Langsung ke konten utama

Israel Gilat : Teknologi komunikasi konektivitas 4G tanpa kabel dan tanpa pemancar menara BTS. Internet berbasis luar angkasa melalui satelit untuk sipil, tentara militer, pesawat drone, pesawat tempur, kapal pesiar, kapal perang, rudal, pesawat komersial dan lain lain ( 2023 )

Youtube : Teknologi internet Israel Gilat berbasis satelit luar angkasa

Kehadiran internet telah mengubah peradapan zaman dan kehidupan umat manusia.

Internet digunakan oleh orang orang untuk bekerja, belajar, berbisnis, mencari hiburan, memesan makanan, mendengarkan musik bahkan hingga diperuntukkan dalam keperluaan militer.

Internet sudah menjadi bagian lifestyle yang tak terpisahkan dari hidup kita. 

Bagi beberapa orang, jika kehilangan sinyal internet. Rasanya hidup sepi dan hampa serasa mau mati jadi pocong.

Bagi orang orang yang tinggal di pelosok pedalaman dan berada jauh dari jangkauan tiang kabel fiber optik dan jauh dari menara pemancar BTS. Maka secara praktis mereka kehilangan internet.

Perusahaan teknologi asal Israel. Memberikan solusi satcom secara global untuk menyediakan jaringan internet modern kepada pihak sipil, pemerintahan dan militer yang berada di luar jangkauan internet dengan cara menghubungkannya melalui satelit di luar angkasa. 

Yossi dari Gilat Israel mengatakan : 

Gilat meyakini hak setiap orang untuk terhubung dan kami melihat pentingnya konektivitas internet yang terus berkembang di kalangan masyarakat di seluruh dunia. Solusi satelit dari Gilat memberikan jangkauan yang andal dan dapat diterapkan dengan cepat ke daerah daerah terpencil dan memimpin dengan pangsa pasar global yang besar. Sahutnya. 

Satelit internet luar angkasa untuk militer  

Misi operasi perang sering kali membawa pasukan, tank, drone dan kendaraan tempur lapis baja ke wilayah dengan ancaman nyata tanpa adanya sinyal satelit karena berada di wilayah asing. Untuk menyatukan semua komunikasi pasukan itu dibutuhkan akses terhadap intelijen real time dan pemakaian internet di mana pun dan kapan pun agar misi berhasil.

Foto : Tentara IDF Israel sedang menelpon dan berselancar di internet menggunakan satelit gilat berbasis luar angkasa

Pasukan tempur, kendaraan militer lapis baja, tank dan infanteri memerlukan komunikasi internet yang cepat, andal, dan aman di wilayah di luar batas jaringan dan yang berada jauh dari tiang kabel nirkabel tradisional. 

Komunikasi melalui satelit internet berbasis luar angkasa merupakan pilihan yang tepat memungkinkan tentara mendapatkan akses cepat ke data informasi penting sambil tetap berhubungan dengan markas pusat komando yang berada berkilo kilometer jauhnya.

Perusahaan Gilat.com menawarkan internet dengan MIL-SPEC yang kokoh, layanan jasa pemancar, layanan satelit dan aneka macam solusi komunikasi internet yang mudah dibawa menggunakan via ransel tentara atau pemancar yang mudah diinstal di atas turret tank.

Ini berkinerja tinggi mendukung komunikasi suara, pengiriman gambar, data text, C4I militer, pengiriman video dari kamera drone, menghubungkan data antar pesawat tempur ke pesawat tempur lainnya, komunikasi antar rudal dan berbagi data pada setiap aktivitas patroli perbatasan lainnya dengan interoperabilitas penuh antara pasukan darat, laut, dan udara. Semua data dalam pengelolaan internet terenskripsi dan memiliki keamaan cyber. 

Sistem antena bersifat aerodinamins, ringan tetapi selalu aktif untuk berkomunikasi pada Ku-, Ka-, dan X-band.

Terminal internet SATCOM dengan throughput tinggi untuk misi lintas udara tak berawak (drone) yang dirancang untuk menyediakan konektivitas internet tanpa gangguan yang diperlukan pada misi Beyond Line-of-Sight (BLoS).

Modem satelit dengan throughput tinggi untuk mendukung berbagai layanan suara, video, website, aplikasi dan data berbasis IP.

Kompatibel untuk pasukan khusus yang bergerak di wilayah non akses internet menjadi full akses internet

Satelit internet luar angkasa untuk sipil

Kapanpun dan dimanapun konektivitas internet milik Gilat yang memancar dari luar angkasa dapat menyediakan akses ke pelosok desa terpencil, lautan lepas bahkan hingga berada di tengah gurun pasir tidak menjadi masalah untuk menyediakan akses internet.

Satelit internet luar angkasa adalah cara yang paling hemat biaya dan merupakan satu satunya solusi yang layak untuk memastikan komunikasi internet dapat di andalkan untuk warga sipil, perusahaan sipil dan pemerintahan yang berada di luar jangkauan pemancar BTS atau diluar jangkauan kabel fiber optik milik perusahaan telekomunikasi lainnya. 

Gilat menawarkan serangkaian modem, pemancar dan solusi untuk memenuhi kebutuhan sektor mobilitas internet untuk daerah yang tidak ada akses internetnya. Sehingga semakin banyak website dan aplikasi mobilitas terhubung yang memerlukan konektivitas internet, baik di kereta, di traktor, di truk, di dalam bus, di dalam mobil bahkan memungkinkan menggerakkan alat IoT. Seperti robot industri diluar area akses internet untuk kalangan enterprise. 

Pada tahun 2022. Perusahaan Gilat asal Israel memperoleh pendapatan kotor sebesar $ 239 juta dolar atau sekitar Rp 3,7 triliun per tahun. 

Teknologi Gilat diranah sipil dapat ditemukan pada pesawat terbang yang memiliki akses internet. Gilat adalah penyedia teknologi satu satunya di dunia di bidang perangkat penerbangan komersial ini tanpa pesaing. 

Sedangkan diranah penyediaan satelit internet sipil lainnya di darat pada area luar jangkauan. 

Pesaing gilat terdiri dari perusahaan starlink milik founder Elon musk dan perusahaan oneweb. 

Nama : Gilat

Kategori : Teknologi internet luar angkasa

Kantor pusat : Israel

Wilayah operasi : Seluruh dunia

Alamat : Gilat.com

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.