Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel bangun tembok garam sepanjang 40 km untuk keamanan negara Yahudi dengan membelah laut mati Yordania (2021)

 
Foto : Laut mati (dead sea) Israel

Sebagian besar wilayah perbatasan Israel telah dilindungi oleh tembok keamanan disebut ‘Apartheid’.
 
Tembok keamanan apartheid milik Israel pertama kali dibangun pada bulan September 2000.
 
Pemerintah Israel mengklaim tujuan pembangunan tembok untuk langkah pertahanan dalam menghentikan aksi terorist dan pelaku sabuk bom bunuh diri hingga ke titik 0%.
 
Selama bertahun tahun.
 
Pagar tembok Israel telah dianggap illegal oleh PBB (perserikatan bangsa bangsa). Orang Palestina menyebutnya sebagai tembok rezim apartheid.
 
Sekitar 85% pagar milik Israel membelah dan mencaplok sebagian besar tanah wilayah milik Palestina.
 
Walhasil, wilayah teritorial Palestina kini semakin mengecil nan sesak.

 


Pada tahun 2021. Wilayah Palestina hanya menyisakan 15% di Tepi Barat dan Gaza.
 
Sedangkan wilayah tanah kekuasaan Israel semakin membesar dan meluas.
 
Tembok keamanan tersebut tak hanya mencakup wilayah Palestina saja. Melainkan melebar jauh hingga ke wilayah selatan Lebanon dan Suriah di dataran tinggi.
 
Dimana angkatan bersenjata Israel mencaplok wilayah Golan milik suriah yang dikenal memiliki tanah subur. 

Dataran tinggi Golan, kaya terhadap hasil alam (SDA), curah hujan dan berlimpah es sehingga digunakan oleh Israel sebagai penyuplai air bagi kehidupan tanaman, hewan ternak dan manusia.

Walaupun Israel terus menerus mencaplok sedikit demi sedikit wilayah perbatasan tetangga dan tak pernah diakui secara internasional oleh PBB. Namun, Israel tak peduli. Israel mengabaikan keputusan itu. 

Bahkan serangan hujan rudal yang dilancarkan oleh pesawat tempur Israel ke Suriah hampir terjadi setiap tahun. 

Merupakan sebuah tanda kebijakan perluasan pencaplokan wilayah tetap terus dilanjutkan di masa depan sehingga tanah Israel dapat melebar tambah luas sampai mencaplok 100% seluruh kawasan Lebanon dan beberapa bagian dari Suriah. 

 
Pada bagian sisi teraman Suriah yang dicaplok oleh Israel pada tahun 1981. 

Digunakan sebagai taman wisata alam dan resor ski. Sedangkan pada sudut berhadapan dengan negara Suriah dan di titik tertinggi 2.224 meter merupakan wilayah pos militer dan pangkalan tank Merkava milik Israel. Itu tertutup untuk umum.
 
Pada tahun 2021. Pemerintah Israel telah selesai membangun tembok keamanan sepanjang 708 km mengelilingi seluruh kawasan negara Israel.

 
Diantara sepanjang 440 km adalah berupa sebuah tembok semen beton setinggi 8 meter. 

Dilengkapi dengan menara pengawas berteknologi sentry tech.



Foto : Tentara IDF Israel
 
Sisanya merupakan pagar kawat besi berduri berteknologi deteksi canggih buatan BUMN Rafael Advanced Defense System, Magal Security.

Mereka dan orang orang siapa saja yang dengan sengaja mengindahkan peringatan dan melewati garis merah dari pagar tembok perbatasan Israel dipastikan di tembak mati oleh IDF.

  


Israel bangun tembok garam sepanjang 40 km membelah laut mati Yordania (2021)
 
Laut mati adalah sebuah danau di Asia Timur Tengah. Dimiliki oleh 2 negara yaitu Israel dan Yordania.
 
Laut mati merupakan titik paling terendah di permukaan bumi.
 
Disebut laut mati karena tak ada ikan dan kehidupan. Diakibatkan kandungan air ini memiliki kadar asin yang tinggi. Orang dapat mengapung di danau tersebut tanpa harus berenang.

 
Laut mati memiliki lebar 18 km, kedalaman rata rata 118 meter, dan panjang 67 km.

Namun beberapa wilayah sekitar 40% volume air laut mati telah menjadi kering kerontang akibat perubahan iklim global warming sehingga nampak tonjolan daratan yang digunakan sebagai lokasi panen garam.
 
Tembok Israel kini tak hanya menititikberatkan pada kawasan daratan saja. Melainkan juga melebar hingga ke laut.
 
Pada tahun 2021. Pemerintah Israel kembali membangun tembok. Tetapi kali ini di tempat tak lazim yaitu membelah ‘laut mati’.
 
Menurut IDF. Pada tahun 2020. Masih ada upaya dari luar untuk menerobos masuk ke wilayah Israel dari perbatasan Yordania. Tercatat ada 64 upaya selama 1 tahun ke belakang. Namun semua berhasil digagalkan oleh tentara IDF.
 
Ada upaya penyeludupan obat obatan narkoba dan senjata senapan genggam ke Israel melalui Yordania. Termasuk mencegah imigran illegal dan kedatangan dari pihak orang orang terorist.
 
Laut mati selama 73 tahun Israel berdiri memang tak memiliki tembok pagar. Untuk menangani masalah dan kekhwatiran. Pemerintah Israel membangun tembok berupa dinding garam sebagai komponen pertahanan untuk memberikan respon yang optimal, memperlambat gerakan terrorist dalam upaya ingin memasuki zona Israel dan untuk memperkuat sistem pengawasan intelijen perbatasan.
 
Bekerjasama dengan perusahaan ICL yang dimiliki oleh pemerintah Israel. Tembok ini menyertakan pembangunan berupa gundukan bukit pasir dengan menggunakan material jutaan ton garam yang tak terpakai.
 
Garam nantinya mengeras di bawah sinar matahari dan menjadi setajam pisau.
 
Bagi Israel. Peranan laut mati selain menyangkut masalah keamanan dan untuk memisahkan tapal perbatasan antara Israel Yordania. Laut mati juga berfungsi sebagai peningkatan ekonomi.
 
Laut mati menyediakan garam berlimpah bagi Israel untuk keperluaan bumbu dapur penyedap makanan, obat obatan, pengawet, bahan industri, pupuk, zat kimia baterei listrik dan sebagai pembuatan bahan baku hulu ledak bom bagi 3 perusahaan militer terbesar di Israel yaitu IAI, Elbit System dan Rafael Advanced Defense System.

IDF adalah kekuatan pertahanan Israel dipersiapkan untuk segala kemungkinan melawan penyusupan di garis depan, menggagalkan penyerangan pelaku pelanggar perbatasan dan menghadang terorist.

Baca juga :

 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU