Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

23 perusahaan industri BUMN dan saham terbesar milik pemerintah Israel (2021)

Salah satu pemasukan pemerintah Israel selain dari pajak berasal dari industri BUMN dan investasi saham di perusahaan swasta publik.
 
BUMN terbaik dan terbesar peringkat #1 di dunia ada di China milik partai komunis yang dimana orang orang dari pemerintah China berhasil mengumpulkan pundi pundi keuangan berupa foreign exchange reserves sebesar $ 3.356 miliar dolar atau sekitar Rp 47.319 triliun rupiah pada tahun 2020 yang lalu.  
 
Israel. Sebuah negara kecil di padang pasir Timur Tengah dengan luas kira kira 4x pulau Bali. Nampaknya memiliki prinsip hal yang sama persis seperti strategi China meningkatkan nilai ekonomi.
 
Kekuatan industri BUMN menjadi pendongkrak keuangan paling ampuh untuk memakmurkan dan mensejahterakan bangsa Yahudi tersebut.
 
Pemerintah Israel turut pula mencaplok dan menguasai beberapa saham publik yang kemudian dikelola oleh Bank of Israel, Mossad Libertad, Kenon, dan Israelcorp.
 
Beberapa BUMN dan perusahaan industri milik pemerintah Israel mengglobal ke penjuru dunia dalam menggeruk keuntungan sebanyak banyaknya di pasar internasional.
 
Pemerintah Israel aktif tak hanya bertindak sebagai regulator dan moderator saja. Melainkan bertingkah sebagai operator dan manufaktur yang memproduksi berbagai jenis aneka barang dan produk teknologi bernilai tinggi. 
 
Pada tahun 2021. Pemerintah Israel memiliki (isi dompet) cadangan devisa terbesar peringkat #15 dunia sebesar $ 179 miliar dolar atau sekitar Rp 2.523 triliun rupiah.
 
Cara pemerintah Israel menghasilkan uang melalui perusahaan ada 3 jenis kategori.
 
Yaitu :
 
1]. Melalui perusahaan BUMN (100% saham dikuasai oleh pemerintah Israel)
 
2]. Melalui perusahaan swasta (Namun mayoritas saham dikuasai oleh pemerintah Israel).
 
3]. Melalui perusahaan nonprofit (Contoh seperti pusat pendidikan universitas dalam negeri, rumah sakit dalam negeri dan lembaga pelestarian lingkungan hidup dalam negeri. Walaupun tak fokus mencari untung tetapi memiliki dampak cukup besar dalam peningkatan keuangan negara). 
 
Berikut 23 perusahaan industri BUMN dan saham terbesar milik pemerintah Israel (2021)
 
1]. Amidar
 
Kategori : BUMN

 
Amidar didirikan pada tahun 1949. Misi utama membangun rumah pemukiman, renovasi rumah, membangun apartemen dan gedung bertingkat dengan harga sewa.
 
100% tanah di Israel telah memiliki sertifikat, 95% tanah dikuasai oleh pemerintah Israel dengan harga sewa.
 
2]. Qoros
 
Kategori : Perusahaan swasta namun beberapa saham dimiliki oleh pemerintah Israel.

 
Qoros adalah perusahaan manufaktur otomotif mobil. Qoros menawarkan sebuah produk berupa mobil sedan dengan kualitas internasional. Tingkat penjualan sekitar 24.000 mobil terjual setiap tahun.
 
3]. Rafael Advanced Defense System
 
Kategori : BUMN

 
Rafael Advanced Defense System adalah perusahaan teknologi persenjataan terbesar ke #3 di Israel.
 
Rafael memproduksi rudal presisi dipandu, sistem perisai, electronic weapon, jamming, sistem perlindungan udara dan bawah laut, kit cerdas rudal, drone, elektro optik, mesin pesawat tanpa awak, dll
 
4]. Zim
 
Kategori : Perusahaan swasta namun beberapa saham dimiliki oleh pemerintah Israel.

 
Zim adalah perusahaan pengiriman barang menggunakan kargo kapal. Ini adalah operator global terbesar ke 13 dunia. Zim menjangkau banyak negara. Bermarkas besar di Israel.
 
5]. Tower Semiconductor
 
Kategori : Perusahaan swasta namun beberapa saham dimiliki oleh pemerintah Israel.

 
Tower semiconductor adalah sebuah perusahaan pencipta semikonduktor analog. Mengkhususkan diri dalam sirkuit integrasi ke seluruh dunia di bidang seperti otomotisasi, kesehatan medis, industri, kedirgantaraan dan pertahanan militer.
 
6]. Israel electric corporation
 
Kategori : BUMN

 
IEC adalah perusahaan satu satunya utilitas listrik terintegrasi, membangun, memelihara dan mengoperasikan jaringan transmisi dan distribusi listrik di Israel. Melalui sumber tenaga gas alam, tanaman biogas, minyak diesel dan sinar matahari.
 
IEC memiliki 12.000 karyawan dalam menghandle kapasitas pembangkit listrik sebesar 11.664 MW (megawatt). Hingga saat ini IEC menolak pembangkit listrik tenaga nuklir karena dianggap berbahaya.
 
7]. OPC Rotem
 
Kategori : Perusahaan swasta namun beberapa saham dimiliki oleh pemerintah Israel.

 
OPC rotem adalah teknologi mesin pembangkit listrik tenaga gas PLTG paling efesien di dunia karena menggunakan luas hektar bidang tanah yang kecil saja tanpa perlu menggunakan banyak tenaga kerja. Cukup 600 – 800 karyawan saja untuk setiap lokasi.
 
8]. ICL
 
Kategori : Perusahaan swasta namun beberapa saham dimiliki oleh pemerintah Israel.

 
ICL adalah perusahaan peracik bahan kimia, mengoperasikan bahan tambang mineral untuk pupuk tanaman.
 
7]. Israel port authority
 
Kategori : BUMN

 
Israel Port Authority adalah perusahaan yang membangun, mengelola, memberikan tender dan mengembangkan pelabuhan untuk sandaran kapal kapal logistik dan kapal laut.
 
8]. Bazan
 
Kategori : Perusahaan swasta namun beberapa saham dimiliki oleh pemerintah Israel.

 
Bazan adalah perusahaan penyulingan minyak dan petrokimia.
 
9]. Jewish national fund
 
Kategori : Non profit

 
Jewish National Fund adalah komunitas nonprofit yg didirikan oleh pemerintah Israel untuk menyulap padang pasir tandus menjadi alam lestari yg dipenuhi oleh jutaan pepohonan, bunga, hutan buatan, buah buahan, dan tanaman indah.
 
Hasil akhir yg dicapai adalah menciptakan lingkungan suhu udara yg dingin, mengundang curah hujan, meningkatkan air jernih secara alami dan menciptakan ekologi ikan, burung dan populasi hewan ternak yg berlimpah.
 
10]. Tase tel aviv stock exchange
 
Kategori : Bursa saham

 
Tase adalah satu satunya bursa efek Israel berada di bawah pengawasan langsung dari otoritas sekuritas Israel dalam peranan sebagai peningkatan modal pasar uang dan ekonomi Israel. 
 
11]. Libertad 
 
Kategori : Nonprofit, investasi modal ventura dan intelijen

 
Libertad bertanggung jawab di bidang spionase agen intelijen dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal keuangan, saham dan investasi (modal ventura) ke dalam suatu perusahaan swasta atau startup secara rahasia untuk jangka waktu tertentu. Dalam aksinya Libertad didukung oleh Israel Security and intelligence service (Mossad) yang memonitor tingkah laku perusahaan dalam negeri Israel dan luar negeri. Libertad tak mencari keuntungan dividen dalam hal saham melainkan mencari teknologi hightech. Berperan aktif dalam penguasaan timbal balik teknologi tinggi seperti fintech, robotics, data science, machine learning, kecerdasan buatan AI, NLP, blockchain, drone, energy, nanoteknologi, dan lain lain yang kelak kemudian akses teknologi tersebut digunakan untuk pasukan khusus Israel (IDF) dan agen Mossad untuk mematai matai, mengawasi, mengintai banyak orang dalam hal mempertahankan kedaulatan dan keamanan negara Israel.
 
12]. Israel Railways
 
Kategori : BUMN

 
Israel Railways adalah perusahaan milik pemerintah Israel yg bergerak dalam jaringan kereta penumpang, komuter, stasiun kereta, dan kereta kargo barang. 100% transportasi kereta di Israel dikuasai oleh pemerintah Zionist Israel.
 
Pemasukan utama Israel Railywas berasal dari penjualan tiket. 
 
13]. Israel Post
 
Kategori : BUMN

 
Israel Post adalah perusahaan yang menyediakan pengiriman barang. Terdapat 700 kantor dan 5.000 karyawan. Setiap hari 2.500.000 juta barang dan produk dari berbagai aneka macam dikirim.
 
14]. Universitas Tel Aviv, Technion, Haifa, Bar ilan, Weizmann, Ben gurion, Raanaan dan Open university.

 
Jajaran universitas di Israel dimiliki 100% oleh Pemerintah Zionis Israel. Melahirkan banyak sekali engineer, ilmuwan, teknisi berbakat, insinyur, professor doktor, mekanik, ahli electric, ahli geek teknologi dan peraih nobel bergengsi.
 
15]. Mekorot
 
Kategori : BUMN

 
Mekorot adalah perusahaan air yg dikelola oleh pemerintah Israel dengan menggunakan teknologi canggih. Mekorot menyedot dan menyulap desalinasi air laut asin atau dari danau galilea kemudian diubah konversi menjadi air minum tawar bersih nan jernih
 
Mekorot membangun pipa irigasi, menangkap air hujan, membangun embung air, mendaur ulang limbah air kotor, membangun danau buatan, waduk buatan, menciptakan sungai beton buatan dan mengalirkan air untuk rumah perkotaan penduduk, pertanian, perikanan dan keperluaan industri. Teknologi air buatan mekorot turut pula dijual ke seluruh penjuru dunia. 
 
16]. Israel airports authority
 
Kategori : BUMN

 
Israel Airports Authority adalah perusahaan yg berada di bawah kendali kementerian transportasi. Bertanggung jawab membangun terminal perbatasan mobil, motor dan lapangan bandara pesawat terbang.
 
Israel Airports Authority mendapatkan pemasukan uang dari aktivitas hilir mudik penumpang ketika melewati bandara pesawat. Terhitung sebanyak 22.949.676 kali perjalanan orang datang dan pergi ke bandara Israel di tahun 2018.
 
17]. Israel Aerospace Industry IAI
 
Kategori : BUMN

 
Israel Aerospace Industry adalah perusahaan senjata dan teknologi pertahanan militer yg memproduksi pesawat tanpa awak drone, radar deteksi, rudal balistik, bom, robot, sistem aerial, satelit, jericho, konversi pesawat, kapal boat, rudal, elektronik, cyber, rudal balistik lora, bom nuklir, dan teknologi untuk sipil.
 
18]. Israel broadcasting authority
 
Kategori : BUMN

 
Israel Broadcasting Authority adalah perusahaan media siaran yg bertanggung jawab menyiarkan informasi tentang pendidikan ilmu pengetahuan berbahasa ibrani dan berita pendukungan pemerintah Israel. Saluran channel terdiri dari televisi, radio dan situs website. Pendapatan utama berasal dari iklan sponsor komersial dan Google Adsense.
 
19]. National roads authority
 
Kategori : BUMN

 
National Roads Authority adalah perusahaan BUMN yang bertanggung jawab merencanakan, memelihara dan membangun infrastruktur jalan tol, jembatan, terowongan, persimpangan alun alun dan jalan kereta.
 
20]. Bank Hapoalim
 
Kategori : BUMN

 
Bank Hapoalim adalah pusat keuangan, kredit dan simpan pinjam uang (deposito). Hapoalim adalah bank terbesar #1 di Israel.
 
21]. Bezeq
 
Kategori : BUMN

 
Bezeq adalah perusahaan telekomunikasi penyedia akses internet untuk smartphone, laptop, notebook, tablet dan smart televisi. 

22]. Energy storageicl 

Kategori : Perusahaan swasta namun beberapa saham dimiliki oleh pemerintah Israel.


Energy storeicl adalah sebuah perusahaan kimia yang bergerak di bidang zat kimia dengan campuran racikan elektrolit khusus untuk penyimpanan baterei listrik menggantikan lithium yang telah usang dan kuno.  

Baca juga :
~ Cara menghadapi marah dan emosi (level 2) [Bagian II terakhir] (2021)
 
23]. Elbit system
 
Kategori : Perusahaan swasta namun beberapa saham dimiliki oleh pemerintah Israel.

 
Elbit system adalah perusahaan senjata dan teknologi militer yang memproduksi pesawat tempur tanpa awak drone, elektronik, data link, sistem komunikasi, radio militer, control commando, C4ISR, pengawasan intelijen, turret kendaraan lapis baja, kapal perang tanpa awak, electronic weapon, amunisi, peluru tank, komputer militer, artileri, sensor bawah laut, mortal, helm tempur, sistem penglihatan, avionic, cyber, simulator, tank merkava, dan bom. Elbit System memiliki karyawan sebanyak 22.500 orang. 50% saham Elbit System dikuasai dan dicaplok oleh pemerintah Zionis Israel. 
 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU