Langsung ke konten utama

Nvidia AS akuisisi perusahaan teknologi AI Israel Deci senilai $ 300 juta dolar atau Rp 4,8 triliun rupiah ( 2024 )

Perusahaan teknologi raksasa terkaya peringkat #3 di dunia, Nvidia asal Amerika Serikat. 

Pada tahun 2024 telah mengumumkan mengakusisi perusahaan asal Israel Deci.ai. Ini adalah perusahaan pencipta model AI generatif dan computer vision yang efesien sekaligus menjaga keamanan bigdata, akurasi tinggi, waktu proses unggul, serba otomatis dan menghemat biaya cloud computing hingga 80%. 

Alasan Nvidia mengakusisi Deci disebabkan karena memiliki blueprint teknologi yang belum dimiliki oleh Nvidia. 

Tim Nvidia mengatakan : 

Nvidia segera dilengkapi oleh AI milik Deci di NAS. Ini mengotomatisasikan desain model machine learning untuk meningkatkan kinerja. Tim teknik Deci memiliki portofolio ilmu pengetahuan tentang NAS, model dasar, inferensi dan penciptaan algoritma kompleks. Sahutnya. 

1 bulan sejak pengumuman pengambilalihan akuisisi blueprint ilmu Deci.AI. Nilai harga saham Nvidia naik 36% menjadi $ 1.208 dolar. Secara praktis, Nvidia membelakangi Microsoft dan Apple.inc. 

Perusahaan Deci.AI buatan Israel ini menciptakan AI mirip seperti Gemini ( Alphabet ) dan OpenAI ChatGPT ( salah satu pemegang saham terbanyak yaitu : Microsoft ). Tetapi Deci menggunakan bahasa pemprograman komputer LLM berbeda dan telah dipatenkan di Israel ( Hak paten sah menjadi milik Nvidia ) 

Deci menawarkan privasi keamanan data untuk membangun AI dalam membantu manusia bertukar pikiran, menganalisis data analisis dengan kecepatan tinggi, chatting chatbot mirip seperti apa yang dilakukan ChatGPT, copywriting, menjawab pertanyaan dengan langsung, menulis artikel dengan lebih cepat 38% dibandingkan AI pesaing, menghitung perhitungan tabel keuangan, integrasi dengan hardware agar dapat bekerja & berbicara, dll.

Deci menggunakan 13.000.000.000 miliar parameter. Menghasilkan throughput tinggi, latensi rendah, inferensi hemat biaya pada perangkat keras GPU. 

Yonatan Geifman, salah satu founder Deci.AI lulusan Technion Israel Institute of Technology mengatakan : 

Dengan meningkatnya penggunaan AI Generatif di berbagai macam sektor bisnis. Terdapat peningkatan permintaan terhadap model yang tidak hanya berperforma tinggi, namun juga hemat biaya operasional. Inovasi kami DecilLM-7B dikombinasikan dengan InferyLLM merupakan terobosan yang sanggup beradaptasi dengan aneka macam pengaturan. Termasuk solusi on premise dan efesiensi yang luar biasa membangun model komputasi berkualitas tinggi sehingga mudah diakses oleh banyak orang. Sahutnya. 

Nilai akusisi sekitar $ 300 juta dolar atau Rp 4,8 triliun. 

Dibayar lunas tanpa kredit utang. 

Setelah akuisisi dan proses pemindahan integrasi selesai ke Nvidia, beberapa staff karyawan & para founder segera meninggalkan Deci.AI untuk menciptakan teknologi baru, inovasi baru dan perusahaan baru yang lebih canggih. Contohnya seperti Deci.AI version 2.

Tampaknya, ini merupakan usaha diam diam Nvdia untuk bersaing dengan sehat melawan keunggulan Microsoft melalui OpenAI & Alphabet Gemini dalam memenangkan perlombaan AI.   

Tak selang beberapa bulan sebelumnya. Gerak cepat Nvidia dengan sigap telah mengakusisi terlebih dahulu perusahaan teknologi Israel Run.AI dan Deci.AI dalam portofolio genggamannya sebelum harganya kelak membesar dan menjadi mahal. 

Seolah olah, Nvidia ingin mengatakan kepada dunia : Uang memang dapat membeli segalanya, 2 teknologi AI asal Israel sudah jatuh menjadi milikku. 

Nama : Deci AI

Kategori : Teknologi AI

Alamat situs : deci.ai

Perusahaan induk : Nvidia

Kantor pusat Nvidia : Amerika Serikat

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.