Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Uang Ethereum Ether dan Keunggulannya di bandingkan Bitcoin (2016)

Mohon Maaf jika Artikel ini ada Kesalahan. Karena ini merupakan Hasil Pengamatan Pribadi Afrid aja ya. Mohon Teman-Teman Bijak membaca Artikel ini.



Awal Mula ETHEREUM
Seseorang yg bernama VITALIK BUTERIN (Kelahiran Rusia yg tinggal di Swiss). Telah Belajar Tentang Mata Uang Digital Cryptoccureny Sejak Beberapa Tahun yg Lalu. Ia mengamati. Ia juga aktif dalam Proyek-Proyek Pengembangan dan Penelitian Uang Digital. Khususnya Bitcoin.

Selang Beberapa Tahun Kemudian setelah belajar banyak Tentang Bitcoin. Akhirnya, Ia Menciptakan Proyek ETHEREUM bersama Teman-Temannya.



Apa itu Ethereum
Ethereum adalah Tempat Platfrom Bahasa Pemprograman Tempat Kita Menyimpan Aset Uang Ether. Ethereum mirip seperti Sistem Blockchain milik Bitcoin. Bedanya, di Ethereum ngga ada Pihak ke 3 yg Terlibat di dalamnya.

Ia Murni Merupakan Perusahaan Otonom yg Berjalan Karena adanya Jaringan Internet. Nyaris Tanpa ada Manusia atau Pegawai Manusia di balik layarnya. Ia Murni Mesin Internet yg Tersebar ke Seluruh Penjuru Dunia ke Berbagai Laptop, Komputer atau Smartphone Pribadi Anda.

Sehingga Mustahil untuk di atur oleh Pemerintah, Bank, Pihak Startup ke 3, Perusahaan, Regulasi, Undang-Undang, dan ngga Mungkin Bisa di Matikan atau Mustahil untuk di BLOKIR.

Jika Pengen Simpelnya dalam Pemahaman Sehari-hari kita. Ethereum itu mirip Seperti BANK BCA, Bank BRI, BTN, dll. Tempat Biasanya Kita Melakukan Transaksi atau Transfer Uang. Tetapi ETHEREUM berbeda dengan Bank. Karena ia tak berbentuk Fisik. Alias Ia hidup di “Dunia-Maya”. Hebatnya Lagi tak ada 1 pun Manusia yg mengendalikannya. Ketika di Onlinekan, Ia Murni Mesin Bahasa Pemprograman Komputer atau bisa juga disamakan dengan ROBOT yg Hidup Via Internet


Ether 
Agar Ethereum bisa Berjalan di dunia maya Internet. Ia membutuhkan Bahan Bakar. Bahan Bakar ini disebut “ETHER”. Ibaratnya. ETHER adalah Seperti Gas atau Listrik untuk menjalankan Ethereum agar bisa Terus Online di dunia maya dan Bisa Terus Tersimpan di Layanan Komputasi.

Untuk Mendapatkan ETHER. Anda harus menghidupkan Komputer atau Laptop anda 24 Jam Sehari untuk menambang dan mendapatkan 1 ETHER. Minimal Komputer anda Berkekuatan 2 RAM. Jadi Setiap Anda Menyalakan Komputer Anda dalam 12 Detik. Ada Imbalan untuk Anda dalam bentuk ETHER.

Setiap 1 ETHER. Harganya Berkisar sekitar Rp 120.000 (Versi Coinmarket.com Tanggal 15/3/2016). Proses inilah yg biasanya disebut Pertambangan Mata Uang Kripto.

Berapa Total Batas ‘Ether’ yg Bisa di Tambang
Jika di Bitcoin di Batasi di angka 21.000.000 unit saja. Maka di ETHER adalah Tanpa Batas. Artinya Inflasi yg Menentukannya. Jumlahnya Bisa Tinggi atau juga bisa Rendah. Tergantung Tingkat Emosi Manusia yg Menentukannya. Atau juga Karena Pemegang Ether meninggal dunia atau Kehilangan).

Namun, Telah di Tetapkan Jumlah Pertambangan Ether sebesar 18.000.000 Juta Pertahun. 

Artikel Lainnya :

Apakah Ethereum Bisa Mengalahkan Bitcoin
Belum ada yg Tahu. Karena Emosi Manusialah yg Menentukannya. Sejauh ini, Afrid melihat Sistem Ethereum+Ether memang Canggih. Tak Heran mengapa Banyak orang menyebutnya sebagai Bitcoin 0.2.

Ether disini bisa juga disebut sebagai Aset yg Sepadan dengan Mata Uang Digital Bitcoin. Tapi Kelebihan Ether dibandingkan Bitcoin adalah Ether berjalan di Sistem Ethereum yg Saling Menopang. Ether bisa juga untuk membayar biaya Penyimpanan Memori, Biaya Bahan Bakar Listrik untuk membuat Sumber Daya Jaringan Ethereum agar Terus Berjalan secara Online di seluruh dunia. Disebut juga “GAS”.




Namun sejatinya, Bitcoin dan Ether juga saling menopang. Karena Tanpa Bitcoin, Ether ngga mungkin bisa memiliki Harga. Harga ditentukan di Bursa Pertukaran atas Permintaan Emosi Manusia atas “Jual dan Beli”.


Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU