Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Blogger dan Wordpress Selama Kurun Waktu (2017)

Foto : Blogger VS Wordpress
Mengikuti Perkembangan Blogging udah saya Tempuh Hampir 10 Tahun yg Lalu. Waktu itu, Saya Menggunakan Monitor CRT dan Warnet yg Leletnya Minta Ampun. Tapi Bukan berarti saya aktif di dunia Blogging ya. Karena sebenarnya Cuma ikut gitu gitu ngeliat aja.



Dulu Platform Blogging Terkenal adalah Tripod, Blogger dan Geocities.

Pada Tahun 2006. Buku-Buku Tentang Blogging Laris Manis di Beli di Grandmedia.  Jadi BEST SELLER. Dan Ya, Tentu aja Penjualan Ebook yg di jual di Internet Tentang Blogging juga Laris.

Tahun 2006. Marak Website Affiliate/Resseler yg Menjual Ebook dan Blog-Blog Baru Bermunculan. 

Layanan Blogger aja kala itu masih banyak menggunakan Kode-kode Pemprograman yg memusingkan dan menggunakan Bahasa Planet entah darimana. 

Nah. Karena Banyak Orang yg Belum dapat Membuat Website/Blog. Maka Jasa Pembuatan Blog/Website Berlimpah Ruah Pada Masanya. Harga yg ditawarkan berkisar Rp 300.000 – Rp 4.000.000 juta untuk membuat 1 website saja.

Waktu itu Saya membeli Jasa Pembuatan Website. Harganya Rp 4.000.000.

BEBERAPA TAHUN KEMUDIAN 2008

Perkembangan Teknologi Begitu Cepat. Secara Ajaib. Blogger.com Bisa ngomong Bahasa Indonesia ya.

Hebatnya Lagi nih, Kode-Kode HTML yg Rumit udah di Permudah. Sehingga Anak SMP atau Pemula Sekalipun. Saya Lihat udah bisa Bikin Blog/Website menggunakan Wordpress atau Blogger. Sesuatu yg dulunya saya anggap “Mustahil”.

Blogger.com dan Wordpress Melambung Tinggi di Tahun-Tahun ini.

Tripod dan Geocities yg dulunya Terkenal. Sekarang jarang terdengar. Begitu juga dengan Penyedia Jasa Pembuatan Website tempat saya membeli telah Tutup. Ngga ada lagi orang yg memesan Pembuatan Website karena banyak orang udah bisa bikin sendiri ya.

Untuk Membuat Sekarang Mudah Gratis. Kita Cuma Beli Domain. Harga Biasanya Sekitar Rp 135.000 Pertahun. Kalau untuk Blogspot ya.





Kalau untuk Pengguna Wordpress. Bisa di Tambah Pembelian dengan Hosting. Mulai dari Rp 15.000 Perbulan – Rp 50.000.000 Juta Keatas Perbulan.  

PERKEMBANGAN BLOGGING 2017 TRANSISI CLOUD HOSTING
Trend Blogging di 2017 apa ya…?

Sekarang Jika saya Perhatiin. Mereka yg menggunakan Wordpress.org Lebih Memilih dan Telah Banyak yg Pindah ke Penyedia Jasa Cloud Hosting. Ketimbang versi Tradisional yg dulu. Yaitu ‘Share Host’.

Mengapa…? Karena Secara Teknologi Cloud Hosting Jauh Lebih Unggul. Mereka Blog/Web yg masih menggunakan Hosting Tradisional pasti suatu saat nanti akan tertinggal. Karena Lambat dan Harganya yg Lebih Mahal.  

Di Indonesia, Kalau ngga salah. Penyedia Cloud Hosting Pertama yaitu dari Dewaweb.com. Oh ya, Berikut Penjelasan Detail Tentang Cloud Hosting.

Youtube : Apa itu Cloud Hosting

PERKEMBANGAN BLOGGING TAHUN AKAN DATANG
Sulit untuk memprediksinya.

Namun yg Pasti Persaingan Semakin Sengit. Penyedia Jasa Hosting kemungkinan banyak yg berguguran. Beberapa diantara yg lain akan di akuisisi oleh Perusahaan Hosting yg Lebih Besar.


Pada Beberapa Tahun Mendatang. Kemungkinan besar Penyedia Jasa CMS (Content Manajemen System) yang akan mengambil alih semua Pasar Hosting yg ada di dunia ini. 



Contohnya saja Wix.com

Kita Bisa Membuat Website Profesional di Wix.com Semudah 1 2 3 Tanpa membutuhkan Keahliaan Pemprograman.

Semua Hosting, Storage, Bandwidth, Domain, dll semua dalam 1 Pembayaran Tanpa Perlu Bolak Balik.

Bagaimana dengan Harga..? Apabila saya bandingkan Jauh Lebih Murah Ketimbang Layanan Hosting yg ada di Indonesia.

Dengan Wix.com Kita Bisa Membeli 20 GB Storage dengan Unlimited Bandwidth hanya Seharga $ 24 atau Rp 325.000 Per Bulan. Bandingkan rata-rata di Indonesia dengan Paket yg sama berkisar Rp 500.000 Per Bulan. Kalah Harga bukan…? 

Hal ini di Masa Depan Tentu dapat memberikan Ancaman. 

Di Pastikan ada banyak Penyedia Jasa Hosting di Indonesia yg Gulung Tikar oleh Penyedia CMS atau Cloud Computing. Seperti Blogger.com, Wordpress.com, vip.wordpress.com, Wix.com, Dreamhost Remixer, Squarespace, Amazon Web Service (AWS), Google Cloud Platform, IBM Cloud Computing, Microsoft Azure, dll Mereka-Mereka ini akan berjaya di Masa Depan yg memiliki Platform CMS dan Cloud Sendiri Masing-Masing.  

Oh ya, Mohon Maaf bagi Anda Pengguna Layanan Wordpress Self Hosting Wordpress.org.

Kalau boleh saya jujur dari hasil Penelitian saya jika dalam jangka waktu 10-20 Tahun Lagi. Wordpress.org telah kalah secara Teknologi & Kalah Harga melawan Wix.com

Jadi buat Teman-Teman yg Ngeblog. Mesti Lebih Memilih Platform CMS yg Tepat di Masa yg akan datang ya. Karena Harga, Kemudahan, dan Kualitas menentukan Kelangsungan Bisnis Blogging.  

Artikel Lainnya :

Youtube : Wix.com Membuat Website/Blog dengan Sangat Cepat

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU