Langsung ke konten utama

Amerika Serikat beli drone AI Hero Kamikaze buatan Israel senilai $ 73 juta dolar atau Rp 1,1 triliun rupiah [ sang pembunuh tank tanpa mengandalkan GPS ] ( 2024 )

Foto : Teknologi militer Israel, Uvision Hero


Amerika Serikat memang memiliki teknologi persenjataan drone kamikaze buatan perusahaan lokal sendiri. Seperti drone Roque dari pabrikan Teledyne Flir dan drone kamikaze Switchblade dari pabrikan Aerovironment. 


Namun nampaknya pemerintah Joe Biden masih merasa tidak puas sehingga di tahun 2024, pihak Pentagon & White House melalui kementerian pertahanan AS telah memutuskan membeli varian drone kamikaze dari negara Israel. Hero yang dilengkapi kecanggihan AI sehingga kebal serangan electronik jamming. 

Perusahaan Israel, Uvision asal Israel menandatangi perjanjiaan kontrak senilai $ 73 juta dolar atau Rp 1,1 triliun rupiah untuk menyediakan dan memasok drone bunuh diri tersebut ke Amerika Serikat yang nantinya digunakan oleh pasukan khusus US ARMY di medan perang. 

Kontrak pembeliaan termasuk meliputi suku cadang, panduan teknik penggunaan & pelatihan.

Indikasi pembeliaan mengingat senjata Hero memiliki akurasi keakuratan tinggi, tidak butuh GPS, sulit dideteksi oleh radar karena memiliki penampang kecil, aerodinamis, bersifat portable, mudah dibawa kemana mana entah itu via mobil, helikopter maupun infanteri dan daya jangkauan serangannya lebih jauh untuk membunuh atau menghancurkan tank, kendaraan lapis baja musuh, fasilitas radar dan infrastruktur musuh lainnya. 

Avi Mizrachi dari tim juru bicara perusahaan Uvision mengklaim bahwa produk senjata ini merupakan teknologi mutakhir dan dapat diandalkan untuk menjaga keamanan nasional Amerika Serikat

Drone hero telah diinstal AI sehingga meningkatkan efektivitas saat mode penembakan. Tentara cukup fokus pada misi operasi penting saat itu tanpa dipusingkan dengan aneka macam aktivitas lainnya. AI mengidentifikasi target musuh dengan sendiri dari jarak jauh, lalu mengirim informasi untuk menyerangnya dengan sendiri, namun terlebih dahulu memberi wejangan perintah pembunuhan atau penghancuran tersebut, atas dasar pertimbangan tentara manusia dengan memencet tombol 'YES' atau NO'. Jika dipilih YES, maka AI bekerja memukul & menghantam musuh secara full automatic. 


Drone hero mencakup banyak tipe jenis, mulai dari penyerangan 1 km sampai sejauh 200 km. 

Daya tahan baterei hingga mencapai 60 menit ( 1 jam ). 

Drone Hero dapat ditembakkan oleh pasukan khusus, kapal perang, tank, mobil tempur, helikopter dan pesawat tempur. Platform peluncuran umumnya menggunakan tabung canister. Namun bisa juga di lemparkan begitu saja di udara. Ini dapat membawa hulu ledak 4 kilogram sampai 6 kilogram. 

Diluar Israel, salah satu pesaing terberat Hero adalah drone kamikaze Lancet dari perusahaan Rostec Rusia. 

Tentang perusahaan Uvision

Uvision adalah perusahaan asal Israel yang didedikasikan dalam membangun, mengembangkan dan menciptakan drone kamikaze sebagai pengawasan, ISTAR, pelacakan dan penyerangan target yang dapat diluncurkan melalui darat, laut dan udara secara real time oleh sistem komunikasi jarak jauh berdasarkan kamera elektro optik EO yang terhubung ke pusat stasiun komando dan kontrol.

Uvision adalah anak sepenuhnya dari perusahaan Rafael Advanced Defense System.

Rafael Advanced Defense System adalah perusahaan BUMN milik pemerintah Zionis Israel dimana 100% saham dikuasai, dipegang dan dikendalikan dibawah otoritas kementeriaan pertahanan Israel. 

Ini memperkerjakan sekitar 8.000 karyawan dengan meraup pendapatan kotor pertahun sebesar $ 4 miliar dolar atau Rp 64 triliun rupiah per tahun.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.