Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertama Kali. Markas Permanen Tentara AS dan Rudal THAAD Beroperasi di Israel (2019)


Hampir semua negara-negara sekutu Amerika Serikat.

Seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, Singapura, Qatar, Bahrain, Uni Eropa, Kuwait, Thailand, Honduras, Turki, Yordania, Irak, Kurdistan, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Djibouti, Norwegia, Kanada, Cameroon, dan Afghanistan.

Pastilah terdapat pangkalan markas militer AS. Dari ratusan sampai ribuan tentara US Army bercokol disana.

Tapi ini belum pernah terjadi di Israel.

Karena selama ini negeri Zionis Bintang Daud menolak keberadaan tentara-tentara Amerika Serikat untuk bermarkas di wilayahnya.  

Berbeda dengan beberapa sekutu Amerika Serikat yang lain yang tak memiliki perisai udara mandiri. Negara Israel diketahui telah memiliki sistem pertahanan rudal berlapis-lapis canggih buatan industri lokal sendiri.

SIstem pertahanan Israel mampu mematahkan dan mencegat segala objek yang ada di udara mulai dari pesawat tempur, pesawat drone, rudal balistik jarak jauh yang terbang di atmosfer luar angkasa hingga roket-roket proyektil kecil.  

Rudal perisai pertahanan Israel meliputi Iron Dome, Arrow exoatmospheric anti ballistic, David Sling, Barak8, Cdome, Python, dan Spyder.

AMERIKA SERIKAT RESMI TEMPATKAN PASUKAN DI ISRAEL (2019) 

Pada tahun 2019. Negara pimpinan presiden Donald Trump secara resmi menempatkan pasukan di wilayah Israel. Termasuk peralatan alustista canggih. Meliputi sistem batteries THAAD atau Terminal High Altitute Area Defense.

Sebelum menempatkan THAAD dan mendirikan markas tentara US ARMY di Israel. 

Lebih dari 10 tahun yang lalu.., 

Rudal pertahanan Patriot dan radar X-Band sebenarnya telah di tempatkan di Israel sejak lama untuk melindungi Israel, melindungi kapal-kapal dagang komersial AS dan lalu lintas pesawat AS. Namun sebagian besar peralatan AS tersebut dioperasikan oleh IDF (Israel Defense Force).  

Kali ini, Pasukan Amerika Serikat siap mengambil alih persenjataan dan peralatan miliknya. Dengan tambahan rudal dipandu anti balistik THAAD.

Pangkalan AS di tempatkan di Nevatim Airbase, Israel. Berserta sistem radar mobile AN/TPY-2 sebagai peringatan dini beresolusi tinggi yang dirancang untuk memindai, mencari, melacak dan menemukan ancaman rudal musuh.


Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan :

Penerapan sistem pertahanan THAAD sebagai bukti kuatnya hubungan militer kedua negara. Ini membuat Israel bahkan lebih kuat dalam menghadapi ancaman dari Timur Tengah. Sahutnya.

THAAD dirancang untuk menembak sejauh 200 km dan setinggi 150 km di luar angkasa.

500 tentara Amerika Serikat sudah bertugas dinas melindungi Israel saat ini. Seiring waktu dapat bertambah. 






Butuh 3-4 bulan bagi US ARMY melatih tentara IDF untuk agar terintegrasi dengan sistem THAAD yang ada di pangkalan AS di Uni Eropa dan THAAD yg ada di pangkalan AS di Timur Tengah lainnya dan mengintegrasikannya dengan sistem-sistem payung rudal pertahanan milik Israel yang diketahui tak kompatibel dengan perangkat AS. Sehingga dibutuhkan koneksi kesesuaian arsitekstur selama beberapa bulan dalam pelatihan tersebut agar menjadikan pertahanan Israel menjadi lebih berlapis-lapis terhubung dengan THAAD.











Sementara Amerika Serikat dan Israel telah sejak lama menandatangani perjanjian yang akan memastikan jika ada yang menyerang Israel maka AS datang dengan kekuatannya untuk membantu berperang. Seperti perjanjian perlindungan dengan sekutu-sekutu lainnya.

Kehadiran markas tentara US ARMY untuk melindungi Israel. Diperkirakan berlangsung dalam waktu yang lama atau bahkan abadi selamanya.

Bersekutu dengan Amerika Serikat diberikan perlindungan dan jaminan bantuan paket keuangan ekonomi. Memilih melawan Amerika Serikat berarti menjadi musuh.

Penempatan markas militer AS di Israel dan THAAD. Hanyalah salah satu contoh bukti proaktiv. Amerika Serikat memiliki sistem senjata canggih untuk mencegah musuh dan berkomitmen melindungi semua sekutu-sekutu AS dari berbagai ancaman.

Pemerintah Israel mengklaim hanya Amerika Serikat satu-satunya sekutu Israel, tak ada yang lain, negara lain hanyalah sebatas mitra perdagangan saja.


Youtube : THAAD di Israel

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU