Blog Teknologi, Perang Militer, Film, Makanan, Cara, Lagu, 10 & Coin Token CryptoCurrency

3 Binatang Ajaib Pengurai Limbah Sampah Rumah Tangga di Perkotaan yg dapat di Jadikan Bisnis Peternakan Menguntungkan


Menurut Data Statistik dari BANK DUNIA

Jumlah Penduduk Perkotaan di Indonesia sangat banyak hingga mencapai 52%. Di Prediksi Pada Tahun 2025 nanti. Jumlah Penduduk yg tinggal di Kota dapat mencapai angka 68%.

Artinya, Lahan Semakin Sempit banget. Bersaing dengan Lahan Peternakan, Perkebunan dan Pertanian. Kita telah membuktikan sudah ada banyak Sawah yg berubah menjadi tempat pemukiman dan real estate.

saya ketika 25 Tahun yg lalu. Kiri Kanan rumah saya kosong, saya bisa beternak ayam, burung merpati, babi dan ikan. Sepuas hati dengan lahan yg luas tanpa perlu kwatir.

Tapi kini semakin sulit. Kiri kanan rumah tetangga. Lahan Peternakan semakin sempit. di Tambah lagi picu bau semerbak dari aroma khas Peternakan. 

***

Tinggal di Perkotaan. Walaupun memiliki Kekurangan karena kesulitan untuk berternak dan bercocok Tanam. Tapi Ternyata ada juga keunggulannya yaitu Akses Penjualan Hewan Ternak Lebih Murah, Biaya Transportasi bisa di Tekan Seminim mungkin. 

Kemudian ada banyak sekali sampah organik di Perkotaan yg berasal dari Limbah-Limbah Rumah Tangga dan dari Pasar Terdekat. 

Dari Hasil Pengamatan saya. Bagi Anda yg tinggal di Perkotaan. Ada 3 Hewan yg menguntungkan apabila di Pelihara di Kawasan Perkotaan. Yaitu : 

1]. BABI

Lho, mengapa Babi....? Bukankah Hewan ini HARAM. 

Hem..., Tenang dulu. 

bagi Kalangan Non-Muslim. BABI justru menjadi Santapan Lezat dengan Harga yg Jauh Lebih Murah Meriah dari Daging Sapi, Kambing, Domba dan Kerbau. 

Menjadi Peternak Babi. Di Jamin Sangat menguntungkan. Menjualnya pun tak sulit.

Tapi kita bukan membahas hal ini ya. Tetapi ternyata ada Keajaiban yg Terdapat Pada BABI. Apa itu...? 

Yupz. Hewan ini Termasuk Golongan OMNIVORA


Babi melahap makanan apa saja. dari Sisa-Sisa Sayur-Sayuran, buah-buahan, tulang ikan, tulang ayam, singkong, jagung, nasi sisa kemarin, mie, daun-daunan, Tongkol pisang, Batang pisang, ampas tahu, dan segala sesuatu yg berbahan organik yg dapat digigit & tak beracun yang sudah di panaskan kedalam api atau diberikan mentah-mentah juga bisa.  

BABI termasuk hewan Rakus. 

Jika Lapar. BABI memakan kotorannya sendiri. Tapi kalau kenyang. Babi menolak memakan kotorannya kok. Karena babi juga memiliki batas kekenyangan. 

2]. AYAM
ayam+dan+telur.jpeg (445×256)

Ayam termasuk Hewan Ajaib. Karena Golongan OMNIVORA. 

Selama ini banyak orang mengetahui jika ayam hanya memakan Pakan BR olahan Pabrik, atau Beras, Nasi Aking, Tepung Dedak, dan Jagung.

Tapi ternyata. 

Semua jenis makanan berbahan organik yg tak beracun dapat di lahap oleh ayam. dengan catatan semuanya mesti dihaluskan kecil-kecil dahulu. memang agak merepotkan sih. 

Potongan+bakso.JPG (635×596)

pakan+alternatif+ayam.JPG (659×533)

pakan+ternak+ayam.JPG (648×486)

ayam+makan+pakan.JPG (669×502)

Untuk Info detailnya. Bisa teman-teman baca di artikel saya sebelumnya ya yg berjudul. 


semoga saja bermanfaat bagi Anda.

3]. MAGGOT / BSF
lalat+bsf.jpg (688×590)

Hewan Maggot BSF ini baru saya ketahui Pada Tahun 2017. 

Ayam dan Babi adalah Hewan Ajaib karena bisa melahap semua Sampah Organik Sisa-Sisa Rumah Tangga. 

Tetapi Ayam dan Babi ngga bisa melahap kotoran atau Tahi. Sedangkan Larva Maggot atau Lalat Tentara Hitam dapat melakukannya, sekaligus membersihkan dan menghilangkan bau tak sedap. Sehingga Maggot layak untuk dipelihara untuk mencegah Demo Warga yg merasa risih dengan Bau dari hasil peternakan.  

Kombinasi memelihara ke 3 hewan ini sungguh luar biasa. dimana ayam dan babi akan melahap seluruh limbah organik di Perkotaan tempat tinggal Anda. Kemudian Maggot melakukan Tugasnya sebagai Pelahap Kotoran dari Hasil Ternak Ayam + Babi.

panen+maggot.jpg (747×499)

Ajaibnya, Maggot yg berbentuk seperti Belatung dapat diberikan kembali kepada Ayam sebagai Pakan yg bernilai Protein Tinggi hingga mencapai 35%-40%.

Artikel Lainnya :

Youtube : Panen Maggot untuk Pakan Hewan Ternak

Nah, Sekian dulu artikel hari ini ya. Jika Teman-teman memiliki Pendapat yg berbeda Tentang 3 Binatang Ajaib ini. Silahkan di sampaikan ya. 

Saya Percaya Pendapat orang Pasti berbeda-beda dari satu dengan yg lainnya. Karena itu saya menghargai Pendapat Anda. Senang rasanya bila kita dapat berbagi Pendapat untuk mencari tahu tentang sesuatu yg lebih baru.  

Mengapa saya menganggap 3 Hewan di atas Tersebut ajaib untuk di ternak di area perkotaan yg banyak sampah Organik. 

Karena Terdapat Pola Rantai Makan Ajaib. Yaitu : 

1]. Ayam & Babi Makan Limbah-Limbah Sampah Organik Perkotaan

2]. Ayam & Babi menghasilkan Kotoran

3]. Kotoran di makan oleh Maggot / BSF

4]. Maggot di makan kembali oleh Ayam + Babi

5]. Ayam & Babi menghasilkan Kotoran lagi.

6]. Kotoran di makan oleh Maggot / BSF

7]. Maggot di makan kembali oleh Ayam + Babi

Begitu seterusnya, sampai sisa-sisa kotoran berubah menjadi Pupuk Kompos.

Pupus Kompos dapat digunakan untuk bertanam Sayur-Sayuran dan Buah-Buahan.


Lalu Alur Pola Kembali ke Poin #1. 

Di Mana Ayam & Babi Makan Sayur-Sayuran dan Buah-Buahan Kembali.

Lalu Begitu seterusnya berputar mengikuti Pola. 

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat ya. GBU
Tag : Teknologi
0 Komentar untuk "3 Binatang Ajaib Pengurai Limbah Sampah Rumah Tangga di Perkotaan yg dapat di Jadikan Bisnis Peternakan Menguntungkan"

Back To Top