Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perusahaan Teknologi Listrik dari Sampah. Terbesar dan Terbersih di Dunia ada di Israel (2017)

Apa yg ada di benak kita ketika mendengar TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah).

Bau, Kotor, menjijikkan, Jorok, dan ada banyak Belatung atau Lalat yg hinggap di mana-mana ya.

Karena disana ada banyak banget sampah yg telah di tumpuk dari berbagai Kota-Kota Sekitar.

Sampah memang menjadi berbagai Kendala dan Problem bagi dunia. Berbagai Usaha Telah di Lakukan untuk Meminimalkan Dampak Lingkungan akibat Pencemaran Sampah. Tetapi beberapa Negara masih kebingungan bagaimana cara mengatasinya.

MENYULAP SAMPAH MENJADI LISTRIK

Di Israel Sejak 2001. Sampah Telah di Olah Menjadi Listrik, Minyak, Gas, Pupuk, dan Bahan Bakar untuk Pemanasan Pabrik Semen.

Perusahaan Tersebut adalah Veridis Environment dan Hiriya Recycling Park. Dimana Sekitar 1.500 - 3.000 Ton Sampah di Kirim Setiap Hari oleh 800 Truck ke masing-masing Pabrik.

Kemudian Sampah Tersebut di Sulap menjadi Listrik dan di Salurkan ke Perusahaan Israel Electric Corporation.

Teknologi ini disebut RDF (Refuse Derived Fuel) Yang Telah di Patenkan.



Pada Tahun 2017, Hiriya Recycling Park Kembali Membuka Cabang Baru di Luar Tel Aviv untuk Mendaur ulang dan Menyulap Sampah Menjadi Listrik dan Pupuk. Pendirian Pabrik Senilai $ 110 juta dolar atau sekitar Rp 1,4 Triliun.

Sejak 2001 – 2017. Negara Israel merupakan Tempat Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik Terbesar di Dunia.  

CARA KERJA :

Saat Truck Memasuki Lokasi TPA atau ke Pabrik. Sampah diangkut oleh Mesin ke Lokasi Proses Sortasi dan Filter. Truck Kemudian di Cuci Hingga Bersih untuk Membawa Sampah Lebih Banyak Lagi.

Sampah masuk ke Tempat yg disebut Ramsa (Bathtub). Disortir dan di Filter oleh Mesin untuk memilah-milah jenis sampah.

Pemilahan menggunakan Air, Laser dan Magnet Berukuran Raksasa.


Air digunakan untuk memisahkan Sampah Ringan dan Berat. Biasanya Sampah Ringan adalah Kertas, Plastik, Daun, dll. Sedangkan Sampah Berat akan Jatuh ke Bawah Akibat Gravitasi. Seperti Batu, Pipa, Besi, Kaca, Pasir, dll.

Pemisahan dgn Air juga untuk mengetahui Tingkat Daya Menyerap Air. Seperti Kertas yg menyerap air dibandingkan dengan Nilon dan Plastik yg ngga menyerap Air.

Bahan Organik mengapung di Permukaan dan akan mengalami penghancuran Hidrolik sebelum di pindahkan ke Fermentasi. Disini Mesin akan membawa ke bagian dimana Gas Metana Tercipta. Sehingga menghasilkan Listrik dan Pupuk Organik.

Youtube : Proses Pengolahan Sampah di Israel

Sampah yg Terdiri dari Daun, Akar-akaran, Buah Busuk, Daging Busuk, dan Kayu akan di Potong dan disulap menjadi BioMassa, Gas dan Pupuk.

Sedangkan Sampah Seperti Besi, Paku, Seng dan Kaca akan di Lelehkan.  

Plastik yg sudah ngga dapat didaur ulang akan dilelehkan menjadi Gas dan Minyak Bumi.

Ban, Karet, dan Nilon akan di kirim ke Perusahaan Semen Nesher sebagai Bahan Bakar Pembakaran.

Sedangkan sampah yg terdiri dari Perangkat Elektronik dan Elektrik. Seperti Lemari Es, Mesin Cuci, Komputer, Smartphone, Pemanas Air, dll.

Di Kirim ke Perusahaan Lain untuk digunakan sebagai Daur Ulang. Apabila ngga dapat di Daur Ulang Maka di Sulap menjadi Metana (CH4) dan CO2 untuk menciptakan Listrik.

Sisa Hasil Bahan Padat Seperti Batu, Besi, Kaca, Tembaga, Aluminium, Kerikil dan Pasir di Kirim ke Perusahaan Kontruksi Bangunan.

Sisa Bahan Padat Organik yg Telah Menjadi Pupuk. Di Kirim ke Perusahaan Pertanian.

Selama Aktivitas Menyulap Sampah menjadi Listrik. Ngga ada Polusi dan Pencemaran ke Lingkungan. Udara Tetap Bersih.

TPA TERBERSIH DI DUNIA

Pusat TPA di Israel. Telah di Kunjungi oleh 500.000 orang untuk belajar bagaimana mengolah sampah yang baik dan benar. Tak Hanya Terbesar, Tapi juga Sebagai Salah Satu TPA Terbersih di Dunia.

Di Bawah ini ada Sebuah Video Youtube yg menunjjukkan Lokasi yg sebenarnya TPA seluas 2.000 Hektar, Namun Sama Sekali ngga menunjjukkan Kesan Tempat yg Kotor dan Bau. Sama Sekali ngga ada Gunung Sampah disini.

Tempat Sampah Kini Menjadi Taman Ekologi yg Indah, Hijau dan Bersih.

Youtube : Ariel Sharon Park

Artikel Lainnya :

Ini Bukanlah Akhir. Masih Jauh dari Selesai. Israel Berencana mendirikan Lebih Banyak Pusat Daur Ulang dan Melakukan Transfer Stasiun ke Berbagai Tempat dan Lokasi untuk menyelesaikan Problem Masalah Sampah.

Youtube : Israel Hiriya

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat. GBU