Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Mars Merkavim : Bus Kebal Peluru [Perusahaan tembus penjualan 10.000 unit] (2018)


Apa yang terbintas dibenak kita, ketika menyaksikan foto bus dibawah ini. Nampak seperti bus modern pada umumnya yang sering lalu lalang di jalanan.

Nama bus ini adalah ‘MARS MERKAVIM’. Di Produksi oleh perusaahaan Merkavim asal Israel.

Ketika orang-orang mengunjungi, menginjakkan kaki, dan duduk santai di bangku bus ini, orang banyak tak akan sadar dan tak akan merasakan kalau sebenarnya bus ini berbeda dibandingkan dengan bus-bus lainnya.

Bus MARS dirancang dan diproduksi dengan persyaratan ketat dari pemerintah Israel melalui IDF (Israel Defense Force).

Diciptakan untuk melawan ancaman terrorist yg dapat menyerang secara tiba-tiba kepada orang-orang sipil klayak ramai yg tak berdosa.


Bus Perlindungan Kebal Anti Peluru Terhadap AK47, M16, AR-15, dll
Di berbagai negara akhir-akhir ini telah terjadi peristiwa penembakan massal oleh teroris ISIS. Salah satunya menyasar ke target berupa 'bus'

Kebutuhan terhadap bus kebal peluru merupakan hal vital yg harus terpenuhi saat ini demi menjaga keselamatan rakyatnya. Namun tetap tak melupakan unsur seni estetika & kenyamanan bagi penumpangnya saat bersenang-senang menempuh perjalanan bersama keluarga tercintanya.

Bus Mars Merkavim menjadi jawaban pilihan yang tepat.



Bus Mars Merkavim dilengkapi dengan lapisan bahan Armored Steel Plating MIL STD 461000 HS Standar sehingga dipastikan senjata merk AK47, M16, AR-15, dll bakalan kerepotan untuk menjebolnya.

Tersedia juga kaca armored glass windows yang dapat menangkis peluru untuk beberapa waktu.

Ban tak dirancang kebal peluru, namun plat-nya didesain untuk mampu menghadapi situasi ketika ban benar-benar rusak, bus tetap mampu melaju kencang untuk tujuan melarikan diri dari kejaran terorist, hingga sampai pertolongan dari kepolisian dan tentara anti-terorist datang menjemput.

Apabila menghadapi serangan granat dan api kebakaran yg tak terelakkan.

Bus dilengkapi opsi terbukanya banyak pintu rahasia agar semua penumpang dapat melarikan diri tanpa harus tergesa-gesa atau bersempit-sempitan.




Berdasarkan Sasis Volvo, Honda, Mercedes, Man, Duff dan Scania
Persaingan diranah otomotif, khususnya menjadi produsen bus, bisnis ini terkenal sangat tinggi dan begitu kompetitif.

Namun tentu saja masih ada ceruk atau celah bisnis yg bisa didapat yg tak ditawarkan oleh produsen bus transportasi lainnya.

Perusahaan Merkavim menawarkan dari sisi perbedaan meliputi perlindungan anti peluru, sistem control listrik yg lebih baik, kebisingan lebih rendah, pandangan lebih luas, tubuh terbuat dari stainless steel yg tahan karat jangka panjang, kamera keamanan, perawatan bus mudah dan murah, dan efesiensi penjualan harga bus yg lebih murah karena untuk produksi bus merkavim hanya menggunakan karyawan yg lebih sedikit sekitar 700 orang saja. Selebihnya dikerjakan oleh robot otomatisasi.


Bus-bus produksi merkavim terdapat pula komponen dari pihak lain. Seperti dari perusahaan Honda asal Jepang, Volvo, Mercedes, dll yang berasal dari komponen asal bangsa Uni Eropa.

Bahan-bahan komponen ini dikirim dari negara tersebut, (Jepang dan Uni Eropa)

Kemudian sebagian dirakit oleh perusahaan Merkavim yg memiliki luas sekitar 100.000 meter persegi ini.

Sebagian lain menggunakan komponen pribadi ciptaan lokal milik Merkavim. 

Perusahaan Merkavim didirikan pada tahun 1946. 



Pada tahun 2018. Bus produksi Merkavim telah menjual lebih dari '10.000' unit bus.

Saat ini, 2-3 bus Merkavim setiap hari laris terjual ke penjuru dunia. 

Produk terbaru lainnya berupa City22, Articulated, Pioneer, Mars dan Apolo.


Selain berjualan bus ke pelanggan Internasional,

Perusahaan juga menyediakan jasa bengkel memperbaiki bus-bus rusak yg beroperasi di seluruh wilayah Israel. Bekerjasama dengan UKM lokal.

Alamat : http://www.merkavim.co.il/en/Default

Kantor pusat : Caesarea, Israel 


Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU