah AS yang membayar asuransi ini setiap bulannya. Kalau di Indonesia mirip seperti BPJS. 

Pada Mei 2023. Tercatat sebanyak kurang lebih 94.000.000 juta asuransi kesehatan milik warga orang orang AS dibayar oleh pemerintah AS itu sendiri. Meningkat dibandingkan tahun sebelumnya di 2022 sebesar 71.000.000 juta orang. 

Anggaran APBN ini juga digunakan untuk alokasi peningkatan layanan rumah sakit dan puskesmas. 

3]. 13% Anggaran militer   

Anggaran APBN terbesar Amerika Serikat di peringkat #3 di duduki oleh militer. Digunakan untuk memperkuat angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara dan angkatan luar angkasa. Termasuk biaya membeli persenjataan baru, biaya perawatan senjata, biaya logistik militer, biaya infrastruktur militer dan biaya yang berhubungan dengan gaji tentara dan polisi dan biaya terkait militer lainnya. 

4]. 10% Anggaran biaya bayar cicilan utang & bunga utang. 

Anggaran APBN terbesar Amerika Serikat di peringkat #4 di duduki oleh membayar pinjaman cicilan utang dan bunga utang. Anggaran APBN ini digunakan untuk mengatasi masalah utang menumpuk yang terjadi di Amerika Serikat yang sebesar gunung merapi atau sekitar $ 33 triliun dolar ( setara Rp 511.000 triliun rupiah ). Perlu diketahui bahwa utang ini adalah salah satu metode praktis yang lazim untuk menyelesaikan masalah finansial sementara di Amerika Serikat agar dapat memperpanjang nafas.

5]. 4% Anggaran pendidikan

 Anggaran APBN terbesar Amerika Serikat di peringkat #5 di duduki oleh menteri pendidikan. 

6]. 22% lain lainnya :

Terdiri dari :

~ Anggaran biaya infrastruktur dan perawatan

~ Anggaran biaya gaji pejabat, pensiun pejabat dan pegawai pemerintahan

~ Anggaran biaya administrasi birokrasi pemerintahan

~ Anggaran biaya transportasi

~ Anggaran biaya penyertaan modal BUMN

~ Anggaran biaya penyelenggaran penegak hukum, hakim & keperluaan penjara

~ Anggaran biaya pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan

~ Anggaran biaya energi

~ Anggaran biaya penyelenggaraan politik dan demokrasi

~ Anggaran biaya bantuan pendanaan untuk sekutu AS

~ Anggaran biaya kebersihan lingkungan hidup negara

~ Anggaran biaya bantuan perusahaan swasta lokal dan permodalan

~ Anggaran biaya komunikasi & internet

~ Anggaran biaya urusan keanggotaan internasional seperti PBB, NATO, AUKUS, dll.

~ Anggaran biaya penelitian R&D.

~ Anggaran lain lain. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post