Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Dagan : Teknologi Otomatis Seni Pertanian Modern Internasional (2018)


Pertanian adalah salah satu usaha tertua yg dikenal oleh umat manusia untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Sains dan pengetahuan manusia terhadap pertanian, perternakan, perikanan selama berabad-abad terus berkembang dengan cepat.

Salah satunya adalah ‘Tumpang Sari’ yg dilakukan oleh petani tradisional. Yaitu suatu bentuk pertanaman campuran yang melibatkan satu, dua, tiga dan lebih tanaman pada area tanam dalam waktu yg bersamaan untuk mendapatkan hasil panen yg lebih berlimpah dan efesien.  

Atau ada pula petani yg memanfaatkan kombinasi. Seperti memelihara ikan, kemudian air limbah kotoran nitrat nitrit disalurkan ke pertanian hidroponik. Sayur-sayuran dan biji-bijian yg dihasilkan oleh sistem pengaliran hidroponik diberikan kepada kambing, sapi dan ayam. Kemudian kotoran hewan ternak diolah menjadi pupuk organik untuk ladang jagung, gandum, dan padang rumput.

Cara teknik di atas ini diketahui efesien, bagus dan menguntungkan bagi petani tradisional karena dapat menghemat pembelian pupuk & pakan.

Namun penerapan tersebut belumlah cukup, dibutuhkan teknologi inovatif untuk lebih memaksimalkannya.  

Dagan Automation 

Israel dikenal sebagai pemimpin dunia yang dihormati dalam bidang teknologi pertanian. Mengubah padang pasir menjadi hutan terbesar satu-satunya di dunia, menyulap pohon-pohon yg berbuah sedikit menjadi lebih banyak, Mampu bercocok tanam di iklim panas nan tandus, dan mengekspor buah-buahan, bunga, kurma, zaitun, anggur, dll ke berbagai penjuru dunia.

Orang-orang Israel memahami bahwa pertanian adalah kombinasi keterkaitan dari berbagai hal. Seperti ekonomi, produksi, peternakan, perikanan, pemasaran, agrikultur, dll.

Dagan adalah salah satu perusahaan di Israel yang mengkhususkan diri membantu dan melayani perusahaan-perusahaan pertanian di berbagai negara agar dapat menghasikan panen yang lebih banyak.

Sekaligus mengurangi bahaya peptisida, menjaga kesehatan manusia, merawat lingkungan alam, mengurangi pemborosan air irigasi tetes, menjalankan pertanian modern yg otomatis, dan menghemat penggunaan energi listrik yg berlebihan.

Youtube : Israel Dagan

Cara bermitra dengan DAGAN

Untuk memiliki teknologi DAGAN.

Perusahaan yg pengen bekerjasama mesti merogok kocek setara kurang lebih Rp 500 miliar - Rp 1 triliun, telah memiliki lahan seluas berhektar-hektar, dan bersedia menyediakan atau mengirimkan 20-35 insinyur atau teknisi lokal untuk dikirim ke Israel demi pelatihan dan alih transfer teknologi selama beberapa minggu untuk belajar tentang perakitan sistem, budidaya, berternak, pengaliran irigasi, pemupukan, teknik desain, dll sebagainya.

Setelah ke 20-35 orang tersebut selesai belajar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Mereka ditugaskan kembali ke negara asalnya untuk melatih teknisi, tenaga kerja atau karyawan lokal lainnya.

Kemudian semua paket barang, teknologi, komputer digital, pipa, mesin, dan alat-alat pertanian berteknologi tinggi dikirim dari Israel ke negara pelanggan yang nantinya dirakit instalansi secara lokal.

Apabila memiliki hambatan dalam instalansi. Tersedia fitur konsultasi bimbingan online selama 1 tahun terhubungan dengan pakar agronomi Israel dan pakar-pakar profesional lainnya untuk memecahkan masalah awal-awal perakitan dan budidaya.

klien perusahaan-perusahaan yg bekerjasama menyatakan 100% puas dengan teknologi yg ditawarkan oleh DAGAN dalam melakukan percepatan pertumbuhan, peningkatan hasil peternakan, efesiensi dan sekaligus menghasilkan keuntungan profit yg lebih besar bagi perusahaan karena berhasil mengurangi ketidakefesien yg menyebabkan harga murah lebih bersaing. 

Sebanyak 40 negara diketahui menjadi pelanggan setia DAGAN. Seperti America Serikat, Uni Eropa, China, Thailand, Nigeria, Kenya, Ghana, Australia, India, Kazakstan, Peru, Meksiko, dan masih banyak lainnya.

Negara-negara ini diketahui menjadi pengekspor makanan untuk dunia. Dimana sebenarnya teknologi pertanian, peternakan dan perikanan yg mereka gunakan berasal dari Israel.


Tentang DAGAN :

Dagan adalah anak perusahaan Katzman. Salah satu grup perusahaan berbasis di Israel yg terdaftar di Bursa saham, Tel Aviv.

Didirikan sejak tahun 1983.

Selain bergerak dibidang pertanian. Grup perusahaan beroperasi pula dibidang perdagangan, bahan bakar, energi, logam mulia, investasi, dan berlian. Pasokan dan produk-produk buatannya telah menyebar luas ke berbagai negara.








Dagan menyediakan teknologi otomatisasi pertanian, perikanan dan peternakan. 

Seperti rumah kaca, pembibit pohon, jaring-jaring, kolam ikan akuakultur berteknologi tinggi, peternakan babi, perternakan sapi, kandang ayam modern, ladang terbuka, sistem komputerisasi control iklim, pusat komando control pertanian, sistem nutrisi, pengepakan, sistem hidroponik, penetesan telur, pengolahan pupuk organik, mesin kipas, mesin pemberian pakan otomatis, mesin oksigen, dll-nya.

Nama : Dagan Agricultural Automation Ltd

Kantor Pusat : Israel

Youtube : Israel Dagan

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU