Langsung ke konten utama

Austria ( Uni Eropa ) beli turret tank Crossbow buatan Elbit System Israel senilai $ 53 juta dolar atau Rp 848 miliar rupiah ( 2024 )


Pada tahun 2015 pernah diprediksi oleh beberapa pakar peneliti bahwa perang modern dapat membawa dampak mematikan pada sistem angkatan darat yang berupa tank dan kendaraan lapis baja. Sehingga mudah dihancurkan oleh pesawat drone tanpa awak dan drone kamikaze. 

Namun pada kenyataan dilapangan. Pada tahun 2024 di peperangan Gaza dan berkaca juga kepada perang Ukraina VS Rusia. 

Membuktikan bahwa tank walaupun diketahui memang memiliki banyak sejumlah kelemahan, tank tetaplah tidak dapat digantikan sepenuhnya oleh pesawat drone. 

Penggunaan tank dan kendaraan lapis baja tetap diperlukan, mutlak dan tetap diproduksi massal hingga hari ini, sekarang & masa depan. 

Tank memiliki keunggulan tersendiri dalam kemampuan menciptakan zona wilayah akses larangan penyangga keamanan dalam kapasitas penahanan pertahanan meredam dampak serangan infiltrasi musuh, biaya operasional tank tidak semahal pesawat drone MALE untuk membasmi gerombolan infanteri taktis, bagian body tank kebal terhadap terjangan peluru amunisi berbanding terbalik dengan drone, selain itu tank juga digunakan untuk menyedian bantuan logistik ke garis depan, mengirim tentara dengan aman dibandingkan truck militer, dukungan support tembakan, dan masih banyak lagi yang tidak dapat dilakukan oleh drone. 

Oleh sebab itu, tank masihlah digunakan sampai sekarang sebagai operasi militer bagi pemerintahan dunia karena arti penting dari penggunaan tank tidak dapat digantikan oleh pesawat drone, justru drone & tank saling melengkapi. Bukan meniadakannya.  

Data membuktikan, industri senjata BUMN Rostec di Rusia, di China, di EU, di UK dan di Amerika Serikat terus menerus memproduksi tank hampir setiap hari. Hal yang sama terjadi pula di Israel. 

Perusahaan teknologi militer asal Israel. Elbit System mengumumkan di bulan Mei 2024. Lagi lagi telah mendapatkan pesanan pembeliaan untuk pembangunan turret tank dari varian Crossbow. 

Negara pelanggan dirahasiakan oleh Elbit System untuk alasan demi melindungi privasi terhadap moral kemanusiaan di Gaza Palestina. Namun pengamat memperkirakan bahwa itu adalah negara bagian Austria ( Uni Eropa ). 

Pembeliaan turret tank berharga sekitar $ 53 juta dolar atau sekitar Rp 848 miliar rupiah. 

Karena Elbit System lagi sibuk menerima banyak pesanan pasar dari berbagai negara internasional dan dari pemerintah Israel untuk persenjataan. Berdasarkan kontrak perjanjian, turret Crossbow dikirim selesai ke Austria pada tahun 2029.  


Yehuda vered dari perusahaan Elbit System Israel mengatakan : 

Turret mortal dengan putaran dipandu otomatis. Menegaskan kembali komitmen kami untuk mengembangkan dan menyediakan solusi sistem angkatan darat yang inovatif dan canggih sebagai solusi terhadap kebutuhan medan perang modern yang terus berubah. Sahutnya. 

Tentang turret Crossbow :

Crossbow merupakan turret untuk kategori tank IFV beroda atau roda rantai. 

Sistem pengisian sudah menerapkan 100% automatic loader menggunakan alat mekanik otomatis yang dikendalikan oleh komputer. Pada hakekatnya, Crossbow merupakan mortal Iron sting 120 mm.

Pelanggan dapat menerapkan 2 cara yaitu GPS dan panduan laser untuk menghancurkan target musuh.

Jarak tembak Crossbow adalah 10 km.  

Dalam 1 menit dapat memuntahkan 10 tembakan.  

Portofolio produk lainnya.

Selain Crossbow. Elbit System juga menghadirkan diversifikasi 5 bisnis untuk kategori turret tank. 

Pelanggan internasional dapat memilih untuk melengkapi kendaraan tank lapis baja anda menggunakan produk Elbit System asal Israel. 

Ini terdiri dari : 

1]. Turret smoothbore Merkava, 120 mm. 


2]. Turret UT30 

Turret UT30 tidak dilengkapi peluncur rudal. Bersenjatakan meriam 30 mm. 


3]. Turret MT30 atau disebut juga Redback

Turret Redback dilengkapi peluncur rudal spike. Bersenjatakan meriam 30 mm. 


4]. Layanan upgrate kekebalan hull & turret tank ke versi modern. 

Perusahaan Elbit System asal Israel juga menyediakan jasa layanan untuk memperkuat antibodi turret tank dari negara anda menjadi 2x lipat lebih kuat dari sebelumnya dalam menahan serangan musuh, dilengkapi teknologi APS Iron First untuk mematahkan terjangan rudal musuh, meningkatkan firepower dan menjadikan tank anda lebih digital ( Transforming tank ke era abad 21 ) demi memastikan meraih kemenangan dalam pertempuran dan memastikan kedaulatan bangsa anda. 

Tertarik memodernisasi kendaraan tank lapis baja anda menjadi lebih canggih. 

Contact dan pesanan produk tersedia lengkap di situs Elbit System Israel. 


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.