Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Aerodrome : Drone Otomatis Pertama Dunia Pertanian Pemantauan Presisi Tinggi (2018)


Pada awalnya, manusia purba berburu dan mengambil begitu saja buah-buahan, biji-bijian dan hasil pertanian dari hutan yg telah disediakan oleh Tuhan.

Akibat pertumbuhan populasi penduduk yg meningkat. Hutan dan alam tak mampu lagi menyokong kehidupan manusia yg jumlahnya semakin membesar.

Sehingga manusia mesti bercocok tanam, berkebun, berternak, bersawah dan bertani untuk memenuhi kehidupannya.

Selama berabad-abad. Pertanian di dunia masih dilakukan secara tradisional oleh petani.

ISRAEL AERODROME

Perusahaan teknologi Aerodrome berpusat kantor di Rosh Haayin, Israel. Ingin mengubah pertanian tradisional menjadi presisi tinggi.

Pada tahun 2018. Hanya ada 4% petani atau perusahaan pertanian yg telah melakukannya. Sedangkan petani yg lain masih kesulitan mengaplikasikannya karena untuk menerbangkan drone dibutuhkan keahliaan teknisi karena apabila salah mengendalikan bisa menyebabkan kerusakan (terjatuh).   

AERODROME mengubah pradigma tersebut menjadi 100% otomatis. Petani tak perlu lagi menjadi ahli navigasi drone, karena Aerodrome mampu melakukannya secara otomatis hanya dengan tekan 1 tombol di layar tablet. Sehingga petani diharapkan fokus saja ke pertanian miliknya.

Perusahaan Aerodrome didirikan oleh warga Israel bernama ‘Roy Degani’.


Roy mengatakan :

Pertanian adalah industri yang paling menjanjikan di dunia dan mempengaruhi setiap orang dibumi, namun belum berevolusi sejak abad pertengahan.

Drone adalah masa depan pertanian, memungkinkan petani untuk memantau tanaman mereka dengan presisi tinggi dan biaya yang relatif murah.

Pertanian drone dapat mengurangi peptisida, mengurangi tenaga kerja dan mengurangi banyak peralatan pertanian.

Itu artinya menghemat banyak uang untuk petani dan tentu saja hasil produk menguntungkan bagi konsumen/pembeli. Sahutnya.


AeroDrome menciptakan produk teknologi yg disebut drone N-35.

N-35. Di buat terbang tahan lama hingga 55 menit atau sekitar jangkauan 4 km dari control.

N-35 kuat karena terbuat dari IP54 Standar Aluminium & Karbon, resisten terhadap air, dan diciptakan menjadi drone tangguh untuk membantu pertanian & perkebunan anda.


N-35 diciptakan pada tahun 2014. Dengan ilmuwan, teknisi dan insinyur berpengalaman selama 50 tahun dalam teknologi drone.

N-35 dilengkapi dengan teknologi-teknologi sensor canggih yg dapat disesuaikan untuk analisis irigasi tetes, irigasi pemupukan, deteksi hama, deteksi tinggi pertumbuhan tanaman, menghitung jumlah tanaman dari angkasa, pemetaan klorofil, deteksi analisis nitrogen, volume, ketinggian daratan, dan kanopi. Contoh sensor meliputi :

1]. Lidar Survey

2]. Seqouia



Seqouia adalah sensor multispectral yg mampu menyinari cahaya terintegrasi. Didesain untuk penyensoran terhadap analisis kesehatan tanaman.

3]. Velodyne Pucklite

Teknologi Velodyne Pucklite telah dipatenkan. Kegunaannya sebagai penangkap data LiDAR 3D realtime sebagai pengukuran reflektifitas jarak dan kalibrasi antara pepohonan/tanaman.

4]. Black Magic



Black Magic adalah kamera digital terkecil di dunia tetapi memiliki sensor super 16 mm dan 13 stop dinamis, mampu beroperasi hingga 60 fbs.

5]. Nighthawk

Nighthawk adalah kamera stabil EO/IR dengan observasi termal.

6]. Multispectral dan RGB Crop


CLOUD DAN PERANGKAT LUNAK ANALISIS PINTAR 
Sensor-sensor diatas bekerja secara otomatis untuk menangkap data intelijen pertanian, sawah dan perkebunan anda.

Apabila drone telah melakukan tugasnya, maka N-35 kembali ke majikannya seperti lalat yg pulang ke rumah. Semuanya bekerja secara automatic, yang dilakukan oleh petani hanyalah menentukan rute atau lokasi yg ingin dipindai.

Data-data pertanian tersebut kemudian disimpan ke penyimpanan cloud. Terdapat sistem perangkat lunak canggih yg dapat mengendalikan, menganalisis data dengan akuisisi kecerdasan buatan (AI) yg kuat via online.

Data hasil analisis kemudian disuguhkan kepada petani dengan pemahaman yg mudah dimengerti.

Petani tak perlu skill atau gelar sarjana pendidikan pertanian yg tinggi untuk mengelola atau menganalisis sendiri. Pada tahun 2018. Aerodrome beroperasi di India, Argentina, Israel dan Brazil.

Youtube : Israel Aerodrome

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU